Yuk, Belajar Abjad dalam bahasa Inggris Agar Makin Jago

Yuk, Belajar Abjad dalam bahasa Inggris Agar Makin Jago

CETTA – Sadarkah kamu bahwa bahasa Inggris memiliki peminat yang begitu besar di Indonesia. Sebagian besar memulai pelajaran awalnya dengan abjad dalam bahasa Inggris dengan baik, namun tidak sedikit yang masih kesulitan. 

Keadaan inilah yang membuat banyak orang rela untuk membayar tutor pribadi bahasa Inggris atau pergi ke tempat les bahasa Inggris. Hal tersebut karena bahasa Inggris kerap kali muncul dalam tes akademi maupun tes dunia pekerjaan.

Namun, banyak juga yang belajar dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi salah satunya dengan kamus bahasa Inggris. Sama seperti sekarang ini, kamu mencoba untuk belajar lewat internet dengan artikel ini. 

Langsung saja kita belajar abjad dalam bahasa Inggris sekaligus dengan sejarah terbentuknya abjad itu sendiri. 

 

BACA JUGA:  Cara Menulis Berita Dalam Bahasa Inggris + Contohnya!

 

Apa Itu Alfabet?

Alphabet adalah karakter yang digunakan untuk mewakili sebuah struktur fonem dalam bahasa yang digunakan manusia. Lalu apa itu fonem? Fenom sendiri merupakan satuan bunyi yang menunjukkan kontras makna yang terucap.

Alphabet sendiri terdiri dari serangkaian huruf atau simbol yang telah disusun serta diakui oleh standar masyarakat. Alphabet sendiri memiliki huruf dan simbol yang berbeda bergantung pada bahasa yang digunakan oleh suatu negara. 

Alphabet merupakan alat yang begitu penting bagi kelangsungan hidup manusia dalam kegiatan berkomunikasi. Merekam, menyimpan hingga menyebarkan pengetahuan guna mengembangkan pengetahuan serta ilmu kepada seluruh umat manusia. 

Inilah Sejarah Alfabet yang Perlu Kamu Ketahui

Penting untuk kamu tahu bahwa alfabet memiliki sejarah cerita yang cukup panjang diyakini bahwa alfabet dibentuk berdasarkan simbol yang digunakan pada zaman Yunani kuno. 2.500 tahun yang lalu sejarah alfabet dimulai dengan huruf pertama yang berupa gambar sederhana dari sebuah kepala banteng. 

Kata alfabet sendiri diambil dari kata Alpha (Alfa) atau Aleph yang memiliki perwakilan bunyi huruf A, sedangkan Alfa sendiri memiliki arti awal. Lalu selanjutnya ada huruf Yunani Kuno beta yang mana mewakili bunyi dari huruf B.

Diyakini bahwa bangsa Yunani yang menciptakan huruf alfabet. Setelah beberapa waktu kemudian bangsa Yunani menggunakan sistem dengan struktur yang lebih teratur untuk dapat menggunakan simbol lainnya. Hingga akhirnya tercipta huruf A hingga Z yang kerap kali dikenal dengan huruf atau alfabet.

Tapi Tahukah kamu bahwa abjad latin ini awalnya hanya memiliki 24 huruf saja? Di pertengahan bangsa Romawi akhirnya menyempurnakan atau menambahkan alfabet hingga berjumlah 26 seperti yang kita kenal sekarang. 

Selain itu, bangsa Romawi juga memberikan sistem baru kepada alfabet untuk dapat lebih mudah melakukan cara baca dari arah kiri ke kanan.

Apakah Benar Abjad dan Alfabet sama?

Banyak yang menanyakan perihal apakah alfabet dan abjad dalam bahasa Inggris dua hal yang sama? jawabannya tidak sama. Cara membedakannya yaitu alfabet terdiri dari huruf vokal, sedangkan untuk abjad terdiri dari huruf konsonan. 

Bukan hanya di Indonesia, namun banyak orang yang keliru mengenai dua hal tersebut. Jadi, katakanlah bahwa ini merupakan sebuah fenomena dimana kesalahan dianggap benar oleh masyarakat luas. Alfabet dan abjad seringkali dianggap sebagai sinonim tanpa memperhatikan perbedaannya. 

Untuk itu, keduanya dapat dikatakan sama dan tidak memiliki perbedaan. Namun, kamu juga perlu belajar bahwa keduanya memang hal yang berbeda ya. 

Yuk Ketahui Pengucapan Abjad dalam bahasa Inggris

Sekarang, saatnya memulai untuk pengucapan abjad dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar lewat tabel dibawah ini. Baca pelan-pelan supaya kamu bisa lebih mudah menguasainya ya. 

Alphabet Pengucapan
A Ei
B Bi
C Si
D Di
E I
F Ef
G Ji
H Eic
I Ai
J Jei
K Kei
L El
M Em
N En
O Ou
P Pi
Q Kiu
R Ar
S Es
T Ti
U Yu
V Vi
W Dabelyu
X Eks
Y Wai
Z Zed, Zi

Nah, itu dia cara pengucapan abjad dalam bahasa Inggris yang perlu kamu pelajari. Sebelum akhirnya mencoba untuk menaikkan level pada kosakata, alangkah baiknya jika memulai dari paling dasar terlebih dahulu. 

Pelajaran mengenai abjad dalam bahasa Inggris yang perlu kamu pelajari di awal mulai mengenal bahasa Inggris. Semoga pembahasan kali ini dapat membantu dan menjadikan kamu semakin jago dalam berbahasa Inggris. 

 

BACA JUGA:  Angka 1 sampai 100 dalam Bahasa Inggris dan Cara Membacanya

 

Yuk Belajar Bahasa Inggris di Cetta Online Class

Kalau kamu tertarik belajar bahasa Inggris secara lebih mendalam dan saat ini sedang mencari tempat belajar online yang terpercaya. Cetta Online Class adalah tempat belajar yang selama ini kamu cari.

Spesialnya lagi, karena kamu sudah membaca artikel ini hingga selesai kami akan memberikan diskon tambahan sebesar 10%. Caranya mudah, kamu hanya perlu memasukan kode BACACETTASUPDATES ketika kamu akan mendaftar kelas bahasa Inggris di Cetta Online Class.

Yuk jangan ditunda-tunda lagi, segera daftar sekarang juga!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu