Arti Nama Naomi dalam Bahasa Jepang Apa Sih? Yuk Cari Tahu!

Arti Nama Naomi dalam Bahasa Jepang Apa Sih Yuk Cari Tahu!

CETTA – Menjelang lahirnya sang buah hati. Sebagai orang tua, kita kerap mencari-cari referensi nama-nama cantik dari berbagai sumber yang berasal dari berbagai bahasa dan negara. Bagi umat muslim, pemberian nama merupakan bagian penting karena nama adalah doa. Oleh sebab itu, tidaklah heran jika untuk menentukan satu nama membutuhkan waktu berbulan lamanya. 

Karena nama merupakan doa orang tua untuk anaknya, tentulah nama yang bermakna baik yang akan disematkan. Salah satu contoh nama yang paling banyak dipakai ialah Naomi. Umumnya orang-orang menggunakan kata Naomi untuk disematkan kepada anak perempuan karena Naomi memiliki arti cantik, indah, menyenangkan, kejujuran. 

Namun, di Jepang, penggunaan nama Naomi bisa digunakan untuk pemberian nama anak perempuan maupun laki-laki. Kata Naomi dapat disematkan sebagai nama depan, nama tengah ataupun nama akhir anak. 

 

BACA JUGA:  Apa SIh Arti Nama Aira Dalam Bahasa Jepang? Yuk Cari Tahu!

 

Sejarah Kata Naomi Berdasarkan Kitab Ibrani 

Penggunaan nama Naomi identic dengan pemberian nama anak perempuan di Jepang. Sebenarnya asal kata Naomi dari mana sih? Apakah hanya berasal dari bahasa Jepang saja? 

Dikutip dari laman Very Well Family, kata Naomi juga umum digunakan oleh orang-orang Yahudi untuk disematkan kepada anak perempuannya. Dan ternyata kata Naomi yang kini banyak digunakan sebagai nama anak terdapat dapat Alkitab yang berarti perempuan yang baik hati yang begitu menyayangi anak- anak dan menantunya.

Dari sini terlihat jelas bahwa Naomi merupakan nama yang telah lama ada dan diambil berdasarkan fakta perilaku pemilik nama sebelumnya.  Kisah ini tertuang pertama kali dalam kitab Rut di perjanjian lama Alkitab Ibrani. Ibrani atau Hebrew adalah bahasa resmi Israel dimana mayoritas penduduknya adalah Yahudi. 

Arti nama Naomi (נָעֳמִי) dalam bahasa Ibrani adalah kesenangan. Dalam Perjanjian Lama, Naomi adalah nama ibu mertua Ruth. Setelah kematian suami dan anak lelakinya, ia kembali ke Bethlehem bersama Ruth.

Itulah mengapa banyak masyarakat Yahudi yang terinspirasi memberikan nama Naomi kepada anak – anak perempuan mereka. Seiring berjalannya waktu setelah terjadinya Reformasi Protestan pada abad ke – 16, panggilan atau Naomi kini juga banyak digunakan oleh orang – orang di negara lain seperti Inggris. 

Penggunaan Nama Naomi di Jepang

Naomi juga memiliki arti dalam bahasa Jepang. Akar katanya terdiri dari nao (直) yang bermakna lurus, sedangkan mi (美) berarti cantik. Jadi, sapaan ini dalam bahasa Jepang bisa diartikan kejujuran yang indah. Ejaan karakter Kanji Cina untuk nama biasanya 直美 atau 奈緒実.

直 nao artinya “lurus” dan 美 mi artinya “cantik”. Sehingga terdapat kesan samar bahwa nama ini ada hubungannya dengan kecantikan. Namun nama-nama Jepang biasanya diberikan secara fonetik, dan artinya muncul belakangan.

奈緒実 adalah contoh yang baik dari ejaan Kanji yang sebagian besar ditetapkan secara fonetis, atau disebut ate-ji.奈 na adalah karakter Kanji yang tidak biasa dan tidak benar-benar digunakan lagi, tetapi ada hubungannya dengan perayaan.

Sepertinya orang -orang Jepang yang memberi nama anak perempuan mereka dengan nama Naomi tidak sebatas ingin memberi arti cantik, jujur atau indah semata melainkan juga menyukai jumlah guratan kanji ini. 緒 o berarti seutas tali atau titik awal. 実 mi berarti benih atau buah. 美 mi, “keindahan” juga dapat digunakan sebagai pengganti 実 mi.

Dengan alasan itulah di Jepang penggunaan nama Naomi tidak hanya diperuntukkan untuk anak perempuan tetapi juga anak laki – laki dengan meletakkan kata Nao dan Mi di tengah secara terpisah dan harus menggabungkannya dengan Kanji lain agar menjadi nama yang valid. 

Contoh Penggunaan Kanji Mi 実 dalam Nama Jepang

Menggunakan 美/mi sebagai suku kata pertama:

  • Misaki美咲 (mekar indah)
  • Miyuki 美雪 / 美幸 (salju yang indah, keberuntungan yang indah)
  • Miu美羽 / 美雨 / 美海 (bulu yang indah, hujan yang indah, laut yang indah)

Menggunakan 美/mi sebagai suku kata terakhir:

  • Akemi明美 (keindahan yang mempesona)
  • Kasumi勝美 (keindahan kemenangan)
  • Kazumi和美 (keindahan kedamaian)

Demikian penjelasan singkat mengenai arti kata Naomi yang berasal dari Jepang serta bagaimana penggunaan kata Naomi digunakan oleh masyarakat Jepang.

Dari negara manapun nama anak kita, yang terpenting adalah makna arti tersebut. Jangan sampai karena menginginkan nama yang cantik sehingga melupakan artinya. Semoga bermanfaat.

 

BACA JUGA:  Apa Arti Mangkok dalam Bahasa Jepang yang Sakral Untuk Diucapkan?

 

Kursus Bahasa Jepang? Cetta Online Class Aja!

Gimana, tertarik untuk belajar Bahasa Jepang secara lebih mendalam? Jika iya, maka Cetta Online Class adalah pilihan tepat kursus yang bisa kamu ambil. Tahu alasannya kenapa?

Selain karena kami memiliki tutor yang sudah berpengalaman. Cetta Online Class juga memiliki kurikulum pembelajaran yang mumpuni dengan sistem belajar yang pastinya asyik banget. Jadi belajar kamu pun dijamin nggak bakal boring.

Kabar baiknya lagi, kami akan ngasih kamu diskon tambahan 10% karena sudah membaca artikel ini sampai selesai. Caranya gampang, kamu hanya perlu memasukkan kode BACACETTASUPDATES ketika kamu akan check out kelas bahasa Jepang di Cetta Online Class. 

Gimana, sudah siap untuk belajar sekarang?

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu