Cara Mudah Bilang ‘Terima Kasih’ dalam Bahasa Jepang

Penasaran gimana cara bilang 'terima kasih' dalam bahasa Jepang selain 'arigato'? Cetta bakal bocorin rahasianya! Gak cuma itu, Cetta juga bakal kasih tahu kapan waktu yang pas buat pakai setiap ungkapan terima kasih, biar kamu makin jago bahasa Jepang. Jangan sampai ketinggalan, ya!
Cara Mudah Bilang 'Terima Kasih' dalam Bahasa Jepang

Cetta Online Class
Belajar Bahasa Jepang Tanpa Ribet
Plus Dapet Diskon 10%

CETTA Penasaran gimana cara bilang ‘terima kasih’ dalam bahasa Jepang selain ‘arigatou’? 

Cetta bakal bocorin rahasianya! Gak cuma itu, Cetta juga bakal kasih tahu kapan waktu yang pas buat pakai setiap ungkapan terima kasih, biar kamu makin jago bahasa Jepang. 

Jangan sampai ketinggalan, ya! Yuk simak artikelnya sampai selesai.

 

Terima Kasih dalam Bahasa Jepang

Kamu udah tau belum apa bahasa Jepangnya terima kasih? 

Yes, betul banget, bahasa Jepang “terima kasih” adalah “ありがとうございます” (arigatou gozaimasu). 

Selain itu ada juga versi yang lebih informal dan lebih pendek, kamu bisa menggunakan “ありがとう” (arigatou).

Ucapan ini bisa kamu ucapkan saat menerima bantuan atau pemberian dari orang lain.

Misalnya kamu lagi nggak ada uang buat makan, tapi ada teman kamu yang bantu dengan cara memberikan makanan.

Saat itulah kamu bisa ucapin terimakasih dalam bahasa Jepang.

Atau bisa juga kamu ngucapin terimakasih dalam bahasa Jepang dalam situasi tertentu.

Misalnya ada orang yang mengalah di sebuah antrian karena kamu terlihat terburu-buru.

 

Kosakata Lain untuk Mengucapkan Terima Kasih 

Kamu tau nggak kalau di Jepang tuh nggak cuman arigatou gozaimasu aja buat ngungkapin terima kasih?

Ternyata ada lima kosakata lain yang biasa diucapkan oleh orang Jepang buat bilang terima kasih kepada seseorang.

BACA JUGA:  Arti Angst dalam Bahasa Jerman yang Wajib Kamu Tahu

Ini dia kosakatanya:

 

どうもありがとう (Doumo arigatou)

Kalimat ini berarti “terima kasih banyak, ini adalah bentuk yang sedikit lebih sopan dari “arigatou”. 

Tambahan kata “Doumo” menambah penekanan yang membuat terdengar lebih tulus dan lembut.

 

感謝します (Kansha shimasu)

Selanjutnya, ucapan terima kasih Jepang yang lain adalah 感謝します (Kansha shimasu) atau “saya berterima kasih.”

Biasanya ini lebih formal dan sering digunakan dalam situasi yang lebih resmi. “Kansha” berarti “rasa syukur” atau “terima kasih”.

 

すみません (Sumimasen)

Kosakata lainnya untuk mengucapkan terimakasih dalam bahasa Jepang yaitu すみません (Sumimasen), artinya “Maaf” atau “Terima kasih.”

Kata ini bisa digunakan untuk meminta maaf, tapi juga sering digunakan untuk mengucapkan terima kasih, terutama saat seseorang melakukan sesuatu yang merepotkan atau membantu kamu.

 

ありがとうね (Arigatou ne)

Ada juga ありがとうね (Arigatou ne) yang artinya adalah “Terima kasih, ya.”

Tambahan kata “ne” membuat ucapan ini terdengar lebih ramah dan akrab, biasanya digunakan antara teman dekat.

 

どうも (Doumo)

Kata terakhir yang menyatakan terima kasih dalam bahasa Jepang yaitu どうも (Doumo), artinya adalah “Terima kasih.”

Ini adalah cara yang sangat informal untuk mengucapkan terima kasih, kamu bisa gunakan kata ini dalam situasi sehari-hari dan santai.

 

Contoh Kalimat Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Jepang dan Artinya

Kalau kamu udah tau beberapa kosakata ucapan terima kasih dalam bahasa Jepang selain arigatou, berikut ini adalah beberapa contoh kalimatnya:

 

“ありがとうございます” (Arigatou gozaimasu)

お手伝いいただき、ありがとうございます。あなたのおかげで、プロジェクトが無事に終わりました。

Terima kasih atas bantuan Anda. Berkat Anda, proyek ini berhasil diselesaikan dengan baik.

 

素晴らしいプレゼントをいただき、ありがとうございます。本当に嬉しいです。

Terima kasih atas hadiah yang luar biasa. Saya benar-benar senang.

 

今日は時間を割いていただき、ありがとうございます。あなたの意見はとても参考になりました。

Terima kasih telah meluangkan waktu hari ini. Pendapat Anda sangat bermanfaat.

BACA JUGA:  3 Tips Belajar Kosakata Bahasa Jepang

 

どうもありがとう (Doumo arigatou)

どうもありがとう、あなたの助けにとても感謝しています。

Terima kasih banyak, saya sangat menghargai bantuanmu.

 

どうもありがとう、あなたのサポートに感謝しています。

Terima kasih banyak, saya menghargai dukunganmu.

 

どうもありがとうございます。あなたのおかげで、無事にこのプロジェクトを終えることができました。あなたの努力と時間に本当に感謝しています。

Terima kasih banyak. Berkat kamu, kami dapat menyelesaikan proyek ini dengan baik. Saya benar-benar menghargai usaha dan waktu yang kamu luangkan.

 

感謝します (Kansha shimasu)

あなたのご支援に感謝します。本当に助かりました。

Saya berterima kasih atas dukunganmu. Itu benar-benar membantu.

 

ご協力に感謝します。あなたのおかげでプロジェクトが成功しました。

Saya berterima kasih atas kerjasamanya. Berkat kamu, proyek ini berhasil.

 

あなたの親切なサポートに感謝します。忙しい中、時間を割いて私たちを助けてくれたことに心から感謝しています。このプロジェクトはあなたの協力なしには成功しなかったでしょう。

Saya berterima kasih atas dukungan kamu yang penuh kebaikan. Saya sangat menghargai bahwa kamu meluangkan waktu untuk membantu kami di tengah kesibukan. Proyek ini tidak akan berhasil tanpa kerjasama denganmu.

 

すみません (Sumimasen):

すみません、手伝ってくれてありがとうございます。

Maaf, terima kasih sudah membantu.  

 

すみません、先日はお手伝いありがとうございました。

Maaf, terima kasih atas bantuanmu kemarin.

 

すみません、このたびはお手数をおかけしてしまい申し訳ありませんでした。それでも、あなたが手伝ってくれたおかげで、予定通りにすべてが進みました。心から感謝いたします。

Maaf, saya minta maaf telah merepotkan kamu kali ini. Namun, berkat bantuanmu, semuanya berjalan sesuai jadwal. Saya sungguh berterima kasih.

 

ありがとうね (Arigatou ne):

ありがとうね、君のおかげでうまくいったよ。

Terima kasih ya, berkat kamu semuanya berjalan lancar.

 

ありがとうね、いつも私を支えてくれて。

Terima kasih ya, selalu mendukung saya.

 

ありがとうね、君がいつも私のことを気にかけてくれているのが本当に嬉しいよ。君の支えがなかったら、ここまで来られなかったと思う。本当に感謝しているよ。

Terima kasih ya, saya benar-benar senang kamu selalu memperhatikan saya. Tanpa dukunganmu, saya tidak akan bisa sampai sejauh ini. Saya sungguh berterima kasih.

 

どうも (Doumo)

どうも、お手伝いいただき感謝しています。

Terima kasih, saya menghargai bantuanmu.

 

どうも、この度は本当に助かりました。

Terima kasih, kali ini benar-benar sangat membantu.

 

どうも、先日いただいたアドバイスのおかげで、無事にプレゼンテーションを成功させることができました。あなたの助言はとても有益で、自信を持って臨むことができました。感謝しています。

Terima kasih, berkat saran yang kamu berikan kemarin, saya dapat berhasil melakukan presentasi dengan baik. Nasihat kamu sangat bermanfaat dan membuat saya lebih percaya diri. Saya menghargainya.

 

Setelah melihat beberapa contoh di atas, gimana, udah yakin bakal bisa ngomong bahasa Jepang dengan lancar belum?

BACA JUGA:  Yuk Belajar Kosakata Bahasa Jepang Sehari-Hari

Kalau belum, tandanya kamu harus belajar lebih jauh lagi. Kursus adalah salah satu jalan buat kamu biar jago bahasa Jepang.

 

Biar Jago Ngomong Bahasa Jepang, Yuk Belajar di Cetta

Nah, buat kamu yang mau jago bahasa Jepang, Cetta Japanese bakal jadi solusi buat kamu.

Emang gimana sih belajar di Cetta Japanese?

 

Di Cetta, kamu bakal belajar bareng tutor yang profesional dan berpengalaman, bahkan pernah tinggal di Negeri Sakura juga, loh.

Nggak cuma itu, kamu juga bakal ngerasain enaknya belajar di Cetta, karena Cetta nerapin sistem belajar yang interaktif dan menyenangkan, jadi kamu bakal cepet paham materi yang disampaikan.

Kamu juga bisa pilih kelas sesuai keinginanmu, ada kelas Regular, Private 1-on-1, dan Private Group.

Plus enaknya lagi kamu bisa belajar kapan aja, bisa kelas malam juga yang pastinya nggak bakal ganggu aktivitas siang harimu.

Tunggu apa lagi? Yuk gabung dan belajar bareng Cetta sekarang biar kamu makin jago berbahasa Jepang.

 

Itulah pembahasan tentang ucapan terima kasih dalam bahasa Jepang dan contohnya. Semoga bermanfaat, ya.

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu