Huruf Konsonan dalam Bahasa Mandarin

Apakah kamu tahu bahwa huruf konsonan juga ada dalam bahasa Mandarin? Yuk cari tahau huruf konsonan dalam bahasa Mandarin di Cetta.

CETTAHuruf konsonan dalam bahasa Mandarin sangatlah berbeda dengan apa yang kita tahu. Kenali lebih dalam huruf konsonan bersama salah satu tutor bahasa Mandarin di Cetta yuk!

 

BACA JUGA:  Ni Hao Ma Artinya "Apa Kabar", ini Penjelasannya!

 

Mengenal Huruf Konsonan dalam Bahasa Mandarin

Menurut Laoshi Angelica, huruf konsonan dalam bahasa Mandarin disebut shēngmǔ(声母)atau initial. Konsonan adalah suara bicara dasar di mana nafas sebagian terhalang atau terhambat dan dapat digunakan dengan menambahkan vokal untuk membentuk suku kata atau bisa disebut sebagai huruf mati.

Secara resmi, jumlah konsonan dalam bahasa Mandarin ada 21 dan kemudian huruf [y] dan [w] ditambahkan sehingga menjadi 23. Konsonan tersebut secara resmi adalah: b, p, m, f, d, t, n, l, g, k, h, j, q, x, z, c, s, zh, ch, sh, r, y, w.

 

Melafalkan Huruf Konsonan dalam Bahasa Mandarin

Cara menyebutkan huruf konsonan dalam bahasa Mandarin sebenarnya gampang-gampang susah. Maka dari itu, kita perlu mengetahui lebih lanjut mengenai teori-teori dasar pelafalan dan posisi lidah serta mulut ketika menyebutkannya. Tidak heran cara melafalkannya berbeda-beda.

Ada beberapa huruf konsonan yang dilafalkan dengan posisi lidah tertekuk menyentuh langit-langit atas, ada juga yang dilafalkan dengan posisi lidah lurus menyentuh gigi bagian depan. Selain itu, ada konsonan yang dilafalkan dengan menggunakan suara bibir maupun suara lidah.

Beberapa konsonan seperti huruf p, t, k, q, c, dan ch dilafalkan berbeda dengan konsonan lainnya karena mengeluarkan udara lebih atau udara khusus yang dikeluarkan saat membaca konsonan-konsonan tersebut. Khusus untuk pelafalan 2 huruf konsonan yang tidak termasuk ke dalam 21 konsonan resmi, yaitu huruf y dan w, [y] terdengar seperti “i”, dan [w] terdengar seperti “u”.

Pada konsonan [b] dibaca “p” sedangkan [p] dibaca “ph”, seperti mengucapkan tulisan “ba”  dengan cara membacanya yaitu “pa”. Sedangkan untuk mengucapkan tulisan “pa” menjadi  “pha”.

Pada konsonan [d] dibaca “t” sedangkan [t] dibaca “th”, seperti mengucapkan tulisan “de” dengan cara membacanya yaitu “te”. Sedangkan untuk mengucapkan tulisan “te” dengan cara membacanya yaitu “the”.

Contoh lainnya yaitu, huruf [zh] dilafalkan dengan posisi lidah ditekuk menyentuh langit-langit atas. Sementara itu, huruf [z] dilafalkan dengan posisi lidah lurus menyentuh gigi bagian depan, misalnya kita melafalkan “zha” dan “za” sehingga kedua huruf tersebut akan berbeda pelafalannya saat kita ucapkan.

Itulah huruf konsonan dalam bahasa Mandarin. Menurut kamu, apakah mudah untuk dipelajari?

 

BACA JUGA:  Tahapan Belajar Bahasa Mandarin dari Nol, Wajib Ikuti!

 

Kursus Bahasa Mandarin, Cetta Online Class

Mau belajar atau meningkatkan kemampuan Bahasa Mandarin tapi sulit mencari waktu dan aktivitas yang padat? Yuk gabung dengan Cetta!

Kursus Bahasa Mandarin di Cetta dapat dilakukan dimana saja karena online. Selain itu, Cetta memiliki tutor yang kompeten dan menyenangkan. Tidak lupa materi yang berkualitas dan seru.

Cetta memiliki banyak Mandarin Program yang bisa kamu ikuti. Khusus kamu yang sudah baca artikel ini, kamu bisa pakai kode promo BACACETTASUPDATES dan dapatkan diskon 10% untuk pembelian kelas di Cetta Online Class!

Yuk, langsung daftar sekarang!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu