Apa Arti Omo dalam Bahasa Korea? Yuk Cari Tahu!

Apa Arti Omo Dalam Bahasa Korea Yuk Cari Tahu!

CETTA – Omo!! Pernahkah kamu mendengar kata ini ketika menonton drama korea? Lalu apa arti omo dalam bahasa Korea yang sebenarnya? Nah biar kamu nggak penasaran dan bisa segera tahu apa makna dan arti dari kata tersebut, yuk langsung saja baca artikel ini sampai selesai.

 

 

Arti Omo (어머)

Dalam bahasa Korea, “omo” (romanisasi) merupakan ekspresi yang digunakan untuk mengekspresikan kejutan, keterkejutan, atau keheranan. Istilah ini sering digunakan dalam percakapan sehari-hari atau dalam pesan teks untuk mengekspresikan reaksi atas sesuatu yang mengejutkan atau menarik perhatian. Dalam bahasa Korea, kata tersebut ditulis sebagai “어머” dan dilafalkan sebagai “eo-meo.”

Kata omo biasanya akan diucapkan oleh seseorang ketika ia merasa kaget atau terkejut. Tak heran jika kata yang satu ini biasanya diikuti oleh tanda seru.

Berikut beberapa arti kata omo dalam bahasa korea:

  • Astaga!
  • Ya Ampun!
  • Iyakah?
  • Dan makna serupa lainnya

Intinya kata omo ini merujuk pada suatu keadaan dimana seseorang meras heran, terkejut, dan ketidakpercayaan pada seuatu yang sedang dilihat, didengar, ataupun dihadapinya.

Kata omo biasanya diikuti juga dengan kata ‘jinjja’ yang artinya ‘benarkah?’. Kata ini berguna untuk menekankan kata omo yang sudah dibahas sebelumnya. Gimana, sudah mulai paham kan dengan arti kata yang satu ini?

 

Arti Omo Omo (오모 오모)

“Omo omo” (오모 오모) adalah sebuah frasa dalam bahasa Korea yang sering digunakan untuk mengekspresikan kejutan, kagum, atau ketakjuban. Dalam konteks bahasa Indonesia, “omo omo” bisa diterjemahkan sebagai “Astaga”, “Wah”, atau “Oh tidak”. Frasa ini sering muncul dalam drama Korea atau acara televisi lainnya ketika karakter menghadapi situasi yang mengejutkan atau tak terduga. Meskipun “omo” sendiri sudah cukup untuk mengekspresikan kejutan, pengulangan kata (seperti “omo omo”) kadang digunakan untuk memberikan penekanan atau intensitas yang lebih besar pada ekspresi tersebut.

Arti Omo Omo Jinja (어머 어머 진짜)

Dalam bahasa Korea, “omo omo jinjja” dieja sebagai “어머 어머 진짜” (eo-meo eo-meo jinjja).

Ekspresi ini sering digunakan untuk mengekspresikan kejutan, keterkejutan, kekaguman, atau ketidakpercayaan terhadap sesuatu yang menarik perhatian atau tidak terduga. Serupa dengan “wow” atau “oh my god” dalam bahasa Inggris, “omo omo jinjja” sering digunakan dalam percakapan sehari-hari di Korea Selatan.

 

Kapan yang Tepat Menggunakan Kata Omo

Nah setelah kamu mengetahui arti dan maksud dari kata omo. Mungkun kamu pun bertanya-tanya terkait kapan sebaiknya kata yang satu ini digunakan. Berikut ini adalah beberapa situasi yang biasanya menggunakan kata omo.

1. Ketika Kaget Dengan Apa yang Terjadi

Misalnya kamu sedang kumpul dengan teman-temanmu. Tiba-tiba salah seorang teman bercerita bahwa ia kecopetan tadi pagi. Secara repleks kamu pun mengucapkan kata omo! karena memang kaget dengan apa yang terjadi. 

2. Saat Kamu Tercengang Dengan Berita yang Didengar

Ketika kamu tiba-tiba dapat kabar kalau sahabat dekatmu ketika SMA meninggal dunia. Saking kagetnya dengan hal itu, maka kata omo bisa digunakan untuk mengungkapkan hal ini. Biasnya omo ini digunakan pada situasi spontan yang memang membuat kamu kaget seperti berita tersbeut.

3. Ketika Tidak Percaya Dengan Situasi yang Dialami

Dikarenakan arti kata omo itu adalah ‘ya ampun’, maka bisa juga digunakan untuk mengungkapkan ketidakpercayaan. Misalnya saja dulu teman SPM kamu temannya sangat malas. Namun kini ia menjadi seorang yang sukses dan memiliki bisnis di beberapa kota. Untuk menunjukkan hal ini juga kamu bisa mengatakan kata kata omo.

 

Contoh Penggunaan Kata Omo dalam Kehidupan Sehari-hari

Supaya lebih terbayang, berikut kami berikan contoh kalimat di dalam bahasa korea yang biasanya menggunakan kata omo.

  • Omo!!! Benarkah kamu kecopten tadi pagi?
  • Omo! Tak menyangka teman dekatku bisa meninggal di usia yang masih muda!
  • Omo!!! Ternya dia bisa sukses juga yaa!

 

 

Cetta Online Class, Tempat Online Terbaik untuk Belajar Bahasa Korea

Supaya semakin banyak kosakata yang kamu hafal dan bisa lebih dalam lagi belajar tentang bahasa Korea. Rasanya ini adalah waktu yang tepat untuk kamu belajar bahasa Korea di Cetta Online Class. Mengapa harus belajar disini?

Selain karena mengajarnya sudah berpengalaman dan dijamin pembawaannya asyik dan menyenangkan. Belajar bahasa Korea di Cetta Online Class juga bisa dilakukan dimana saja sebab proses belajarnya dilakukan secara online.

Spesialnya lagi buat kamu yang membaca artikel ini sampai selesai, kami berikan potongan harga sebesar 10%. Caranya mudah banget, kamu hanya perlu memasukan kode BACACETTASUPDATES pada saat kamu akan mengikuti kelas bahasa Korea ini.

Yuk jangan nunggu nanti, langsung daftar sekarang aja!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya