5 Jenis Angka Angka Dalam Bahasa Inggris

5 Jenis Angka Angka Dalam Bahasa Inggris

CETTA – Angka-angka dalam bahasa Inggris itu ternyata banyak sekali jenisnya, loh. Mulai dari cardinal number, ordinal number, nominal number, dan lain sebagainya. Jika selama ini kamu hanya tahu bahwa angka itu merupakan bilangan deret dari 1 sampai tak terhingga. Ternyata jika diklasifikasikan, angka itu bisa masuk ke dalam berbagai jenis!

Penasaran ada apa sajakah jenis angka di dalam bahasa Inggris? Yuk simak saja informasi ini sampai tuntas ya agar kamu dapat ilmunya secara menyeluruh!

 

BACA JUGA:  Pidato Singkat Bahasa Inggris Tentang Kesuksesan dan Artinya

 

5 Jenis Angka Angka dalam Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Tahu

Dalam bahasa Inggris, angka itu dikelompokkan kedalam 5 jenis. Cardinal number, ordinal number, nominal number, multiple number, dan juga fraction number. Lalu apa saja perbedaan dari masing-masing jenis angka tersebut? Yuk kita cari tahu jawabannya!

1. Cardinal Number

Jenis angka pertama yang paling umum dalam bahasa Inggris adalah cardinal number. Bilangan yang termasuk ke dalam jenis ini biasanya sering digunakan untuk berhitung, menyebutkan tahun, atau bahkan untuk usia pun biasanya menggunakan cardinal number.

15 dalam bahasa Inggris disebut fifteen. Dan ini termasuk salah satu contoh cardinal number yang mungkin biasanya digunakan untuk menyebut tanggal, usia, dan sebagainya. Berikut ini beberapa contoh cardinal number yang lainnya.

Cardinal Number Nama Bilangan Penyebutan dalam Bahasa Inggris
0 nol zero
1 satu one
2 dua two
3 tiga three
4 empat four
5 lima five
6 enam six
7 tujuh seven
8 delapan eight
9 sembilan nine
10 sepuluh ten
11 sebelas eleven
12 dua belas twelve
13 tiga belas thirteen
14 empat belas fourteen
15 lima belas fifteen
16 enam belas sixteen
20 dua puluh twenty
21 dua puluh satu twenty-one
50 lima puluh fifty
60 enam puluh sixty
70 tujuh puluh seventy
100 seratus one hundred
159 Seratus lima puluh sembilan On hundred and fifty-nine
1000 seribu one thousand

2. Ordinal Number

Berbeda dengan cardinal number, ordinal number ini adalah sebuah angka yang menunjukkan urutan atau posisi pada suatu objek. Angka ini biasanya digunakan untuk menamai lantai di dalam bangunan, urutan posisi dalam klasemen, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa angka angka dalam bahasa Inggris yang termasuk ke dalam jenis ordinal number.

Ordinal Number Nama Bilangan Penyebutan dalam Bahasa Inggris
1st kesatu first
2nd kedua second
3rd ketiga third
4th keempat fourth
5th kelima fifth
10th kesepuluh tenth
11th kesebelas eleventh
21th Kedua puluh satu twenty-first
100th keseratus hundredth

3. Nominal Number

Jenis angka selanjutnya dalam bahasa Inggris adalah nominal number. Angka yang satu ini biasanya sering digunakan untuk menuliskan angka untuk keperluan identitas, baik itu yang terdiri dari satu angka ataupun sekumpulan angka. Berikut ini beberapa contohnya:

  • The zip code for Bandung is 22181 (kode pos untuk Bandung adalah 56171)
  • My phone number is 087654345566 (nomor handphone saya adalah 087654345566)
  • You must transfer to bank account 329777762424, right now! (Kamu harus transfer ke rekening 329777762424 sekarang juga)

4. Multiple Number

Jenis angka angka dalam bahasa Inggris yang keempat adalah multiple number. Jenis angka yang satu ini biasanya digunakan untuk sebuah aktivitas yang dilakukan pengulangan maupun kelipatan ataupun menunjukkan berapa kali jumlah benda. Berikut ini beberapa contoh angka yang termasuk kedalam multiple number.

Multipel Number Nama Bilangan
Once kesatu
Twice kedua
Three Times ketiga
Solitaire Sendiri atau sekali
Double ganda
triple Tiga kali

5. Fraction Number

Sesuai dengan namanya, fraction number ini adalah bilangan pecahan yang digunakan untuk menunjukkan bagian dari keseluruhan. Fraction number ini terdiri dari dua bilangan yaitu pembilang (numerator) dan penyebut (denumerator) yang kemudian dipisahkan oleh garis pecahan (fraction bar). Berikut ini beberapa contoh bilangan yang termasuk ke dalam fraction number.

Ordinal Number Nama Bilangan Penyebutan dalam Bahasa Inggris
1/2 Setengah A half
1/3 Sepertiga A third
2 1/5  Dua seperlima Three quarter / Three fourths
8/10 Delapan persepuluh Eight tents
1/100 Satu perseratus A Hundredths

BACA JUGA:  20 Kata Kerja Dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Bahasa Inggris, Bekal Penting Untuk Mempersiapkan Masa Depan

Apapun cita-citamu di masa yang akan datang, bahasa Inggris akan membuka peluang dan kesempatan yang lebih besar untuk kamu bisa meraih kesuksesan. Untuk itu, belajar bahasa Inggris sejak saat ini adalah investasi terbaik yang tidak akan pernah kamu sesali.

Kalau kamu punya aktivitas padat dan kurang memungkinkan untuk belajar langsung ke tempat kursus. Saat ini Cetta hadir dengan menawarkan program belajar bahasa Inggris secara online. Tentu saja program ini sangat cocok bagi kamu untuk terus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris ditengah kesibukan aktivitas yang dijalankan.

Kabar baiknya, kamu pun kami berikan diskon tambahan sebesar 10% karena sudah membaca artikel ini hingga selesai. Untuk mengklaim dikson ini, kamu hanya perlu memasukkan kode BACACETTASUDPATES untuk setiap pembelian kelas di Cetta Online Class. Gimana, mudah bukan?

Yukl langsung daftar dan belajar sekarang juga!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu