7 Keuntungan Belajar Bahasa Asing Menurut Science

Belajar bahasa asing memiliki banyak manfaat untuk kehidupan.
belajar bahasa asing

CETTA – Kamu yang ingin belajar bahasa asing tapi bingung di mana, jangan ragu memilih Cetta sebagai online course kekinian dan terpercaya.

Melalui metode yang menyenangkan dan mudah dipahami, kamu akan dapat keuntungan nyata yaitu jadi bilingual, keutamaan lainnya, penguasan bahasa dapat jadi nutrisi bagi otak sebagaimana diungkap secara ilmiah.

Berikut beberapa keuntungan belajar bahasa asing menurut science yang dapat kamu kepoin?

Cetta, Online Course Kekinian untuk Tingkatkan Skill Bahasa Asing

Menstimulasi otak

Sama seperti otot, otak menjadi lebih kuat dan besar saat dilatih. Dengan belajar bahasa asing, banyak studi menunjukkan perkembangan baru terjadi di otak terutama dalam membantu pertumbuhan bagian paling krusial yaitu materi abu-abu.

Lebih fasih ‘bahasa ibu’

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Neurology pernah meneliti soal dampak mempelajari bahasa kedua. Hasilnya membuktikan bahwa belajar bahasa asing bisa meningkatkan keterampilan membaca, tata bahasa, dan kosa kata saat menggunakan ‘bahasa ibu’ alias bahasa yang dipakai sehari-hari.

Ini terjadi karena ketika mempelajari bahasa asing dua sisi otak akan digunakan untuk mengenali, menegosiasikan makna, dan berkomunikasi dalam sistem bahasa yang berbeda.Bukan hanya menggunakan sisi kiri otak seperti saat berbicara ‘bahasa ibu’.

Belajar jadi lebih cepat dan meningkatkan memori

Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Neurology, mempelajari bahasa asing berfungsi sebagai latihan pemecahan masalah sehingga meningkatkan kemampuan untuk mempelajari hal lain lebih cepat.

Belajar bahasa juga menciptakan banyak jalur saraf baru di otak yang memungkinkan otak menyerap lebih banyak informasi sekaligus menyimpannya sehingga meningkatkan retensi memori.

Budaya Jepang di Mata Cetta, dan Pengaruhnya untuk Subkultur Indonesia

Mencegah demensia

Dengan kemampuan meningkatkan memori, belajar bahasa asing juga terbukti mampu mencegah demensia dan penyakit Alzheimer.
Secara konsisten, sejumlah studi menujukkan belajar bahasa asing dapat menunda demensia dan penyakit Alzheimer hingga 4,5-5 tahun.
Serta mencegah perkembangannya, bahkan lebih baik dibanding orang dewasa yang melakukan pencegahan dengan memperbaiki kesehatan.

Meningkatkan keterampilan matematika

Studi lain menunjukkan, siswa yang mempelajari bahasa asing setidaknya satu semester dan menghabiskan sekitar 90 menit sepekan untuk mempelajarinya, berprestasi lebih baik tidak hanya dalam hal bahasa tetapi juga meningkat keterampilan matematikanya.

Peneliti memprediksi bahwa belajar bahasa asing membantu mengembangkan pemikiran struktural dan logis.

Meningkatkan fokus

Studi besar yang dihelat peneliti dari Cambridge, kemudian ditindaklanjuti oleh peneliti lain dan hasilnya diterbitkan dalam jurnal PNAS, sama-sama menyarankan mempelajari bahasa asing dapat membantu otak untuk mempertahankan fokus dan memblokir gangguan, sebagai hasil dari pergantian antarbahasa secara teratur.

Saran tersebut bermula dari studi peneliti Cambridge yang menemukan rentang perhatian rata-rata manusia telah berkurang dari dua belas menjadi delapan detik tiap harinya, dan bisa lebih rendah lagi.
Menariknya, peneliti menemukan peningkatan fokus sudah bisa terjadi hanya dengan mempelajari pengetahuan dasar bahasa asing, tanpa harus fasih berbahasa lain.

Keuntungan belajar bahasa asing di Cetta Online Class

Cetta bukan hanya menelurkan ribuan lulusan dengan nilai memuaskan, tapi juga menawarkan ekosistem pembelajaran yang baik. Selain memiliki kelas berkualitas yang interaktif dan tutor kompeten berusia muda, Cetta menggunakan metode fun learning dengan materi kekinian yang mudah dipahami.

Jadi tunggu apa lagi, yuk, buruan gabung di Cetta Online Class!

Khusus kamu yang sudah baca artikel ini, kamu bisa pakai kode promo BACACETTASUPDATES dan dapatkan diskon 10% untuk pembelian kelas di Cetta Online Class!

Yuk, langsung daftar sekarang!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu