Cara Memperkenalkan Diri pada Saat Interview dalam Bahasa Mandarin

Persiapan Interview dengan Menggunakan bahasa Mandarin

CETTA – Ketika memperkenalkan diri saat interview dalam bahasa Mandarin, tak jarang banyak sekali dari kita yang merasa gugup.

Hal itu biasanya terjadi karena mungkin kamu kurang pengalaman atau bahkan kurang memahami bahasa Mandarin.

Tapi, sekarang kamu tak perlu khawatir lagi, karena Cetta akan membagikan tips bagaimana cara untuk memperkenalkan diri pada saat interview dalam bahasa Mandarin.

Daripada bingung, yuk simak artikelnya sampai selesai.

 

BACA JUGA:  Ada Berapa Nada dalam Bahasa Mandarin? Ini Jawabannya!

 

Cara Mudah Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Mandarin saat Interview

Interview kerja dalam bahasa Mandarin disebut sebagai “面试” (miànshì).

Nah, buat kamu yang sedang mencari cara memperkenalkan diri dalam bahasa Mandarin, kamu bisa menggunakan tips dari Cetta dibawah ini.

 

Perkenalan Diri

Nggak lengkap rasanya kalo kita lagi interview, tapi nggak memperkenalkan diri terlebih dahulu.

Nah, perkenalan diri bisa menjadi topik pertama yang bisa kamu singgung saat sedang melakukan interview kerja.

Informasi apa saja yang bisa kamu berikan pada saat sedang melakukan perkenalan diri? Pertama, kamu bisa memperkenalkan nama dan latar belakangmu, seperti pendidikan dan asalmu.

Meskipun semua informasi yang kamu jelaskan sudah ada di berkas CV yang kamu berikan. Dengan memperkenalkan diri, hal ini bisa menjadi bagian pembuka yang akan membuat lawan bicaramu menjadi lebih tahu dan memahami siapa kamu.

 

Pada saat melakukan perkenalan diri dalam bahasa Mandarin, kamu bisa menggunakan format seperti dibawah ini:

  • Wǒ jiào [Nama kamu] (我叫[您的名字]) – Saya bernama [Nama kamu].
  • Wǒ láizì [Asal Negara/Sekolah/Tempat Tinggal] (我来自[您的国家/学校/居住地]) – Saya berasal dari [Asal Negara/Sekolah/Tempat Tinggal].

Tentunya, semakin jelas informasi yang kamu berikan, maka besar kemungkinan HR akan tertarik dengan aplikasimu.

 

Tapi, sebenernya memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Mandarin tidak semudah kelihatannya, loh. 

Termasuk dalam bahasa tonal, Mandarin juga memiliki nada-nada yang berbeda, jika satu kata diucapkan dengan nada yang berbeda, maka pengartiannya juga akan berbeda.

Untuk itu, bila interview kamu dilakukan dengan menggunakan bahasa Mandarin, atau kamu saat ini berencana untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan multinasional yang diharuskan bisa untuk menguasai bahasa Mandarin, maka kursus bahasa Mandarin menjadi solusi yang tepat buat kamu.

Dimana? Tentu saja di Cetta Mandarin! Di Cetta, kamu nggak hanya akan belajar bahasa Mandarin saja, Cetta juga memiliki komunitas yang bisa mendukung kamu dalam mengembangkan skill berbahasa Mandarin kamu.

Kabar baiknya, Cetta bisa berikan diskon potongan buat kamu yang lagi baca artikel ini, loh. Pengen tahu gimana cara dapetin kode diskonnya? Gampang, tinggal klik banner dibawah ini dan isi data diri kamu. Lalu, cek email kamu, ya.

 

 

Menjelaskan Pengalaman Kerja

Setelah mengenalkan diri saat interview dalam bahasa Mandarin. Nggak kalah penting, selanjutnya kamu harus menunjukkan keahlian dan pengalaman kerjamu, agar HR tahu apakah kamu kompeten atau tidak di bidang pekerjaan yang kamu lamar.

Pada saat memberikan informasi mengenai pengalaman kerja dan keahlian yang kamu miliki, coba gunakan format dibawah ini:

  • Wǒ yǒu [Pengalaman Kerja/Pendidikan] (我有[工作经验/教育背景]) – Saya memiliki [Pengalaman Kerja/Pendidikan].
  • Wǒ shànyú  [Bidang Pekerjaan] (我善于[工作领域]) – Saya memiliki keahlian di bidang [Bidang Pekerjaan].
  • Wǒ duì [Bidang Pekerjaan] yōu shēn de rènzhī (我对[工作领域]有深的认知) – Saya memiliki pemahaman mendalam tentang [Bidang Pekerjaan].

 

Beritahu kelebihan dan kekuranganmu

Kemudian kamu juga perlu untuk menyampaikan apa kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki.

Pada saat bagian menceritakan kelebihan, kamu harus dengan detail dan jelaskan secara rinci tentang kelebihan yang kamu miliki.

Nah, sebagai tips, pada saat menjelaskan kelebihan yang kamu miliki, agar HR semakin tertarik denganmu, usahakan untuk menjelaskan kelebihan yang relevan dengan pekerjaan yang kamu apply.

 

Contohnya, jika kamu melamar pekerjaan di bidang Business Consulting, maka kelebihan yang kamu jelaskan misalnya seperti kemampuan untuk analytical thinking, strategic planning, dan problem solving.

Lalu, bagaimana cara menjelaskan kekurangan diri saat interview? Berbeda dengan kelebihan, saat kamu menjelaskan kekurangan atau kelemahan yang kamu miliki, kamu bisa menjelaskan kekurangan yang tidak berkaitan dengan posisi atau bidang pekerjaan yang kamu lamar, ya.

 

Nah, kamu bisa menggunakan kalimat berikut untuk menjelaskan kekurangan dan kelebihanmu:

Kelebihan (优点)

  • Wǒ de yōudiǎn shì… (我的优点是…) – Kelebihan saya adalah…
  • Wǒ néng… (我能…) – Saya dapat…
    Contoh:

    • Wǒ de yōudiǎn shì gōngzuò rènzhēn, huì jìnzhíjìnzé (我的优点是工作认真,会尽职尽责) – Kelebihan saya adalah saya bekerja dengan sungguh-sungguh, memenuhi tanggung jawab & kewajiban.
    • Wǒ néng kuàisù de xuéxí xīn shìwù (我能快速地学习新事物) – Saya dapat belajar hal baru dengan cepat.

Kekurangan (缺点)

  • Wǒ de quēdiǎn shì… (我的缺点是…) – Kekurangan saya adalah…
  • Wǒ huì… dànshì yǒu shíhou… (我会… 但是有时候…) – Saya bisa… tetapi kadang-kadang…

 

Beritahu Hobi dan Minatmu

Sebagai penutup saat memperkenalkan diri pada saat interview kerja, kamu bisa menjelaskan hobimu saat ini, loh.

Nggak cuma itu, fun fact-nya, HRD juga akan tertarik denganmu kalau kamu memiliki minat atau target karir yang ingin kamu capai.

 

Bingung gimana cara untuk menjelaskan hobi dan minat yang kamu miliki? Tenang, kamu bisa menggunakan format dibawah ini, ya.

Hobi (爱好)

  • Wǒ de àihào shì… (我的爱好是…) – Hobi saya adalah…
  • Wǒ xǐhuān… (我喜欢…) – Saya suka…
    Contoh:

    • Wǒ de àihào shì huàhuà hé chī diǎnxīn (我的爱好是画画和吃点心) – Hobi saya adalah menggambar dan makan kue.
    • Wǒ xǐhuān yóuyǒng hé duànliàn (我喜欢游泳和锻炼) – Saya suka berenang dan berolahraga.

Minat (兴趣)

  • Wǒ duì… hěn gǎn xìngqù (我对… 很感兴趣) – Saya sangat tertarik dengan…
  • Wǒ xīwàng néng… (我希望能…) – Saya berharap dapat…
    Contoh:

    • Wǒ duì yīnyuè hěn gǎn xìngqù (我对音乐很感兴趣) – Saya sangat tertarik dengan musik.
    • Wǒ xīwàng néng cānyù huánbǎo huódòng (我希望能参与环保活动) – Saya berharap dapat berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan.

 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat interview kerja dalam bahasa Mandarin agar kamu lolos seleksi dan bisa bekerja di perusahaan impianmu.

 

BACA JUGA:  Contoh Percakapan dalam Bahasa Mandarin yang Mudah Dipelajari

 

Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Mandarin untuk Interview dalam Bahasa Mandarin

 

Agar kamu lebih mudah dalam memahami bagaimana cara memperkenalan diri pada saat interview dalam bahasa Mandarin, berikut ini merupakan contoh perkenalkan diri dalam yang bisa kamu gunakan.

 

Contoh Teks Perkenalan Diri dalam Bahasa Mandarin untuk Interview

你好,我先介绍一下自己,我的名字是[nama kamu]。我很兴奋今天能够有机会与您交流,聊聊关于你们数字营销部门在招聘的岗位。

[Tahun lulus]年,我毕业于[Nama Universitas][jurusan kamu]系,我学了数字营销和内容策略。我的学习经历使我深入了解数字营销的基本知识,包括市场分析、搜索引擎优化(SEO)、社交媒体营销和广告数据分析。

这几年,我已经在数字营销行业积累了不少经验。在前公司,我负责管理端到端(end-to-end)的数字营销运营,小到策略计划,大到计划实施以及效果分析。我在数字广告运营和优化方面有经验:Google Ads, Facebook Ads, LinkedIn Ads.

除了这些,我也在这些方面有经验:通过社交媒体营销策略提高品牌知名度、通过合适和有效的内容策略提高社交媒体参与度和吸引更多观众。

在我的职业生涯中,随着经验的积累,我锻炼出强悍的分析能力。我习惯使用不同的数据分析工具来衡量和评估社交媒体活动的效果,根据发现结果来推荐合适的策略。

我相信现如今数字营销的关键在于结合内容创意和敏锐的效果分析能力。

我确信以我的学历背景和工作经验,我可以为贵公司创造更大的效益。

 

Nǐ hǎo, wǒ xiān jièshào yīxià zìjǐ, wǒ de míngzì shì [nama kamu]. Wǒ hěn xīngfèn jīntiān nénggòu yǒu jīhuì yǔ nín jiāoliú, liáo liáo guānyú nǐmen shùzì yíngxiāo bùmén zài zhāopìn de gǎngwèi.

[Tahun lulus] nián, wǒ bìyè yú [Nama Universitas][jurusan kamu] xì, wǒ xuéle shùzì yíngxiāo hé nèiróng cèlüè. Wǒ de xuéxí jīnglì shǐ wǒ shēnrù liǎojiě shùzì yíngxiāo de jīběn zhīshì, bāokuò shìchǎng fēnxī, sōusuǒ yǐnqíng yōuhuà (SEO), shèjiāo méitǐ yíngxiāo hé guǎnggào shùjù fēnxī.

Zhè jǐ nián, wǒ yǐjīng zài shùzì yíngxiāo hángyè jīlěi le bù shǎo jīngyàn. Zài qián gōngsī, wǒ fùzé guǎnlǐ duāndàoduān (end-to-end) de shùzì yíngxiāo yùnyíng, xiǎo dào cèlüè jìhuà, dà dào jìhuà shíshī yǐjí xiàoguǒ fēnxī. Wǒ zài shùzì guǎnggào yùnyíng hé yōuhuà fāngmiàn yǒu jīngyàn: Google Ads, Facebook Ads, LinkedIn Ads.

Chúle zhèxiē, wǒ yě zài zhèxiē fāngmiàn yǒu jīngyàn: Tōngguò shèjiāo méitǐ yíngxiāo cèlüè tígāo pǐnpái zhīmíngdù, tōngguò héshì hé yǒuxiào de nèiróng cèlüè tígāo shèjiāo méitǐ cānyù dù hé xīyǐn gèng duō guānzhòng.

Zài wǒ de zhíyè shēngyá zhōng, suízhe jīngyàn de jīlěi, wǒ duànliàn chū qiánghàn de fēnxī nénglì. Wǒ xíguàn shǐyòng bùtóng de shùjù fēnxī gōngjù lái héngliáng hé pínggū shèjiāo méitǐ huódòng de xiàoguǒ, gēnjù fāxiàn jiéguǒ lái tuījiàn héshì de cèlüè.

Wǒ xiāngxìn xiàn rújīn shùzì yíngxiāo de guānjiàn zàiyú jiéhé nèiróng chuàngyì hé mǐnruì de xiàoguǒ fēnxī nénglì.

Wǒ quèxìn yǐ wǒ de xuélì bèijǐng hé gōngzuò jīngyàn, wǒ kěyǐ wéi guì gōngsī chuàngzào gèng dà de xiàoyì.

Bahasa Indonesia

Halo, perkenalkan, nama saya [nama kamu]. Saya sangat antusias untuk memiliki kesempatan untuk berbicara dengan Anda hari ini mengenai peran yang menarik dalam tim Digital Marketing Anda.

Latar belakang pendidikan saya meliputi gelar sarjana dalam jurusan [jurusan kamu] dari Universitas di [Nama Universitas], di mana saya mendalami khususnya dalam pemasaran digital dan strategi konten. Pendidikan saya telah memberi saya pemahaman yang cukup mendalam tentang konsep-konsep dasar dalam pemasaran digital, termasuk analisis pasar, optimasi mesin pencari (SEO), pemasaran media sosial, dan analisis data untuk mengukur kinerja kampanye.

Selama beberapa tahun terakhir, saya telah membangun pengalaman di industri Digital Marketing ini. Di perusahaan sebelumnya, saya bertanggung jawab atas pengelolaan kampanye pemasaran digital end-to-end, mulai dari perencanaan strategi hingga pelaksanaan dan analisis kinerja. Saya memiliki keahlian dalam membangun dan mengoptimalkan kampanye iklan online di berbagai platform, termasuk Google Ads, Facebook Ads, dan LinkedIn Ads.

Selain itu, saya memiliki pengalaman dalam membangun dan meningkatkan brand awareness di media sosial, serta meningkatkan keterlibatan dan pertumbuhan audience melalui konten yang relevan dan strategi yang efektif.

Selama karier saya, saya juga telah mengembangkan keterampilan analitis yang kuat. Saya terbiasa menggunakan berbagai tools analisis data untuk melacak dan mengevaluasi kinerja campaign sosial media, serta membuat rekomendasi strategis berdasarkan temuan tersebut.

Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dalam pengembangan konten dan ketajaman analitis dalam pengukuran hasil merupakan kunci keberhasilan dalam pemasaran digital saat ini.

Saya yakin bahwa dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang saya miliki, saya dapat memberikan nilai tambah yang signifikan dalam mencapai tujuan dan bisnis perusahaan Anda.

 

Nah, itulah pembahasan tentang cara perkenalan diri saat interview dalam bahasa Mandarin. Semoga bermanfaat!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu