Hallyu, Budaya Korea Selatan yang Mendunia

Hallyu, Invasi Budaya Korea Selatan

CETTADominasi budaya Korea Selatan atau Hallyu tentu udah kita sadari beberapa waktu ke belakang ini.

Eh, tapi, apa sih, Hallyu itu?

Kenapa budaya dari Korea Selatan bisa jadi terkenal banget?

Pada kesempatan ini, Cinthya Margareta atau Cinthya Ssaem bakal jelasin ke kamu tentang fenomena tersebut, nih.

Yuk, kita pelajarin!

BACA JUGA: Musik Trot: Dangdut Versi Korea Selatan

Apa itu Hallyu?

Hallyu adalah persebaran budaya Korea Selatan ke Asia, Amerika Serikat, Eropa, hingga seluruh dunia,” jelas Cinthya Ssaem.

Ditambahkan oleh beliau, ternyata ‘Hallyu’ sendiri memiliki arti “gelombang Korea Selatan” dalam bahasa Mandarin.

Loh, kenapa jadi negara China?

Menurut Cinthya Ssaem, istilah ‘Hallyu’ sendiri pertama kali diperkenalkan oleh seorang jurnalis China pada akhir tahun ‘90-an ketika drama dari Korea Selatan mulai terkenal di Negeri Tirai Bambu.

Hal tersebut menyebabkan penyebutan Hallyu akhirnya terus digunakan untuk mendefinisikan persebaran budaya Korea Selatan ke seluruh dunia hingga saat ini.

Kenapa Budaya Korea Selatan Bisa Seterkenal Ini?

Melansir pada artikel yang diunggah CNN, budaya Korea Selatan mampu melejit karena tingginya kualitas dari setiap sektor industri hiburan yang ada.

Selain itu, harga yang ditawarkan juga lebih murah dari industri budaya kompetitornya, misalnya yang berasal dari negara-negara Barat, sehingga lebih terjangkau untuk konsumen.

Cinthya Ssaem sendiri juga setuju dengan tingginya kualitas hiburan Korea Selatan, misalnya pada aspek produksi K-Drama-nya.

“(K-Drama) kelihatan bahwa produksinya disusun semenarik mungkin, contohnya dari pemilihan karakter yang sesuai, jalan ceritanya yang bagus, dan lain-lain, yang mungkin nggak kita dapatkan di sinetron-sinetron Indonesia,” tuturnya.

Tak mau kalah, musik-musik K-Pop juga menghadirkan lagu-lagu bernada renyah dengan berbagai genre.

Nggak heran, grup-grup musik seperti BLACKPINK, BTS, atau EXO bisa terkenal banget di dunia.

Tapi, kamu tahu nggak, sih, selain dari aktor-aktor industri hiburannya sendiri, ternyata Hallyu juga merupakan sebuah strategi politik?

“Pemerintah Korea Selatan sendiri sangat gencar mempromosikan budayanya karena mereka melihat potensinya yang sangat besar untuk mampu disenangi oleh orang-orang di seluruh dunia.” Kata Cinthya Ssaem.

Usaha ekonomi dari pemerintahan Negeri Ginseng tersebut pun nggak sia-sia.

Tercatat dari martinroll.com, Hallyu mampu memberikan pemasukan ekonomi kepada negara Korea Selatan sebesar $12,3 miliar.

Banyak banget!

Oleh karena itu, budaya-budaya Korea Selatan terus meningkatkan kualitasnya untuk mampu mengjangkau masyarakat global.

BACA JUGA: Budaya Korea Selatan Menurut Tutor Cetta

Hallyu vs Budaya Negara Barat

Budaya dari negara-negara Barat, terutama Amerika Serikat, udah jadi konsumsi hiburan kita sedari dulu, sebelum akhirnya Hallyu datang untuk bersaing.

Nah, bisa nggak, ya, Hallyu mengalahkan dominasi budaya dari Amerika Serikat?

Menurut Cinthya Ssaem, bisa banget, loh!

Tapi, ditambahkan olehnya, ada satu hal yang perlu diingat, yaitu perbedaan bahasa.

Bahasa Korea Selatan menggunakan huruf hangeul, sedangkan masyarakat dunia, termasuk kita, menggunakan huruf alfabet dalam bahasanya masing-masing.

“Misalnya, kita nonton sebuah film dari Amerika Serikat.

Meskipun bisa jadi kita nggak terlalu paham dengan bahasanya, kita bisa tetap baca tulisan yang ada di film tersebut, karena sama dengan bahasa Indonesia, bahasa Inggris menggunakan huruf alfabet.

Beda kalau kita nonton film Korea Selatan, yang kita nggak ngerti bahasa dan hurufnya, sehingga cukup sulit buat kita pahami,” terang Cinthya Ssaem.

Jadi, untuk mampu mendominasi dunia dalam segi budaya, para pelaku hiburan Korea Selatan harus mampu merobohkan language barrier yang ada, nih.

Kursus Bahasa Korea, Cetta Online Class

Eh, buat kamu yang ingin langsung mengkonsumsi produk-produk Hallyu, bisa banget, loh, sambil belajar bahasa Korea dan huruf hangeul di Korean Program dari Cetta Online Class!

Khusus kamu yang sudah baca artikel ini, kamu bisa pakai kode promo BACACETTASUPDATES dan dapatkan diskon 10% untuk pembelian kelas di Cetta Online Class!

Yuk, langsung daftar sekarang!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya