Apa itu Pinyin dan Manfaatnya untuk Belajar Bahasa Mandarin

Pinyin adalah suatu bentuk ejaan bunyi yang dibuat oleh orang China supaya sederhana dan gampang dipelajari. Berikut ini penjelasan lengkapnya!
apa itu pinyin

CETTA Laoshi Kevin tutor Cetta Mandarin menjelaskan apa itu Pinyin, dan manfaatnya untuk belajar bahasa Mandarin.

Kepoin sampe tuntas yak.

Apa itu Pinyin?

Laoshi Kevin menjelaskan bahwa Pinyin adalah suatu bentuk yang dibuat oleh orang China supaya sederhana dan gampang dipelajari.

Maka dari itu, beliau juga menjelaskan bahwa Pinyin merupakan jembatan kita untuk selanjutnya mempelajari hanzi (aksara Mandarin).

“Pinyin itu adalah suatu bentuk yang dibuat oleh orang China, supaya sederhana dan gampang dipelajari. Pengunaan utama Mandarin itu Hanzi, tapi semua orang tidak terbiasa dengan aksara tersebut, maka dari itu dibuatlah pinyin untuk mempermudah bahasa lain dalam mempelajari Mandarin.” ujar beliau.

 

BACA JUGA:  Hanzi: Mengungkap Kekayaan dan Kedalaman Tulisan Tionghoa

 

Pentingnya belajar Pinyin dan manfaatnya

Laoshi Kevin menjelaskan bahwa mempelajari Pinyin dapat membantu transisi kita dari alfabet menuju ke aksaran Mandarin.

“Kenapa belajar Pinyin dulu? ya karena kita yang udah terbiasa abcde-z (alfabet) bisa tau nih gimana pelafalan suatu hanzi, karena nanti juga berpengaruh untuk ngomongnya juga bisa bagus gitu.” terang beliau.

Setidaknya terdapat tiga manfaat dalam mempelajari pinyin, yaitu mempermudah belajar Mandarin, memoles pelafalan Mandarin, hingga mempermudah transisi alfabet ke hanzi.

“Pinyin sangat bermanfaat untuk pelajar, supaya mudah dan nggak bingung cara belajar, jadi setelah ada pinyin ya sangat mudah untuk dipelajari oleh banyak orang, tidak terbatas oleh orang China aja gitu ya, makanya orang barat dan kita-kita pun ada yang bahasa Mandarin-nya bagus banget, karena belajarnya dipermudah oleh pinyin.” terang Laoshi Kevin.

 

Belajar Pinyin dulu atau langsung Hanzi?

Laoshi Kevin menjelaskan bahwa baik Pinyin maupun hanzi itu baiknya dipelajari secara bersamaan.

“Memang pasti akan duluan pinyin, dalam artian kita perlu tahu dulu nih pinyin nya ada apa aja, tapi ketika belajar hanzi jangan jadi males.” ujar beliau.

Laoshi Kevin selanjutnya menjelaskan jika malas mempelajari hanzi, nantinya akan mempengaruhi ketika kita masuk ke level intermediete atau advance.

“Karena pengaruhnya nanti ketika sudah masuk ke level intermedete atau advance, ketika di level itu dan kita nggak bisa baca (hanzi), itu sangat sulit untuk meningkatkan level kita, jadi, ada baiknya belajar pinyin dan hanzi sekaligus,” ujar beliau.

Khusus kamu yang sudah baca artikel ini, kamu bisa pakai kode promo BACACETTASUPDATES dan dapatkan diskon 10% untuk pembelian kelas di Cetta Online Class!

Yuk, langsung daftar sekarang!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu