Pengalaman Sekolah di China yang Perlu Kamu Tahu

Pengalaman Sekolah di China

Cetta Online Class
Belajar Kategori tidak ditemukan Tanpa Ribet
Plus Dapet Diskon 10%

CETTA – Pada tanggal 16 Oktober 2022, Cetta Mandarin mengadakan LIVE Instagram session bersama Kak Oxye untuk bercerita tentang pengalamannya mendapatkan beasiswa sekolah di China.

Kak Oxye Dara atau lebih akrab dipanggil Oxy memulai pendidikan di Universitas Indonesia dengan jurusan Sastra Cina. Ia memiliki dua kali pengalaman bersekolah di China, yaitu pelatihan bahasa dan S2.

Saat ini kesibukannya adalah menjadi ibu dan mengajar private juga sembari ada kolaborasi membuat modul bahasa Mandarin.

Penasaran bagaimana pengalaman Kak Oxy? Atau mungkin kamu tertarik juga mengikuti jejak Kak Oxy?

Baca artikel ini sampai habis, ya!

Pengalaman Language Training di China

Berawal dari jurusan SMA yang diambil yaitu bahasa, lebih spesifiknya adalah bahasa Jepang dan Mandarin. Setelah itu, Kak Oxy memilih untuk fokus ke bahasa Mandarin dan mengambil jurusan Sastra Cina di Universitas Indonesia.

Pada saat menjadi mahasiswi S1, ia mendapatkan kesempatan beasiswa untuk belajar bahasa di Beijing Language Culture University selama satu tahun. Proses seleksi beasiswanya hanya berkas saja tanpa wawancara.

Ia bercerita kalau selama menjalankan sekolah bahasa di China, pengalamannya seperti bermain sambil belajar. Selain itu, ia juga banyak mencari teman dan mengeksplorasi China.

“Pas di sana, masuk ke advanced class. Awalnya dibagi ada test gitu. Saat di sana, benar-benar mengaplikasikan bahasa yang kita punya,” ungkap Kak Oxy.

Untuk kamu yang tertarik sekolah bahasa di China, meskipun kamu tidak ada basic Mandarin sama sekali tetap bisa mencoba lho.

Syaratnya hanya paspor, salinan ijazah atau transkrip nilai yang diterjemahkan secara tersumpah.

Selain itu, membuat study plan dan meminta surat rekomendasi kepada dosen atau guru.

Tidak perlu memiliki HSK (Tes Kemampuan Bahasa Mandarin) tetapi perlu medical check-up.

Kalau sudah ada Letter of Acceptance, itu bisa meningkatkan peluang untuk diterima.

Beasiswa sekolah di China juga menggiurkan lho, karena ada banyak benefits yang bisa kamu dapatkan. Biaya kuliah, tempat tinggal, asuransi kesehatan, dan buku, bisa kamu dapatkan secara gratis. Selain itu, kamu dapat biaya hidup juga sebanyak kurang lebih 6 juta rupiah.

Hal yang perlu ditanggung sendiri adalah biaya pesawat bolak-balik Indonesia – China.

Pengalaman Sekolah S2 di China

Setelah menjalani rasanya sekolah di China, Kak Oxy pun mendapat kesempatan lagi untuk lanjut S2 di Beijing Normal University jurusan linguistik.

Study plan untuk sekolah bahasa dan S2 itu berbeda, S2 tentang meneliti apa sesuai jurusan,” ujar Kak Oxy.

Persiapannya ternyata cukup menantang, persyaratan HSK untuk jenjang S2 itu minimal HSK 5 dan perlu mengambil HSK-K juga. Medical check-up dan letter of acceptance pun penting untuk mendaftar beasiswa.

Kak Oxy berkuliah S2 selama 3 tahun, campuran online dan offline karena pandemi. Ia di awal mengikuti kelas offline selama 1,5 tahun, setelah itu menulis proposal tesis dan menyelesaikannya full di Indonesia.

Sangat disayangkan, ia belum memiliki kesempatan lagi untuk bisa merasakan euforia kelulusan di Beijing langsung karena pandemi.

Ternyata, Kak Oxy ini sudah tahu kalau ia akan lanjut ke BNU sejak sekolah bahasa di China. Sekolah bahasanya lulus di bulan Juli dan ternyata bulan Mei sudah ada pengumuman.

Ia mengatakan kalau tidak menyangka jalannya bisa semulus ini tetapi tidak terlepas dari kerja keras yang telah dilakukan juga.

Fasilitas beasiswa S2 dan sekolah bahasa pun sama saja dan hal tersebut membuatnya dapat survive hingga kelulusan tiba.

Gimana? Apakah kamu jadi makin tertarik untuk sekolah di China? Yuk, persiapkan bahasa Mandarin-mu dulu agar bisa apply untuk beasiswa ke China.

Kelas Mandarin Terbaik di Cetta Online Class

Bersama tutor-tutor yang asik dan berpengalaman, Cetta Online Class menyediakan kelas bahasa Mandarin yang bisa kamu ikuti.

Pembelajaran dengan metode fun learning tentu akan membuatmu betah belajar.

Bahasa Mandarin pun akan terasa lebih mudah dan menyenangkan untukmu.

Khusus kamu yang sudah baca artikel ini, kamu bisa pakai kode promo BACACETTASUPDATES dan dapatkan diskon 10% untuk pembelian kelas di Cetta Online Class!

Yuk, langsung daftar sekarang!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu