Apa Sih Arti Ganbatte dalam Bahasa Jepang?

Apa Sih Arti Ganbatte dalam Bahasa Jepang

CETTA – Pasti kamu sudah tidak asing lagi mendengar kata ganbatte? Arti ganbatte dalam bahasa Jepang adalah penyemangat. Kata ini digunakan untuk menyemarakkan sebuah perasaan yang berkobar-kobar dan juga menyemangati seseorang dalam melakukan sesuatu.

Kata ganbatte seringkali ditemui dalam serial Jepang ataupun anime dan masih banyak lainnya. Maka, jika kamu adalah seorang wibu, dapat dipastikan kata ini sudah bukan lagi menjadi hal yang asing. 

Selain itu, kata ganbatte dalam bahasa Jepang memiliki banyak bentuknya. Apakah kamu sudah penasaran langsung saja? Simak penjelasan mengenai arti ganbatte dalam bahasa Jepang di bawah ini.

 

BACA JUGA:  Bukan Bertarung, Ini Arti Fighting dalam Bahasa Korea yang Benar

 

Apa Itu Arti Kata Ganbatte?

Arti ganbatte dalam bahasa Jepang sebenarnya merupakan kependekan dari ganbatte kudasai. Arti dari kata ini merupakan sebuah penyemangat kepada seseorang. Selain itu, penggunaan kata ganbatte kudasai ini memiliki bentuk formal. 

Tahukah kamu bahwa kata ganbatte sebenarnya diambil dari kata ganbaru? Kata Ganbaru sendiri memiliki arti bertahan dan berusaha. Pada akhirnya, kata ini memiliki perubahan dengan kata kerja ditambah Kudasai. 

Kata berubah sama dengan maknanya yang berubah menjadi meminta seseorang untuk bersemangat atau disingkat dengan bersemangatlah.

Bentuk Lain dari Kata Ganbatte

Apakah kamu tahu bahwa kata ganbatte telah melakukan banyak perubahan dalam berbagai bentuk? Berikut perubahan arti ganbatte dalam bahasa Jepang dibawah ini. 

1. Ganbatte

Kata yang satu ini memiliki bentuk informasi, sehingga hanya ditujukan kepada teman sebaya, keluarga dan orang yang telah akrab. Pastikan untuk tidak mengatakannya kepada orang yang lebih tua seperti atasan kerja hingga senior. 

2. Ganbarou

Penggunaan kata ganbarou ini biasanya digunakan untuk menyemangati satu sama lain. disaat semuanya lagi berjuang bersama-sama, kata ini dapat diucapkan untuk membangun semangat yang berkobar. 

Bentuknya yang casual membuat kata ganbarou hanya dapat diucapkan pada teman sebaya saja. 

3. Ganbatta

Kata ganbatta memiliki arti ‘aku telah memberikan yang terbaik’ atau ‘aku telah melakukan yang terbaik’. Kata ini dapat kamu ucapkan setelah selesai melakukan tugas atau sesuatu dengan baik. Kalau dalam bahasa inggris seperti ‘I did my best’.

4. Ganbare

Kamu pernah melihat anggota tim olahraga mengucapkan kata ganbare? Kata ganbare biasanya diucapkan untuk membangun semangat yang berkobar dalam diri bersama teman se-tim. Serta kamu juga mengucapkannya untuk memberikan semangat kepada atlet dan anggota tim olahraga. 

5. Ganbarimashou

Kata ganbarimashou ini bersifat formal dan dapat diucapkan kepada senior, atasan kerja dan orang yang lebih tua. 

Contoh Penggunaan Kata Ganbatte

  1. Pertanyaan

(乾杯、私はあなたをサポートします) Kanpai, watashi wa anata o sapōto shimasu

Semangat ya, aku mendukungmu

Jawaban

(ありがとう ございまず。 頑張る よ) Arigatou gozaimazu. Ganbaru yo

Terima kasih. Aku akan bersemangat

  1. Pertanyaan

(頑張って友達) Ganbatte tomodachi

Semangat teman-teman

Jawaban

(はい、 頑張って) Hai, ganbatte 

Ya. Aku akan berusaha

Itulah penjelasan arti ganbatte dalam bahasa Jepang yang wajib kamu ketahui dan pahami. Bagi kamu seorang pemula terus semangat untuk belajar bahasa Jepang atau bahasa asing lainnya agar lebih jago dan terlihat seperti orang lokal.

 

BACA JUGA:  Inilah Arti Baka Dalam Bahasa Jepang, Yuk Cari Tahu!

 

Kursus Bahasa Jepang? Cetta Online Class Aja!

Gimana, tertarik untuk belajar Bahasa Jepang secara lebih mendalam? Jika iya, maka Cetta Online Class adalah pilihan tepat kursus yang bisa kamu ambil. Tahu alasannya kenapa?

Selain karena kami memiliki tutor yang sudah berpengalaman. Cetta Online Class juga memiliki kurikulum pembelajaran yang mumpuni dengan sistem belajar yang pastinya asyik banget. Jadi belajar kamu pun dijamin nggak bakal boring.

Kabar baiknya lagi, kami akan ngasih kamu diskon tambahan 10% karena sudah membaca artikel ini sampai selesai. Caranya gampang, kamu hanya perlu memasukkan kode BACACETTASUPDATES ketika kamu akan check out kelas bahasa Jepang di Cetta Online Class. 

Gimana, sudah siap untuk belajar sekarang?

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu