Inilah Arti Baka Dalam Bahasa Jepang, Yuk Cari Tahu!

Inilah Arti Baka Dalam Bahasa Jepang, Yuk Cari Tahu!

CETTA – Bagi kamu pecinta anime atau manga, mungkin sudah tak asing lagi dengan kata ‘baka’. Tapi apakah kamu tahu arti baka dalam bahasa Jepang itu apa? Kalau kamu belum tahu, maka pastikan baca artikel ini hingga selesai.

Pada artikel ini akan dibahasa arti kata baka sekaligus asal usul kata ini di dalam bahasa Jepang. Selain itu, kamu pun akan diinformasikan tentang kapan saja biasanya kata ini digunakan. Supaya tidak semakin penasaran, yuk langsung saja simak informasinya dibawah ini.

 

BACA JUGA:  Baru Viral, Apa sih Arti Dame Bahasa Jepang?

 

Apa Arti Baka dalam Bahasa Jepang?

Dalam bahasa Indonesia, kata baka (ばか / バカ) memiliki arti bodoh, idiot, tolol, konyol, dan kata-kata kutukan yang lainnya. Intinya, arti baka ini merujuk pada kata-kata umpatan yang memang biasanya diucapkan ketika kesal ataupun marah.

Secara harfiah, kata baka ini memang memiliki arti atau makna yang kasar atau kurang baik. Untuk itu, sebaiknya kamu tidak sembarangan dalam menggunakan kata yang satu ini. Terlebih lagi kepada orang asing atau yang baru pertama kali dikenal. Khawatirnya mereka tersinggung jika mendengar kata ini dari kamu.

 

Asal Usul Kata Baka

Menurut informasi, kata baka ini pertama kali digunakan pada tahun 1336-1392 pada periode Nanboboko-cho. Pada saat itu komandan Ashikaga Toki Yorito menolak untuk memberi hormat kepada kaisar. Yorita sadar bahwa hal  tersebut termasuk kedalam salah satu tindakan yang bodoh (bakamono). Dan mulai saat itulah kata ‘baka’ ini sering digunakan.

Jika kamu jeli, Kanji dari kata baka (馬鹿) itu terdiri dari dua karakter hewan. Pertama 馬 (uma) yang artinya kuda, dan kedua 鹿 (shika) yang berarti rusa. Belum diketahui secara pasti apa alasan dibalik penggunaan 2 hewan dalam kata tersebut.

Namun ada juga sumber yang menyebutkan bahwa kedua hewan tersebut digunakan sebagai penghinaan di beberapa negara seperti Brazil dan yang lainnya.

Selain itu sumber lain juga menyebutkan bahwa istilah baka ini biasanya digunakan atau ditunjukkan bagi mereka yang keluarganya mengalami kerugian atau kebangkrutan. Maksudnya hal ini mengacu pada arti kata yang sebenarnya, bahwa keluarga tersebut adalah bodoh sehingga sampai bisa mengalami kebangkrutan.

 

Kapan Biasanya Kata Baka Digunakan?

Perlu kamu ketahui bahwa arti baka dalam bahasa Jepang ini di satu sisi memiliki makna yang ambigu. Bisa berkonotasi negatif sesuai makna yang sesungguhnya, ataupun bersifat candaan. Hal ini akan bergantung pada intonasi saat kata ini digunakan.

Meskipun demikian orang-orang lansia di jepang sudah sangat jarang untuk menggunakan kata baka ini. Kata yang satu ini biasanya lebih banyak digunakan oleh anak muda khususnya diantara mereka yang seumuran. Berikut ini beberapa situasi yang memungkinkan pengucapan kata baka dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Ketika Sedang Marah
  2. Saat Kamu Sedang Kesal
  3. Mengumpat
  4. Ketika kamu sedang bercanda

Meskipun demikian, sebaiknya penggunaan kata ini dihindari karena memang mempunyai arti yang kurang baik.

 

BACA JUGA:  Arti Kun dalam Bahasa Jepang? Simak Penjelasannya di Sini!

 

Belajar Bahasa Jepang? DI Cetta Online Class Aja!

Kamu lagi mendalami bahasa Jepang tapi susah karena belajarnya sendirian? Tenang aja, Cetta Online Class bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu makin meningkatkan kemampuanmu dalam bahasa Jepang. Selain karena tutor yang mengajarnya berpengalaman, kamu pun akan ketemu banyak teman yang sama-sama punya keinginan kuat untuk belajar.

Spesialnya lagi, kamu bisa dapat potongan tambahan sebesar 10% karena sudah membaca artikel ini hingga selesai. Caranya kamu hanya perlu memasukkan kode BACACETTASUPDATES pada saat kamu checkout salah satu kelas bahasa Jepang di Cetta Online Class. Gimana, mudah bukan?

Yuk, langsung belajar sekarang juga!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu