Belajar Huruf Abjad Jepang Hiragana dan Katakana A sampai Z

Belajar Abjad A-Z dalam Bahasa Jepang

Kamu ingin menguasai bahasa Jepang secara lancar? Jika iya, maka langkah awal yang harus kamu lakukan yaitu dengan belajar abjad A-Z dalam bahasa Jepang terlebih dahulu.

Memahami abjad A-Z dalam bahasa Jepang adalah langkah awal yang penting dalam perjalananmu mempelajari bahasa ini. Dalam artikel ini, Cetta Online Class akan membahas cara belajar abjad Jepang secara komprehensif. Jika kamu tertarik untuk belajar bahasa Jepang, yuk, kita mulai!

 

 

Mengenal Hiragana: Abjad A-Z Tradisional Jepang

Dalam bahasa Jepang, terdapat dua jenis abjad utama: hiragana dan katakana. Cetta akan memulai dengan hiragana, yang merupakan abjad Jepang tradisional yang digunakan untuk menulis kata-kata asli Jepang, partikel, dan sebagainya.

Langkah pertama dalam mempelajari hiragana adalah mengenal karakter dasarnya. Ada 46 karakter dalam abjad hiragana, mulai dari “あ” (a) hingga “ん” (n). Kamu bisa belajar dengan menghafal dan melatih menulis karakter-karakter tersebut.

Berikut adalah huruf abjad dalam bahasa jepang dari a sampai z:

Huruf Hiragana

Cara BacaHuruf HiraganaCara Baca

a

no

i

ha

uhi
e

fu

ohe

kaho
ki

ma

ku

mi

kemu
ko

me

samo
shi

ya

suyu
se

yo

sora

tari

chi

ru

tsu

re

te

ro

towa

nawi
ni

we

nu

wo

ne

n

Selanjutnya, praktikkan membaca dan menulis dengan menggunakan kata-kata sederhana yang menggunakan karakter hiragana. Teruslah berlatih membaca dan menulis hiragana secara berkala untuk menguatkan pemahamanmu.

 

Mengenal Katakana: Abjad A-Z untuk Kata Serapan

Selain hiragana, terdapat juga abjad katakana dalam bahasa Jepang. Katakana digunakan untuk menulis kata-kata serapan dari bahasa asing, nama-nama asing, dan istilah teknis.

Proses belajar katakana mirip dengan belajar hiragana. Kenali karakter-karakter katakana (yang juga berjumlah 46) dan latihlah membacanya. Gunakan kata-kata bahasa asing atau nama-nama yang kamu kenal untuk berlatih menulis dan membaca menggunakan karakter katakana.

Berikut adalah abjad jepang katakana:

KatakanaCara Baca
A
I
U
E
O
KA
KI
KU
KE
KO
SA
SHI
SU
SE
SO
TA
CHI
TSU
TE
TO
NA
NI
NU
NE
NO
HA
HI
FU
HE
HO
MA
MI
MU
ME
MO
YA
YU
YO
RA
RI
RU
RE
RO
WA
WO
N

Cara Penggunaan Katakana

  1. Kata-kata Serapan: Katakana sering digunakan untuk menulis kata-kata serapan dari bahasa asing. Contoh: レストラン (resutoran, artinya “restoran”) dan コンピュータ (konpyu-ta, artinya “komputer”).
  2. Nama-nama Orang dan Tempat: Nama-nama orang asing atau tempat sering ditulis dalam Katakana. Contoh: マイク (Maiku, artinya “Mike”) dan ニューヨーク (Nyuyooku, artinya “New York”).
  3. Aksara Tambahan: Beberapa kata dalam bahasa Jepang menggunakan Katakana untuk memberikan penekanan atau efek tertentu. Contoh: キラキラ (kirakira, artinya “berkilauan”) dan ゴロゴロ (gorogoro, artinya “bergelombang”).
  4. Akronim dan Singkatan: Katakana juga digunakan untuk menggambarkan singkatan atau akronim dalam bahasa Jepang. Contoh: エフエム (efuemu, artinya “FM” untuk frekuensi modulasi).

Sekarang Anda memiliki pemahaman dasar tentang huruf-huruf Katakana dan bagaimana mereka dibaca dalam bahasa Jepang. Selamat belajar dan berlatih menggunakan aksara ini!

 

Tips Tambahan dalam Mempelajari Abjad Jepang

  1. Selalu praktekkan membaca dan menulis abjad Jepang setiap hari untuk memperkuat pemahamanmu.
  2. Gunakan sumber belajar yang terstruktur, seperti buku atau kursus online, yang menyediakan latihan-latihan yang sistematis.
  3. Gunakan aplikasi dan sumber daya online yang menyediakan latihan interaktif untuk memperdalam pemahamanmu tentang abjad Jepang.
  4. Ajak teman atau bergabung dengan komunitas belajar bahasa Jepang untuk saling mendukung dan berlatih bersama.

 

 

Kesulitan Belajar Bahasa Jepang? Yuk Gabung di Cetta Online Class!

Kalau kamu saat ini kesulitan dalam belajar bahasa Jepang, mungkin saja kamu membutuhkan mentor untuk mendukung proses pembelajaran kamu.

Nah, Cetta Online Class dapat memfasilitasi kamu dengan belajar bersama tutor-tutor yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Tidak hanya itu, kelas yang kamu ikuti juga akan diadakan secara remote, loh. Jadi kamu tidak perlu khawatir karena memiliki kesibukan lain.

Untungnya, untuk kamu yang saat ini sedang membaca artikel Cetta Online Class, kamu bisa mendapatkan potongan 10% pada saat mendaftar program Japan dengan menggunakan kode promo BACACETTASUPDATES, loh.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk belajar bahasa Jepang di Cetta Online Class sekarang juga!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya