20 Kata Kerja Dalam Bahasa Inggris dan Artinya

20 Kata Kerja dalam Bahasa Inggris dan Artinya - Cetta Online Class

Cetta Online Class
Belajar Bahasa Inggris Tanpa Ribet
Plus Dapet Diskon 10%

CETTA – Selain kata sifat, saat kamu hendak mempelajari bahasa Inggris, kamu juga akan belajar tentang kata kerja, juga. Dalam artikel ini, Cetta akan membahas sedikit tentang kata kerja hingga membagikan 20 kata kerja dalam bahasa Inggris beserta artinya yang bisa kamu gunakan sebagai acuan dalam mempelajari bahasa Inggris.

verb adalah bagian penting dari bahasa Inggris. Mereka memainkan peran penting dalam membuat kalimat dan membantu kita mengungkapkan pikiran, ide, dan tindakan kita.

Memahami berbagai jenis verb dalam bahasa Inggris sangat penting bagi pembelajar bahasa Inggris, terutama bagi para pemula. Sebelum itu, Cetta akan sedikit membahas tentang kata kerja atau verb yang harus kamu tahu.

 

Pengertian verb atau Kata Kerja dalam Bahasa Inggris

Apabila kamu masih belum mengetahui mengenai kata kerja atau verb dalam bahasa Inggris, Cetta mendapatkan kesempatan untuk bertanya-tanya dengan Mr. Lukas, salah satu tutor di Cetta Online Class.

Menurut Mr. Lukas, kata kerja atau verb adalah kata atau gabungan dari kata-kata yang menunjukkan sebuah tindakan atau kondisi dari subjek dalam kalimat tersebut. Kata kerja atau verb ini merupakan bagian dari sebuah kalimat yang menunjukkan kepada kamu apa yang sedang subjek lakukan pada saat itu.

BACA JUGA:  10 Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

 

Apakah verb hanya Bisa Digunakan untuk Kata Kerja Saja?

Tentu saja tidak, sama halnya dengan pengertian yang telah Mr. Lukas sampaikan diatas, verb tidak digunakan untuk menggambarkan sebuah aksi/aktivitas/pekerjaan/tindakan saja. Namun, kamu juga bisa menggunakan verb untuk menunjukkan sebuah kondisi atau keadaan subjek, juga. 

Misalnya, kamu mengatakan “Jimmy is a good student”, kata “is” dalam kalimat tersebut merupakan verb atau kata kerja yang menunjukkan keadaan Jimmy sebagai murid yang baik.

Nah, jika kamu sudah sedikit paham tentang cara kerja verb dalam bahasa Inggris, kamu bisa mencoba melatih kemampuan bahasa Inggris kamu dengan membuat beberapa kalimat yang menggunakan kata kerja.

 

24 Tipe verb atau Kata Kerja dalam Bahasa Inggris

Mungkin, kamu sudah mengenal beberapa tipe verb atau kata kerja dalam bahasa Inggris seperti base form, infinitive, dan past tense

Namun, tipe verb tersebut ternyata merupakan bentuk dasar dari kata kerja, loh. Berdasarkan, laman Learn English, dijelaskan bahwa ada 24 tipe verb atau kata yang bisa kamu gunakan.

Apa saja? Berikut merupakan 24 tipe verb atau kata kerja dalam bahasa Inggris:

  1. Base verb: Kata kerja dasar adalah bentuk kata kerja yang tidak memiliki akhiran (-ing, -ed, -en) yang ditambahkan pada kalimat yang dibuat.
  2. Regular verb: Kata kerja yang bentuk past simple dan past participle nya dapat ditemukan dengan menambahkan “-ed” pada akhir kata seperti talk (berbicara), walk (berjalan), dan play (bermain).
  3. Irregular verb: Kata kerja yang bentuk past simple dan past participle nya tidak dapat ditemukan dengan menambahkan “-ed” pada akhir kata seperti eat (makan), drink (minum), dan write (menulis).
  4. Transitive verb: Kata kerja yang membutuhkan objek seperti eat (makan), drink (minum), dan write (menulis).
  5. Intransitive verb: Kata kerja yang tidak membutuhkan objek seperti sleep (tidur), laugh (tertawa), dan cry (menangis).
  6. Weak verb: Kata kerja yang diakhiri dengan “-d” dan “-t” dalam bentuk Past Indefinite dan Past Participle, merupakan weak verb. Terdapat kecenderungan untuk mengasosiasikan weak verb dengan regular verb tetapi tidak semua weak verb adalah regular verb dalam bahasa Inggris.
  7. Strong verb: Merupakan kata kerja yang huruf vokalnya berubah dari “i” menjadi “a” menjadi “u” dalam bentuk kata kerja Present Indefinite, Past Indefinite, Past Participle.
  8. Finite verb: Finite verb adalah kata kerja yang memiliki bentuk dan waktu yang terbatas. Ini berarti bahwa finite verb menunjukkan subjek yang melakukan tindakan dan waktu ketika tindakan tersebut terjadi. Finite verb dapat ditemukan di depan atau di belakang subjek dalam kalimat, dan sering digunakan bersama dengan auxiliary verb untuk membentuk tenses. Contoh kalimat dengan finite verb adalah “She walks to the park every day.” Dalam kalimat ini, kata kerja “walks” adalah finite verb yang menjelaskan tindakan yang dilakukan oleh subjek “She” dan waktu ketika tindakan tersebut terjadi “every day“.
  9. Non-Infinite verb: Non-finite verb adalah kata kerja yang tidak memiliki bentuk atau waktu yang terbatas. Ini berarti bahwa non-finite verb tidak menunjukkan subjek yang melakukan tindakan atau waktu ketika tindakan tersebut terjadi.
  10. Action verb: Kata kerja yang menunjukkan tindakan seperti run (lari), jump (loncat), dan dance (menari).
  11. Linking verb: Kata kerja yang menghubungkan subjek dengan kata benda atau kata sifat seperti be (menjadi), seem (kelihatan), dan become (menjadi).
  12. Auxiliary verb: merupakan kata kerja yang digunakan untuk membantu main verb menjelaskan tenses, kondisi, atau mood. Auxiliary verb tidak memiliki makna sendiri dan tidak dapat berdiri sendiri sebagai kalimat. Auxiliary verb sering digunakan dengan main verb untuk membentuk bentuk-bentuk tenses, seperti present continuous, past continuous, dan future perfect.
  13. Modal verb: Kata kerja yang digunakan untuk memodifikasi makna dari kata kerja utama seperti can (bisa), could (bisa), dan must (harus).
  14. Reflexive verb: Reflexive verb adalah kata kerja yang menunjukkan bahwa subjek melakukan tindakan pada dirinya sendiri. Ini berarti bahwa subjek dan objek dalam kalimat sama, dan tindakan yang dilakukan oleh subjek mempengaruhi subjek itu sendiri. Reflexive verb sering digunakan dengan reflexive pronouns seperti myself, yourself, dan himself.
  15. Ergative verb: Ergative verb adalah kata kerja yang menunjukkan perubahan dalam subjek selama proses aksi. Dalam hal ini, subjek dalam kalimat berubah dari seorang yang mengalami aksi menjadi seorang yang melakukan aksi. Ergative verb sering digunakan dalam bahasa Inggris untuk menjelaskan perubahan dalam subjek dan situasi.
  16. Lexical verb: Lexical verb adalah kata kerja yang memiliki makna sendiri dan dapat berdiri sendiri sebagai kalimat. Lexical verb menggambarkan aksi, peristiwa, atau kondisi yang terjadi pada subjek. Lexical verb sering digunakan sebagai main verb dalam kalimat dan tidak membutuhkan bantuan dari auxiliary verb.
  17. DE-Lexical verb: DE-lexical verb adalah kata kerja yang tidak memiliki makna sendiri dan hanya digunakan untuk membantu kata kerja utama dalam kalimat. DE-lexical verb sering disebut sebagai auxiliary verb dan membantu untuk memodifikasi waktu, frekuensi, atau tingkat suatu aksi yang diterangkan oleh lexical verb.
  18. Stative verb: Stative verb adalah kata kerja yang menggambarkan keadaan atau kondisi yang diam atau tetap, bukan aksi atau peristiwa yang berlangsung. Stative verb sering menggambarkan perasaan, opini, atau fakta yang tetap dan tidak berubah.
  19. Dynamic verb: Dynamic verb adalah kata kerja yang menggambarkan aksi atau peristiwa yang sedang atau sudah terjadi. Dynamic verb menggambarkan gerakan, perubahan, atau kegiatan yang berlangsung dalam waktu tertentu.
  20. Non-continuous verb: Non-continuous verb adalah kata kerja yang tidak dapat digunakan dalam bentuk continuous (progressive) tense. Mereka hanya dapat digunakan dalam bentuk simple present, simple past, atau simple future.
  21. Participle: Participle adalah bentuk kata kerja yang digunakan sebagai adjective atau untuk membentuk tenses kontinu (progressive) dan pasif dalam bahasa Inggris.
  22. Intensive verb: Intensive verb adalah kata kerja yang digunakan untuk menekankan atau memberikan perhatian pada subjek kalimat. Mereka biasanya ditemukan setelah kata kerja utama dan menggunakan kata “sel” sebagai intensifier.
  23. Gerund verb: Bentuk “-ing” dari kata kerja yang digunakan sebagai kata benda seperti walking (berjalan), running (lari), dan jumping (loncat).
  24. Infinitive verb: Bentuk dasar dari kata kerja seperti to walk (berjalan), to run (lari), dan to jump (loncat).

 

Contoh 20 Kata Kerja dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Berikut adalah 20 kalimat yang menggunakan kata kerja dalam bahasa Inggris beserta artinya:

  1. I am reading a book. (Saya sedang membaca buku.)
  2. She will sing a song. (Dia akan menyanyikan lagu.)
  3. They have finished their work. (Mereka sudah menyelesaikan pekerjaan mereka.)
  4. The dog is barking loudly. (Anjing itu sedang menggonggong dengan keras.)
  5. We are watching a movie. (Kami sedang menonton film.)
  6. The cat chased the mouse. (Kucing itu mengejar tikus.)
  7. I will write a letter to my friend. (Saya akan menulis surat untuk teman saya.)
  8. The flowers are blooming beautifully. (Bunga-bunga itu sedang mekar indah.)
  9. He has already eaten his lunch. (Dia sudah makan siang.)
  10. She is playing the piano. (Dia sedang memainkan piano.)
  11. The children are jumping on the trampoline. (Anak-anak sedang melompat di trampolin.)
  12. I have seen that movie before. (Saya sudah melihat film itu sebelumnya.)
  13. They will visit the museum tomorrow. (Mereka akan mengunjungi museum besok.)
  14. The bird is flying in the sky. (Burung itu sedang terbang di langit.)
  15. We are learning English. (Kami sedang belajar bahasa Inggris.)
  16. The teacher is explaining the lesson. (Guru sedang menjelaskan pelajaran.)
  17. He has just bought a new car. (Dia baru saja membeli mobil baru.)
  18. She is cooking dinner. (Dia sedang memasak malam.)
  19. The water is boiling. (Air sedang mendidih.)
  20. I will go to the beach next week. (Saya akan pergi ke pantai minggu depan.)
BACA JUGA:  Proverb adalah Peribahasa, Ini Penjelasan Lengkapnya

 

Kesimpulan

Kata kerja dalam bahasa Inggris merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari setiap kalimat dan memegang peranan penting dalam pembelajaran bahasa Inggris. 

Dengan mengetahui 20 kata kerja dalam bahasa Inggris dan artinya, kamu akan memiliki dasar yang kuat untuk membuat kalimat dan berbicara dalam bahasa Inggris. 

Untuk dapat menguasainya, kamu bisa menggunakan kata kerja tersebut dalam kegiatan sehari-hari untuk memperkaya vocabularies dan memperkuat kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris.

 

Belajar Verbs di Cetta Online Class Sekarang!

Nah, apabila kamu ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu, maka tidak ada salahnya untuk mengambil kursus online, salah satunya yang tersedia di Cetta Online Class.

Seperti yang kamu tahu, Cetta sendiri juga memiliki banyak English Program yang bisa kamu ikuti. Khusus kamu yang sudah baca artikel ini, kamu bisa pakai kode promo BACACETTASUPDATES dan dapatkan diskon 10% untuk pembelian kelas di Cetta Online Class!

Yuk, langsung daftar sekarang!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu