Otanjoubi Omedetou, Happy Birthday di Bahasa Jepang

Bosan dengan ucapan ulang tahun yang biasa? Tambah sentuhan budaya yang unik dengan mengucapkan “Selamat Ulang Tahun” dalam Bahasa Jepang! Kami akan membocorkan cara mengucapkan "Otanjoubi Omedetou" dan variasinya yang seru. Baca terus biar ucapanmu makin keren!
Ini Cara Bilang Happy Birthday dalam bahasa Jepang

Ulang tahun merupakan momen spesial yang dirayakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Setiap budaya memiliki cara unik untuk merayakan ulang tahunnya masing-masing, termasuk Jepang. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengucapkan Happy Birthday dalam Bahasa Jepang dan bagaimana tradisi ulang tahun di negara ini dirayakan.

Di Jepang, budaya merayakan ulang tahun memiliki sentuhan tradisional yang unik sekaligus mencerminkan pengaruh modern. Mari kita lihat bagaimana cara mengucapkan “Happy Birthday” dalam Bahasa Jepang dan bagaimana perayaan ulang tahun di negara ini berlangsung.

 

BACA JUGA:  Contoh Cerita dalam Bahasa Inggris yang Menggunakan Simple Past Tense

 

Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Jepang

Dalam Bahasa Jepang, ucapan “Happy Birthday” dapat dinyatakan sebagai “お誕生日おめでとう” (Otanjoubi Omedetou). Ini adalah ungkapan yang digunakan untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada seseorang. Ekspresi ini mencerminkan rasa penghormatan dan kebahagiaan atas momen istimewa dalam kehidupan seseorang.

Tradisi Merayakan Ulang Tahun di Jepang

Di Jepang, perayaan ulang tahun seringkali melibatkan keluarga dan teman-teman terdekat. Beberapa tradisi yang unik dan menarik termasuk:

  • Menyantap Kue “Chiffon”

Pada hari ulang tahun, kue “chiffon” sering kali menjadi hidangan utama. Kue ini terkenal dengan teksturnya yang ringan dan lembut, merefleksikan harapan akan tahun yang indah dan bebas beban.

  • Menyanyikan Lagu Ulang Tahun

Tentu saja, lagu ulang tahun juga menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan. Di Jepang, lagu ulang tahun “Happy Birthday” dinyanyikan dengan Bahasa Inggris, dan sering diikuti oleh aplaus dan tawa.

  • Tradisi Kue Berusia

Untuk anak-anak yang berusia satu tahun, tradisi “kue berusia” dilakukan. Anak tersebut ditempatkan di dekat kue ulang tahun dan diberi mainan atau peralatan tertentu. Apa pun yang dipilih anak dianggap sebagai pertanda masa depannya.

 

Cara Unik Merayakan Ulang Tahun di Jepang

Selain tradisi umum, ada juga cara-cara unik untuk merayakan ulang tahun di Jepang:

  • Berendam di Air Panas

Beberapa orang Jepang memilih untuk merayakan ulang tahun mereka dengan berendam di onsen, yaitu mata air panas alami. Ini dianggap sebagai cara yang baik untuk “memulai ulang” dalam tahun yang baru.

  • Mengunjungi Kuil atau Makam

Beberapa orang juga memilih untuk mengunjungi kuil atau makam pada hari ulang tahun. Ini adalah saat yang baik untuk merenung dan merayakan kehidupan sambil memberikan penghormatan kepada leluhur.

 

Kue Ulang Tahun Jepang yang Istimewa

Tidak ada satupun perayaan ulang tahun yang sangat lengkap tanpa adanya kue. Di Jepang, kue ulang tahun seringkali memiliki desain yang unik dan cantik. Salah satu jenis kue yang populer adalah “ストロベリーショートケーキ” (Strawberry Shortcake). 

Kue ini terdiri dari lapisan sponge lembut yang diisi dengan krim dan potongan stroberi segar. Rasanya yang lezat membuatnya menjadi favorit di banyak pesta ulang tahun.

 

Momen-Momen Berharga dalam Ulang Tahun Jepang

Ulang tahun adalah waktu untuk menciptakan kenangan berharga. Di Jepang, orang-orang sering merayakan ulang tahun dengan mengambil foto bersama teman dan keluarga. Momen ini kemudian diabadikan dalam album atau media sosial sebagai kenang-kenangan indah.

 

Perayaan Ulang Tahun di Tempat Kerja

Budaya perayaan ulang tahun juga ada di tempat kerja Jepang. Meskipun tidak selalu diwajibkan, banyak perusahaan menghargai karyawan dengan merayakan ulang tahun mereka di kantor. Ini menciptakan ikatan lebih kuat antara kolega dan menciptakan lingkungan kerja yang positif.

 

Ulang Tahun di Sekolah Jepang

Sekolah adalah lingkungan lain di mana ulang tahun dirayakan dengan cara istimewa. Di sekolah-sekolah Jepang, murid yang berulang tahun sering kali mendapatkan perhatian khusus dari guru dan teman-teman mereka. Mereka dapat membawa kue atau makanan ringan untuk dibagikan kepada teman-teman sekelas.

 

Kado, Seni Memberi Hadiah

Memberikan hadiah adalah bagian penting dari perayaan ulang tahun di Jepang. Orang Jepang cenderung memilih hadiah yang dipilih dengan hati-hati, menggambarkan perhatian mereka terhadap penerima hadiah. Hadiah-hadiah yang populer termasuk barang-barang berguna sehari-hari, produk-produk kecantikan, atau makanan lezat.

 

Ucapan Ulang Tahun yang Populer di Jepang

Selain ucapan “Otanjoubi Omedetou,” terdapat juga ucapan lain yang umum digunakan, seperti “長寿と幸福を祈ります” (Chouju to koufuku wo inorimasu), yang berarti “Semoga panjang umur dan kebahagiaan selalu menyertai.” Ucapan ini mencerminkan harapan baik untuk masa depan penerima ucapan.

Merayakan ulang tahun dalam budaya Jepang adalah pengalaman yang penuh makna. Dari ucapan selamat ulang tahun hingga tradisi perayaan, semuanya menggambarkan rasa hormat dan kebersamaan. Meskipun terpengaruh oleh tren modern, nilai-nilai tradisional tetap dijaga dengan erat.

 

BACA JUGA:  Inilah Arti Baka Dalam Bahasa Jepang, Yuk Cari Tahu!

 

Kursus Bahasa Jepang? Cetta Online Class Aja!

Gimana, tertarik untuk belajar Bahasa Jepang secara lebih mendalam? Jika iya, maka Cetta Online Class adalah pilihan tepat kursus yang bisa kamu ambil. Tahu alasannya kenapa?

Selain karena Cetta memiliki tutor yang sudah berpengalaman. Cetta Online Class juga memiliki kurikulum pembelajaran yang mumpuni dengan sistem belajar yang pastinya asyik banget. Jadi belajar kamu pun dijamin nggak bakal boring.

Kabar baiknya lagi, kami akan memberi kamu diskon tambahan 10% karena sudah membaca artikel ini sampai selesai. Caranya gampang, kamu hanya perlu memasukkan kode BACACETTASUPDATES ketika kamu akan check out kelas bahasa Jepang di Cetta Online Class. 

Gimana, sudah siap untuk belajar sekarang?

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu