Apa Arti Mangkok dalam Bahasa Jepang yang Sakral Untuk Diucapkan?

Apa Arti Mangkok dalam Bahasa Jepang yang Sakral Untuk Diucapkan

CETTAMangkok memiliki arti wadah dan tentunya tidak memiliki makna negatif apapun. Namun, berbeda di negara Jepang di mana kamu tidak boleh mengucapkan kata mangkok sembarangan. Memangnya apa arti mangkok dalam bahasa Jepang yang sakral diucapkan?

Mangkok adalah salah satu benda yang seringkali ditemui di Indonesia. Mangkok juga sangat familiar bagi masyarakat Indonesia sebagai wadah dari makanan biasanya mangkok ini digunakan untuk makanan yang memiliki kuah. 

Bukan arti dari mangkok, tapi kata mangko sendiri memang menjadi satu kata yang tidak boleh diucapkan sembarangan, terutama di tempat umum. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini. 

 

BACA JUGA:  8 Jenis Partikel dalam Bahasa Jepang dan Fungsinya

 

Arti Mangkok (manko) dalam Bahasa Jepang

Kata “mangkok” yang Anda sebutkan, yakni “manko,” sebenarnya bukan kata yang umum digunakan dalam bahasa Jepang untuk merujuk pada mangkok atau wadah makanan. Kata “manko” dalam bahasa Jepang adalah kata yang sangat vulgar dan kasar yang merujuk pada organ genital wanita. Penggunaan kata ini dapat dianggap sangat tidak sopan dan tidak pantas dalam kebanyakan situasi. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari penggunaan kata ini dan lebih baik menggunakan kata yang benar dan sopan seperti “お椀” (owān) atau “ボウル” (bōru) untuk merujuk pada mangkok atau wadah makanan.

 

Kemiripan Mangkok dengan Mangko

Pada dasarnya bukan mangkok seperti kata di Indonesia yang seringkali kita dengar, namun mangkok tanpa ka yang mana memiliki kemiripan dengan perbedaan satu huruf saja. Hal inilah yang membuat kata mangkok dilarang diucapkan di negara bunga sakura. 

Apalagi seperti kita orang Indonesia yang seringkali mengucapkan kata mangkok dan menganggapnya sebagai hal yang biasa. Mengingat mangkok sendiri memang memiliki arti yang positif dan tidak mengandung makna negatif sama sekali.

Lalu mengapa kata mangkok bisa dilarang atau tidak boleh sembarangan diucapkan di Jepang?

Kata arti mangkok dalam bahasa Jepang memiliki makna kelamin perempuan. Dan dari makna tersebut terlihat bahwa kata ini tidak boleh diucapkan sembarangan, apabila jika kamu berada di tempat umum. Jadi, untuk kamu yang ingin berlibur ke Jepang pastikan untuk tidak mengucapkan kata mangkok secara ceroboh.

Tapi, apakah hanya kata mangkok saja yang mirip dengan bahasa Indonesia dan dilarang di negara Jepang? 

Ada satu lagi kata yang menjadi larangan dan tidak boleh diucapkan sembarangan yaitu cincin. 

Larangan Kata Lain di Negara Jepang

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia cincin merupakan sebuah perhiasan yang dipakai di jari. Cincin juga memiliki banyak variasinya dengan berbagai perhiasan yang cantik. Namun, di Jepang kamu tidak boleh mengucapkan kata cincin secara sembarangan, karena memiliki makna yang kasar yaitu kelamin pria. 

Pengucapan kata Chin chin ini berarti penis dan kamu harus tetap waspada untuk tidak mengucapkannya di Jepang. Dua kata tersebut menjadi kata sakral bagi orang Indonesia di Jepang. 

Perbedaan Bahasa dari Berbagai Negara

Perbedaan Bahasa memang kerap kali menjadi salah satu hal yang sulit bagi orang asing beradaptasi di dalamnya. Mengingat ada banyak kata yang memiliki pengucapan maupun penulisan yang sama, namun arti yang berbeda. 

Nah, bukan hanya orang Indonesia saja yang harus waspada, namun orang asing juga harus tetap waspada terhadap dua kata cincin dan mangkok. Bukan hanya Indonesia saja yang memakai kata cincin. Negara Italia juga memiliki kata chin chin dengan makna roti bakar, di Inggris sendiri juga ada kata cincin yang memiliki makna halo.

Dari sini terlihat bahwa kita harus selalu waspada terhadap kata ataupun kalimat jika sedang berkunjung di negara orang. Jika kata tersebut memiliki makna positif di negara kamu, belum tentu kata itu juga memiliki konotasi positif di negara orang lain. selalu belajar dan terus waspada untuk tidak sembarangan mengucapkan kata yang tidak kamu ketahui artinya.

Demikianlah informasi mengenai arti mangkok dalam bahasa Jepang yang wajib kamu ketahui agar tidak salah kaprah dalam mengucapkannya. Semoga pelajaran dasar ini dapat membantu kamu yang ingin belajar atau berlibur ke Jepang. 

 

BACA JUGA:  Penyebutan Angka dalam Bahasa Jepang: Sistem Arab dan Kanji

 

Ingin Belajar Bahasa Jepang? Di Cetta Online Class Aja!

Kamu ingin menguasai Bahasa Jepang tetapi belum menemukan tempat kursus yang asyik dan menyenangkan? Bisa jadi karena kamu belum kenal dengan Cetta Online Class. Disini, belajar bahasa Jepang akan didampingi oleh para tutor yang masih muda namun kaya akan pengalaman.

Selain itu, cara belajarnya pun akan lebih banyak praktek sehingga kamu akan lebih paham karena bukan hanya sekedar teori belaka.

Nah karena kamu sudah membaca artikel ini sampai selesai. Coba gunakan kode BACACETTASUPDATES ketika kamu akan check out kelas bahasa Jepang di Cetta Online Class. Akan ada diskon tambahan sebesar 10% jika kamu memasukan kode tersebut!

Gimana, sudah siap untuk belajar sekarang?

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu