7 Tips Asik Belajar Huruf Mandarin untuk Pemula ala Cetta

Laoshi Kevin membahas beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menyiapkan belajar huruf Mandarin.
belajar huruf Mandarin

CETTA Belajar huruf Mandarin adalah bagian dari belajar bahasa Mandarin, tidak seperti huruf alfabet A sampai Z, huruf Mandarin atau Hanzi itu banyak macamnya.

Kevin Caesar, ketua departemen Cetta Mandarin, membagikan pandangannya mengenai huruf Mandarin dan bagaimana cara mempelajarinya.

Asal usul huruf Mandarin

Awal mula terbentuknya huruf Mandarin adalah karena kebiasaan orang-orang Cina untuk menggambarkan apa yang mereka lihat. Sedangkan cara pembacaan hurufnya berdasarkan suara atau kebiasaannya saja.

Laoshi Kevin menjelaskan bahwa dulu bentuk huruf Mandarin (hanzi) itu berdasarkan apa yang orang lihat dari kemiripannya.

“Contohnya, kalau kita lihat Hanzi mata itu disebut 目 (mù) dan bentuknya seperti mata. Terus hanzi tangan juga bentuknya seperti tangan 手 (shou),” terang Laoshi Kevin.

Setelah berjalannya waktu, sampai saat ini, penulisan hanzi sudah disetarakan agar komunikasi dan pengembangannya lebih lancar. Di China ada banyak bahasa daerah seperti di Indonesia yang memiliki bahasa Jawa, Sunda, dan bahasa daerah lainnya.

Kalau kita ambil contoh dari barat juga, dulunya ada banyak aksen-aksen yang berbeda jauh dengan yang sekarang yang mudah untuk orang pelajari dan dianggap sebagai standar.

Sampai akhirnya sekarang kita tahu bahasa Inggris dibagi dua, yaitu British English dan American English.

Sulit Belajar Bahasa Mandarin? Berikut 5 Cara Belajar Bahasa Mandarin!

Alasan perlu belajar Hanzi

Bahasa Mandarin ke depannya akan menjadi bahasa nomor 1 atau nomor 2 di bawah Inggris.

Kevin Caesar menjelaskan bahwa komunikasi itu tidak hanya dari berbicara saja tetapi perlu dengan melihat.

Contohnya, seseorang menyebarkan sesuatu dengan tulisan Mandarin atau ketemu via online dan ada teks berkaitan dengan huruf Mandarin. Kalau tidak bisa memahami Hanzi, pasti memalukan dan menghambat komunikasi.

“Pandangan lawan bicara kita bisa jadi, ‘ah ini orang cuma bisa ngomong doang,’ dan bisa jadi agak dipandang rendah karena dianggap buta huruf kalau di China,” ujar Laoshi Kevin.

Terlebih untuk kamu yang tidak memiliki circle atau lingkungan yang berbahasa Mandarin, kalau tidak belajar huruf dan tidak menguasai Hanzi, pelajarannya akan lebih cepat lupa.

Jika kamu memiliki keluarga, circle, atau teman yang semuanya berinteraksi dengan bahasa Mandarin, mungkin tidak apa-apa kalau tidak belajar huruf Mandarin karena akan terus ingat.

Penting sekali untuk mempelajari Hanzi karena setidaknya jika kita tidak bisa berbicara, kita bisa melihat (membaca).

Hal-hal yang perlu disiapkan untuk belajar Hanzi

Laoshi Kevin membahas beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menyiapkan belajar huruf Mandarin. Pertama, kamu perlu menjadi orang yang rajin.

Kamu bisa mulai dengan memahami konsep atau filosofi bagaimana suatu hanzi terbentuk. Hanzi itu kadang suka terbagi oleh 2, 3, bahkan sampai 4 bagian dan ketika disatukan dari hanzi lain, dibacanya bisa lain lagi.

Kedua, pahami tips dan triknya seperti bagaimana kamu bisa menebak cara bacanya. Biasanya yang ditebak cara bacanya adalah Hanzi sisi kanan dan yang bisa ditebak dari artinya itu Hanzi sebelah kiri.

Ketiga, niat yang benar dan berkeinginan untuk latihan menulis. Setiap orang memiliki cara belajar atau sistemnya sendiri dalam mempelajari huruf Hanzi.

Ada yang memiliki talenta fotografik, jadi sekali lihat langsung mudah hafal Hanzinya. Ada juga yang lebih hafal kalau sambil menulis karena katanya saraf yang di tangan berhubungan langsung ke otak.

“Jadi, coba dilihat masing-masing orang sebenarnya,” ucap Laoshi Kevin.

Ia juga menambahkan, “Mulai aja, start small dulu aja kayak misalnya sehari nulis 5x. Nulis hanzi, pinyin, sheng diao, dan arti Indonesia-nya. Jadi komplit, supaya belajarnya sekaligus, ngga sayang waktunya.”

Mengenal Jurusan Bahasa Korea dan Peluang Kariernya

Cara belajar huruf Mandarin dengan asik

Laoshi Kevin menyebutkan beberapa cara agar kamu dapat belajar Hanzi dengan asik.

1. Kenali konsep dan filosofi hanzi

Contohnya, kenapa mereka tidak pakai alfabet seperti pada umumnya, hal itu disebabkan karena dari dulu lebih individualistik dan sibuk perang saudara sendiri sehingga tidak terpengaruh dengan bahasa romawi yang memakai alfabet.

2. Mengetahui tips bagaimana cara baca huruf Mandarin

Kamu perlu tahu cara membaca di sisi kanan maupun sisi kiri penulisan hanzi. Bisa dengan cara menebak cara baca untuk sisi kanan, atau menebak artinya untuk sisi kiri.

Hanzi juga ada yang merupakan gabungan dari beberapa hanzi yang lain sehingga penting sekali untuk mengetahuinya.

3. Tertarik dengan hanzi

Ada orang yang ternyata tertarik dan menyukai menggambar sehingga menganggap penulisan hanzi itu sebagai seni.

4. Hanzi menulisnya per goresan dan ada yang menganggap menulis hanzi menenangkan.

“Jadi aku punya murid pun dia ngomong gitu, merasa menenangkan,” jelas Laoshi Kevin.

5. Temukan pendekatan belajar yang disukai

Dengan mengetahui pendekatan belajar yang kamu suka, kamu bisa lebih mudah memahaminya ketika belajar huruf Mandarin. Mungkin kamu akan merasa pusing, tetapi selama kamu menyukai cara belajarmu, prosesnya akan lebih terasa menyenangkan.

6. Open-minded

Ketika belajar hal baru, Kevin Laoshi menegaskan kalau selalu ada cara pandang yang berbeda. Maka dari itu, penting sekali untuk bisa bersikap open-minded.

Tertarik untuk belajar Hanzi atau huruf Mandarin?

Cetta Online Class memiliki tutor-tutor hebat yang bisa mengajarimu menulis huruf Mandarin.

Belajar huruf Mandarin di Cetta Mandarin tentunya akan menjadi lebih menyenangkan karena kamu bisa bertemu teman seperjuangan.

Khusus kamu yang sudah baca artikel ini, kamu bisa pakai kode promo BACACETTASUPDATES dan dapatkan diskon 10% untuk pembelian kelas di Cetta Online Class!

Yuk, langsung daftar sekarang!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu