5 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Otodidak

5 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Cetta Online Class
Belajar Kategori tidak ditemukan Tanpa Ribet
Plus Dapet Diskon 10%

CETTA Belajar bahasa Inggris dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun bahkan secara otodidak.

Siapa sih yang tidak kenal dengan bahasa yang satu ini? Bahasa yang menghubungkan seluruh negara di berbagai belahan bumi. 

Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa asing yang wajib dikuasai agar mampu bersaing secara global. 

Penting sekali untuk meluangkan waktu latihan ketika belajar bahasa Inggris otodidak. 

Miss dr. Karina Terry, salah satu tutor Cetta English, akan menjelaskan pentingnya berbahasa Inggris dan tips belajar secara otodidak.

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

Sebagai bahasa universal, bahasa Inggris dapat memperlancar komunikasi antar negara dari berbagai ras, suku dan latar belakang yang berbeda. 

“Kemampuan bahasa Inggris sangat penting karena memudahkan komunikasi dengan orang asing,” ungkap Miss Karina.

Selain itu, dapat menjadi nilai tambah dalam meningkatkan peluang pendidikan dan karir karena saat ini banyak perguruan tinggi dan perusahaan yang memprioritaskan siswa/karyawan yang bisa berbahasa inggris. 

Belajar Bahasa Inggris secara Otodidak

Menurut Miss Karina, belajar bahasa Inggris secara otodidak sebenarnya tergantung dari hobi masing-masing orang agar menikmati proses pembelajarannya. 

Berikut cara mudah belajar bahasa Inggris secara otodidak:    

1. Menonton

Jika kamu suka menonton, maka cobalah untuk menonton film / series berbahasa Inggris. Mendengarkan percakapan berbahasa Inggris dinilai lebih efektif meningkatkan kemampuan berbahasa. 

Kamu bisa menggunakan subtitle Inggris untuk menguasai kosa katanya. Setelah itu cobalah untuk mematikan subtitle dan ikuti saat aktor sedang berbicara. Hal ini akan membantu kamu melatih speaking dan pronunciation. 

BACA JUGA:  Abjad dan Huruf-huruf dari A sampai Z dalam Bahasa Korea

2. Membaca

Bagi kamu yang senang membaca, mulailah mengganti bahasa buku, novel atau komik dengan bahasa Inggris. Kamu bisa menggunakan aplikasi penerjemah saat kesulitan mengartikannya. Lambat laun, kamu akan terbiasa dan bisa mengartikannya sendiri jika dilakukan secara rutin. 

Light novel atau buku cerita anak-anak yang menggunakan bahasa Inggris yang sederhana seperti Peter Pan dan Disney bisa juga kamu gunakan untuk referensi belajar bahasa Inggris.

3. Mendengarkan lagu

Bagi pencinta musik, jangan lewatkan cara ini. 

“Cobalah mendengar lagu berbahasa Inggris sembari memahami lirik lagu tersebut. Hal tersebut akan membantumu menambah kosa kata baru dengan cara yang lebih menyenangkan,” ujar Miss Karina.

4. Menulis

Bagi kamu yang suka menulis baik itu cerita ataupun informasi, cobalah untuk menulis berbahasa Inggris pada waktu senggang. Kamu bisa menggunakan kamus atau aplikasi grammar untuk meningkatkan kualitas tulisanmu.  

5. Berbicara

Jika suka berinteraksi dengan orang lain, kamu bisa mencari komunitas bahasa inggris baik secara online maupun offline. 

Miss Karina berpesan bahwa, “Kamu tidak hanya mendapatkan teman baru namun juga kebiasaan baru yang lebih baik. Secara langsung, lingkungan akan mempengaruhi kamu untuk terus berbicara bahasa Inggris karena semua lawan bicara berbahasa Inggris. Lakukan secara rutin agar semakin lancar.” 

Dengan belajar bahasa Inggris secara otodidak, kamu juga dapat meningkatkan kemampuan speaking, pronunciation, listening, spelling dan reading secara langsung melalui kegiatan sehari-harimu. 

Baca juga: Belajar Membaca Bahasa Inggris, Apa Pentingnya?

Pengalaman Tutor Cetta dalam Belajar Bahasa Inggris

Sejak kecil, Miss Karina sudah tertarik dengan hal yang berbau western baik lagu ataupun film. 

Rutin belajar grammar dari dasar sejak SD, masuk ke sekolah internasional saat SMP serta belajar mandiri melalui TV / novel, membuatnya terbiasa dengan bahasa Inggris. 

BACA JUGA:  Jenis dan Contoh Iklan dalam Bahasa Inggris

Sampai saat kuliah pun menjadi ketua program pertukaran pelajar fakultas kedokteran sehingga selama kuliah aktif mengurus pertukaran pelajar dan setiap tahun pasti kedatangan tamu foreign student selama beberapa bulan jadi terbiasa berinteraksi dengan pelajar asing. 

Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbahasa Inggris sangat baik jika dilatih sejak dini sehingga membentuk suatu kebiasaan. 

Belajar bahasa Inggris bisa dilakukan oleh siapapun dan tidak ada kata terlambat untuk itu. 

Kamu hanya perlu meluruskan niat, latihan secara rutin dan mulai dari hal-hal yang kamu senangi agar belajar terasa lebih indah.

Baca juga: Apa Itu Homophones dalam Bahasa Inggris?

Kursus Bahasa Inggris, Cetta Online Class

Jika kamu membutuhkan tutor untuk belajar, Cetta akan menemani proses belajarmu. Cetta menyediakan kursus bahasa Inggris yang akan membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu.

Khusus kamu yang sudah baca artikel ini, kamu bisa pakai kode promo BACACETTASUPDATES dan dapatkan diskon 10% untuk pembelian kelas di Cetta Online Class!

Yuk, langsung daftar sekarang!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu