Cara Menulis Berita Dalam Bahasa Inggris + Contohnya!

Cara Menulis Berita Dalam Bahasa Inggris + Contohnya!

CETTA – Apakah kamu pernah membaca berita dalam bahasa Inggris? Pernah terpikir tidak sih, bagaimana sebuah berita itu bisa dibuat. Mulai dari awal pencarian sumber berita, penentuan judul berita, penulisan naskah, dan lain sebagainya.

Nah kalau kamu penasaran bagaimana cara menulis berita ini dari awal hingga akhir. Pastikan kamu membaca artikel ini sampai selesai. Selain itu, kamu pun akan disajikan beberapa contoh berita bahasa Inggris supaya kamu semakin paham.

 

BACA JUGA:  Cara Menulis Huruf di Bahasa Korea (Hangeul) untuk Pemula

 

Struktur dan Kaidah Kebahasaan dalam Berita Bahasa Inggris

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara menulis berita yang baik di dalam bahasa Inggris. Ada baiknya kamu memahami dulu struktur dan kaidah kebahasaan yang biasanya digunakan dalam menyusun atau menulis sebuah berita.

1. Struktur Berita dalam bahasa Inggris

Secara umum ada 3 struktur yang menyusun sebuah berita, baik itu dalam bahasa Inggris ataupun dalam bahasa yang lainnya. Berikut adalah ketiga struktur penyusunnya:

  • Kejadian Inti (Main Event atau Newsworthy Event)

Isinya mencakup ringkasan berita yang akan disampaikan. Bagian ini juga biasanya disebut sebagai isi berita.

  • Latar Belakang Kejadian (Background Event atau Elaboration)

Menceritakan secara rinci tentang apa yang ingin disampaikan. Bagian ini baiknya menjawab pertanyaan 5w+1h.

  • Sumber Informasi (Source)

Agar tak dianggap hoax, berita yang baik pasti akan selalu mencantumkan sumber yang terpercaya.

2. Kaidah Kebahasaan dalam Berita bahasa Inggris

Agar berita yang disampaikan bisa menarik sehingga inti pesan yang ingin disampaikannya pun bisa diterima dengan baik. Maka sebuah berita setidaknya harus memiliki 3 kaidah kebahasaan berikut ini:

  1. Menggunakan action verbs
  2. Menggunakan present tense
  3. Menggunakan saying verb

Bagaimana Cara Menulis Berita dalam Bahasa Inggris?

Setelah kamu mengetahui struktur dan kaidah penulisan dalam sebuah berita. Dibawah ini akan kami sajikan langkah-langkah cara menulis berita yang baik di dalam bahasa Inggris.

1. Tentukan Topik Berita

Pilih topik yang menarik untuk diangkat. Topik tersebut haruslah relevan dan menarik bagi pembaca.

2. Kumpulkan Informasi

Lakukan penelitian untuk mengumpulkan informasi tentang topik yang telah ditentukan. Anda dapat mencari informasi dari berbagai sumber seperti artikel, laporan, atau wawancara dengan narasumber.

3. Tentukan Judul

Judul yang baik dapat menarik perhatian pembaca. Judul harus singkat, jelas, dan mencakup inti dari berita.

4. Buat Ringkasan

Ringkasan berisi intisari dari berita yang akan disajikan. Ringkasan haruslah singkat, jelas, dan menarik perhatian pembaca.

5. Buat Lead

Lead atau pembukaan berita merupakan paragraf pertama yang harus mampu menarik perhatian pembaca. Lead harus singkat, jelas, dan memberikan gambaran utama dari berita.

6. Buat Isi Berita

Isi berita harus disusun dengan baik dan terstruktur. Isi berita harus menjawab pertanyaan 5W+1H yaitu What, Who, Where, When, Why, dan How. Pastikan juga informasi yang disajikan telah diverifikasi dan akurat.

7. Sertakan Kutipan

Kutipan dari narasumber dapat memberikan gambaran yang lebih jelas dan menarik bagi pembaca. Kutipan haruslah akurat dan relevan dengan topik yang dibahas.

8. Buat Kesimpulan

Kesimpulan harus menyimpulkan inti dari berita. Kesimpulan haruslah singkat, jelas, dan menegaskan kembali informasi penting yang telah disajikan.

9. Koreksi dan Edit

Setelah menyelesaikan penulisan, pastikan untuk memeriksa kesalahan tata bahasa dan ketidakakuratan informasi sebelum mempublikasikan berita.

Contoh Berita dalam Bahasa Inggris

Sebuah berita yang bagus sebaiknya memang dibuat secara komprehensif. Hanya saja untuk keperluan contoh, berikut ini kami sajikan contoh berita dalam bahasa Inggris singkat yang diambil dari CNBC agar kamu semakin paham dengan materi yang sedang dipelajari.

Your College Degree Might Not Matter Quite As Much In Your 2023 Job Search

That’s a good thing, says Emily Rose McRae, an HR-focused senior director of research at analyst firm Gartner. In a report this week, Gartner predicted that the most successful companies this year will be the ones “more comfortable assessing candidates solely on their ability to perform in the role, rather than their credentials and prior experience.” 

That translates to a de-emphasis on four-year degrees, McRae says: One of the most useful ways to attract “nontraditional candidates” is removing education requirements. 

“We have been using education as a proxy, and it’s very important to figure out why,” McRae says. “What was it a proxy for? And how do we actually measure that?” 

The trend has been slowly gaining traction for a few years now. Forty-six percent of middle-skill and 31% of high-skill occupations decreased degree requirements in job listings between 2017 and 2019, according to a 2022 study from the Harvard Business Review and The Burning Glass Institute, a nonprofit labor market research organization.

 

BACA JUGA:  Bagaimana Cara Membaca 17 Agustus 1945 Dalam Bahasa Jepang?

 

Belajar Bahasa Inggris? Di Cetta Online Class Aja!

Mau belajar atau meningkatkan kemampuan bahasa Inggris tapi sulit mencari waktu karena aktivitas kamu super padat? Yuk gabung di Cetta aja!

Kursus bahasa Inggris di Cetta dapat dilakukan dimana saja karena sistem belajarnya online atau daring. Selain itu, Cetta juga memiliki tutor-tutor yang kompeten dan berpengalaman sehingga materi yang disampaikan pastinya tak sekedar kulitnya saja. Tak hanya itu, metode belajar yang diterapkannya pun mengusung konsep fun learning dan juga interaktif.

Cetta memiliki banyak English Program yang bisa kamu ikuti. Spesial untuk kamu yang sudah baca artikel ini hingga akahir, kamu bisa pakai kode promo BACACETTASUPDATES dan dapatkan diskon 10% untuk pembelian kelas di Cetta Online Class!

Yuk, langsung aja daftar sekarang sekarang juga!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu