Kata-kata Sindiran dalam Bahasa Korea dan Contoh Penggunaannya

Kata-kata Sindiran dalam Bahasa Korea dan Contoh Penggunaannya

CETTA – Hampir sama dengan bahasa Indonesia, di dalam bahasa korea pun ada yang namanya kata sindiran. Kata-kata sindiran dalam bahasa korea ini biasanya banyak digunakan ketika seseorang lagi marah sehingga bermaksud untuk mengungkapkan ketidaksukaannya dengan kata-kata ini.

Ingin tahu kata-kata sindiran apa saja yang biasanya banyak digunakan oleh orang korea di dalam sebuah percakapan? Yuk langsung simak aja yaa!

BACA JUGA:  Sering Digunakan, Apa Arti Kiyowo Dalam Bahasa Korea?

 

Macam-Macam Kata Sindiran dalam Bahasa Korea yang Sering Digunakan

Apakah kamu penggemar film korea? Pernah merhatiin nggak gimana kira-kira kalau mereka lagi marah atau kesal? Nah dibawah ini kami sajikan beberapa kata sindiran yang biasanya sering diucapkan oleh orang korea kalau mereka lagi marah, jengkel, ataupun merasa bahwa dirinya dalam kondisi yang kurang stabil.

“Kata-kata sindiran” dalam bahasa Korea disebut “풍어 (pung-eo)” atau “풍족한 말 (pung-jok-han mal)“. Berikut ini kami berikan 3 contoh kata-kata sindiran dalam bahasa Korea sekaligus dengan contoh penggunaannya:

  • “아무 것도 아니야 (a-mu-geot-do a-ni-ya) –  Itu Tidak Penting

Kata ini biasanya digunakan untuk merespon pertanyaan yang menunjukkann bahwa sesuatu hal yang sedang ditanyakan adalah sesuatu yang penting. Padahal seseorang yang lagi ditanya tersebut beranggapan bahwa hal itu bukanlah sesuatu yang begitu penting. Dalam artian sindiran, kata ini memiliki arti “Itu tidak apa-apa” atau “Itu tidak penting”.

Contoh Penggunaan:

어제 시험을 못 보셨나요?

eo-je si-heom-eul mot bo-syeot-na-yo?

Apakah Anda melewatkan tes kemarin?

 

아무 것도 아니야

a-mu-geot-do a-ni-ya

Itu tidak penting (dia merasa bahwa dia sudah jago)

  • “그냥 그래 (geu-nyang geu-rae) – Itu hanya begitu saja

Kata-kata sindiran dalam bahasa korea yang selanjutnya biasanya digunakan untuk merespon pertanyaan yang dianggap penting atau membutuhkan jawaban konkret. Hanya saja seseorang memandangnya sebagai hal yang tidak penting atau tidak membutuhkan jawaban konkret. Dalam artian sindiran, kata ini berarti “Itu hanya begitu saja” atau “Itu tidak penting”.

Contoh Penggunaan:

이 상품을 얼마나 사셨나요?

i sang-pum-eul eol-ma-na sa-syeot-na-yo?

Sudah berapa lama kamu membeli produk ini?

 

그냥 그래

geu-nyang geu-rae

Ah itu tidak penting (dia menyindir bahwa produknya jelek atau biasa saja)

  • 잘 몰라 (jal mol-la) – Saya Tidak Tahu

Kata sindiran ini digunakan untuk merespon pertanyaan yang membutuhkan pengetahuan atau informasi, tetapi seseorang tidak tahu jawabannya. Dalam artian sindiran, kata ini berarti “Saya tidak tahu” atau “Saya tidak peduli”.

Contoh:

이 사람의 이름을 아세요?

i sa-ram-eui i-reum-eul a-se-yo?

Apakah kamu tahu nama orang ini?

 

 잘 몰라

jal mol-la

Saya tidak tahu (padahal bisa jadi dia tahu nama orang yang dimaksud)

Perlu diingat oleh kita semua bahwa kata-kata sindiran dalam bahasa Korea dapat terdengar sangat kasar dan tidak sopan jika digunakan tanpa bijak. Oleh karena itu saat kamu akan menggunakan kata-kata tersebut pastikan digunakan di waktu dan tempat yang tepat.

 

BACA JUGA:  Musik Trot: Dangdut Versi Korea Selatan

 

Contoh Lain Kata-kata Sindiran ataupun Umpatan yang Sering Muncul Dalam Drakor

Selain kata-kata sindiran yang sudah disebutkan diatas, ada kata lainnya yang biasanya digunakan untuk mengumpat ataupun menyindir.

Berikut ini beberapa contoh umpatan dengan kata-kata kasar dalam bahasa korea:

  • 씨발 (Sshi-bal) – Brengsek

Umpatan ini termasuk salah satu kata umpatan yang sangat kasar, khususnya bagi penutur asli bahasa Korea. Biasanya sering digunakan saat orang korea sedang marah atau berada dalam kondisi yang membuat frustasi. Jika diucapkan kepada teman dekat mungkin bukan masalah, tapi akan berbeda dalam percakapan formal dan sopan.

  • 개새끼 (Gae-sae-kki) – ‘Anjing’ dan ‘Bajingan’ 

Kata umpatan ini sering digunakan saat seseorang menganggap orang lain benar-benar bersikap nggak sopan kepadanya. Situasi lain yang orang korea biasa menggunakan kata ini adalah ketika ia sedang kesal, marah, kecewa terhadap orang lain yang telah berkhianat.

  • 미친 놈(Mi-chin nom) – Gila

Kalau kamu sering nonton drama Korea, mungkin sering mendengar umpatan ‘Ya! Mi-chin Nom’. Nah umpatan itu memiliki arti ‘gila’ ataupun nggak waras.

 

Pahami Bahasa Korea Secara Menyeluruh di Cetta Online Class

Banyak sekali idiom ataupun kata-kata sindiran dalam bahasa korea lainnya yang mungkin belum tentu ada dalam bahasa Indonesia. Untuk itu, kalau kamu memang serius ingin memperdalam pemahaman tentang bahasa Korea, bergabunglah di Cetta Online Class.

Di Cetta kamu bisa belajar bahasa Korea secara daring dimanapun kamu berada. Jadi waktunya sangat fleksibel. Kerennya lagi, kamu pun akan dibimbing oleh tutor-tutor muda yang pengalamannya tak pelu diragukan lagi. Pokoknya cara mengajarnya juga pasti asyik deh!

Nah khusus bagi kamu yang membaca artikel ini hingga akhir, kami  akan memberikan potongan sebesar 10% biar kamu bisa upgrade kemampuan kamu dalam bahasa korea. Caranya mudah, kamu cukup masukkan kode promo BACACETTASUPDATE pada saat nanti kamu akan checkout kelas ini.

Yuk daftar sekarang juga!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu