Apa Arti Otsukaresama dalam Bahasa Jepang? Yuk Cari Tahu!

Sering Digunakan, Apa Arti Otsukaresama Sebenarnya? - Cetta Online Class

CETTA – Dalam budaya Jepang, terdapat banyak kata-kata yang digunakan untuk mengekspresikan rasa hormat, apresiasi, dan penghargaan terhadap orang lain. Salah satu kata yang sangat umum dan penting dalam kehidupan sehari-hari di Jepang adalah Otsukaresama (お疲れ様).

Otsukaresama digunakan sebagai ungkapan terima kasih, rasa hormat, dan apresiasi terhadap kerja keras seseorang, terutama di tempat kerja. Namun, makna sebenarnya dari kata Otsukaresama lebih dari sekadar ungkapan terima kasih biasa.

Dalam artikel ini Cetta akan membahas secara mendalam tentang pengertian Otsukaresama, mengapa kata ini sangat penting dalam budaya Jepang, serta sejarah dan asal usul kata Otsukaresama.

 

BACA JUGA:  Sering Muncul di K-Darama, Inilah Arti Aigoo Dalam Bahasa Korea

 

Sejarah dan Asal Usul Kata Otsukaresama

Kata Otsukaresama berasal dari bahasa Jepang kuno yang disebut dengan Yamato Kotoba. Kata tersebut terdiri dari tiga karakter kanji: お (o), 疲 (tsuka), dan れ様 (resama). Secara harfiah, Otsukaresama berarti “keadaan kelelahan” atau “kelelahan yang terasa”.

Menurut sejarah, kata Otsukaresama pertama kali digunakan pada abad ke-12 oleh para samurai. Saat itu, kata tersebut digunakan untuk menghormati dan memberikan penghargaan kepada rekan-rekan mereka yang telah berjuang dan bertarung di medan perang. Kata tersebut kemudian menyebar ke masyarakat luas dan digunakan sebagai ungkapan rasa hormat dan penghargaan atas kerja keras seseorang.

Hingga saat ini, kata Otsukaresama masih sangat umum dan penting dalam budaya Jepang. Orang Jepang biasanya menggunakan kata ini untuk berkomunikasi dengan rekan kerja, teman, anggota keluarga, atau bahkan orang yang baru dikenal.

Setelah mengetahui sejarah dan asal usul kata Otsukaresama, kita akan membahas makna dari kata tersebut. Otsukaresama memiliki makna yang sangat dalam dan penting dalam budaya Jepang.

 

Arti Otsukaresama (お疲れ様)

Secara harfiah, arti Otsukaresama yaitu “keadaan kelelahan” atau “kelelahan yang terasa”. Namun, penggunaan Otsukaresama dalam konteks budaya Jepang lebih dari sekadar itu. Kata tersebut digunakan untuk mengekspresikan rasa hormat, penghargaan, dan apresiasi terhadap kerja keras seseorang.

 

Arti Otsukare (お疲れ)

“Otsukare” (お疲れ) adalah bentuk singkat dari “Otsukaresama desu” (お疲れ様です). Jadi, jika ingin mengatakan secara singkat “terima kasih” atau “kamu sudah bekerja keras” kepada seseorang, Anda dapat menggunakan ungkapan “Otsukare” (お疲れ).

 

BACA JUGA:  Ungkapan Otsukaresama Deshita dalam Bahasa Jepang dan Artinya

 

Bagaimana dan Kapan Otsukaresama Digunakan?

Orang Jepang biasanya menggunakan kata Otsukaresama di tempat kerja setelah menyelesaikan tugas atau proyek yang memerlukan kerja keras. Kata ini juga dapat digunakan di luar tempat kerja, seperti ketika berbicara dengan anggota keluarga atau teman yang melakukan aktivitas fisik yang melelahkan.

Selain itu, konteks penggunaan Otsukaresama juga sangat penting dalam budaya Jepang. Kata ini digunakan dalam situasi formal maupun informal dan harus dipilih dengan hati-hati tergantung pada situasi dan hubungan antara pembicara dan pendengar.

Pada situasi formal, seperti di tempat kerja, kata Otsukaresama sering digunakan sebagai ungkapan rasa hormat dan penghargaan atas kerja keras rekan kerja atau atasan. Di sisi lain, pada situasi informal seperti ketika berbicara dengan teman atau anggota keluarga, kata Otsukaresama dapat digunakan sebagai ungkapan rasa persahabatan dan keakraban.

Penggunaan Otsukaresama di Tempat Kerja

Di tempat kerja, penggunaan kata Otsukaresama dianggap sangat penting dan diharapkan sebagai ungkapan rasa hormat dan apresiasi atas kerja keras seseorang. Hal ini sering kali dilakukan setelah menyelesaikan tugas atau proyek yang memerlukan kerja keras, sebagai tanda penghargaan terhadap kerja keras dan dedikasi rekan kerja atau atasan.

Ungkapan Rasa Hormat dan Apresiasi

Otsukaresama juga dapat digunakan sebagai ungkapan rasa hormat dan apresiasi terhadap kontribusi dan usaha seseorang dalam mencapai kesuksesan di tempat kerja. Hal ini menunjukkan penghargaan dan rasa hormat yang mendalam terhadap kerja keras seseorang dalam mencapai tujuan bersama.

Tanda Kerja Keras dan Kesetiaan

Selain itu, Otsukaresama juga dapat menjadi tanda kerja keras dan kesetiaan seseorang terhadap perusahaan atau organisasi tempat mereka bekerja. Hal ini menunjukkan bahwa mereka telah menunjukkan dedikasi dan kesetiaan terhadap perusahaan atau organisasi tersebut, dan bahwa mereka telah bekerja keras untuk mencapai tujuan bersama.

 

Bagaimana Cara Membalas Otsukaresama?

Setelah mengetahui arti dari Otsukaresama, penting juga untuk memahami bagaimana membalas penggunaan kata tersebut dengan benar. Beberapa ragam balasan yang umum digunakan antara lain:

  1. Otsukaresama deshita
  2. Otsukaresama
  3. Dōitashimashite

Penting untuk diingat bahwa balasan yang digunakan tergantung pada konteks dan situasi. Sebagai atasan atau orang yang lebih senior, lebih tepat untuk menggunakan balasan yang lebih formal seperti Otsukaresama deshita.

 

Perbedaan Otsukaresama dengan Gokurousama

Selain Otsukaresama, terdapat juga kata Gokurousama yang sering digunakan di tempat kerja Jepang. Gokurousama merupakan kata yang digunakan untuk menghargai dan mengakui kerja keras seseorang. Namun, terdapat perbedaan antara Otsukaresama dan Gokurousama.

Gokurousama dapat diartikan sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras seseorang. Kata ini digunakan untuk menghargai orang yang telah bekerja keras dan mengalami kelelahan karena bekerja keras.

Perbedaan utama antara Otsukaresama dan Gokurousama adalah bahwa Otsukaresama lebih umum digunakan sebagai ucapan terima kasih dan penghargaan atas kerja keras seseorang, sementara Gokurousama lebih khusus digunakan untuk mengakui kerja keras yang menguras tenaga dan membuat seseorang lelah.

Gokurousama lebih sering digunakan dalam situasi di mana seseorang telah menyelesaikan tugas yang sangat berat atau mengalami kelelahan karena kerja keras. Hal ini menunjukkan penghargaan dan pengakuan atas kerja keras seseorang serta kesediaan untuk membantu apabila diperlukan.

Otsukaresama dan Gokurousama adalah kata-kata yang sering digunakan di tempat kerja Jepang untuk menunjukkan rasa hormat, penghargaan, dan pengakuan atas kerja keras seseorang.

Menarik bukan? Setelah mempelajari arti Otsukaresama sekarang saatnya kamu belajar kata lain dalam bahasa Korea yang sering muncul.

 

BACA JUGA:  Sering Digunakan, Apa Arti Kiyowo Dalam Bahasa Korea?

 

Belajar Bahasa Korea di Cetta Online Class

Kalau kamu ingin kerja di Korea tapi belum terlalu menguasai bahasa Korea, saatnya kamu belajar bahasa Korea di Cetta Online Class.

Cetta memiliki banyak Korean Program yang bisa kamu ikuti. Khusus kamu yang sudah baca artikel ini, kamu bisa pakai kode promo BACACETTASUPDATES dan dapatkan diskon 10% untuk pembelian kelas di Cetta Online Class!

Yuk, langsung daftar sekarang!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu