Cari Tahu Soal Idol Group dari Jepang, Yuk!

Cari Tahu Soal Idol Group dari Jepang, Yuk!

CETTABelajar bahasa Jepang bisa melalui berbagai medium, salah satunya adalah idol group yang juga bisa menjadi sarana hiburan untukmu.

Apa itu idol group dan bagaimana caranya kita bisa belajar melalui mereka?

Pada kesempatan kali ini, Azzah-sensei selaku tutor dari Cetta Japanese bakal berbagi pengalamannya terkait hal tersebut untuk kamu, nih!

Yuk, kita simak bareng-bareng!

Apa Itu Idol Group?

Idol group adalah sebuah konsep hiburan yang hadir di budaya pop Jepang.

Menurut The Daily Beast, idol group identik dengan perempuan-perempuan remaja berpenampilan menarik yang dapat menyanyi, menari, dan berakting untuk para penggemarnya.

Meski begitu, nggak menutup kemungkinan bahwa suatu anggota idol group berjenis kelamin laki-laki.

Contohnya adalah boyband Johnnys, yang menurut artikel dari Japan Times, adalah kelompok pertama yang menggunakan konsep sebagai sebuah idol group di Jepang dan ditemukan pada tahun 1962.

Setelahnya, perkembangan idol group di Jepang terus bertumbuh pesat.

Akhirnya, periode tahun 1980-an disebut sebagai ‘Golden Age of Idols’ karena adanya ledakan ekonomi di Jepang dan perhatian masyarakat yang mulai tertuju ke mereka.

Konsep idol group sendiri akhirnya menjadi contoh bagi industri serupa dari negara lain, misalnya K-Pop.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh kelompok idola tersebut bermacam-macam, loh.

Sebagai sebuah grup, mereka memiliki kegiatan yang dilakukan berkelompok, seperti konser dan menyiapkan musik-musik baru.

Namun, para anggotanya juga memiliki solo project, seperti main film, mengikuti drama musikal, ikut serta di variety show, dan masih banyak lagi!

Menurut Azzah-sensei, idol group itu sangat menarik untuk diikuti karena kita nggak akan bosan dengan variasi konten yang mereka berikan.

“Sangat berfaedah sekali mengidolakan idol Jepang itu, ahahahaha,” sambung Azzah-sensei.

BACA JUGA: Festival Budaya Jepang yang Menarik Dikunjungi

Ngidol Sambil Belajar Bahasa Jepang

Mengidolakan idol group sambil belajar bahasa Jepang itu hal yang udah dilakukan banyak orang, salah satunya Azzah-sensei!

Pada tahun 2018, Azzah-sensei datang ke Jepang untuk mempelajari bahasanya.

Namun, berbeda dengan teman-temannya, ketika itu Azzah-sensei nggak memiliki ketertarikan mendalam terhadap budaya pop Jepang.

“Jadinya, aku belajar bahasa cuman buat ujian doang, dan aku jadi nggak bisa (lancar) ngomong bahasa Jepang dan nggak pede; kalau ditanya jawabnya simpel-simpel aja,” kata Azzah-sensei.

Namun, Azzah-sensei merasa bahwa dirinya nggak bisa seperti ini terus, ia harus berkembang.

Sejak itu, ia memutuskan untuk menonton drama-drama televisi dan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Jepang, hingga akhirnya beliau menemukan idol group King & Prince.

“Ketika di tahun 2018 atau 2019 gitu, source soal King & Prince tuh masih sedikit banget, terlebih mereka nggak punya akun media sosial yang official gitu.

Jadi, dulu aku cuman nontonin video-video mereka yang diupload sama fans, dan meskipun tadinya aku nggak terlalu paham, tapi entah kenapa aku suka banget!” Tambah Azzah-sensei.

Selain itu, Azzah-sensei juga suka membaca fan fiction yang ada di Instagram.

Ketika membaca, kadang ia menemukan kanji-kanji dan kosakata yang nggak ia pahami, jadi ketika sedang membaca fan fiction, Azzah-sensei biasanya menyiapkan kamus juga.

Tanpa disadari, hal ini membuat kemampuan berbahasa Jepang Azzah-sensei berkembang, dan trik ini terus ia gunakan sampai sekarang.

BACA JUGA: Belajar Angka dalam Bahasa Jepang, Yuk!

Rekomendasi Lagu-lagu Idol Group dari Azzah-sensei

Nah, buat kamu yang ingin mengikuti cara Azzah-sensei belajar bahasa Jepang, beliau kasih 3 rekomendasi lagu untuk kamu!

  1. Arashi – ‘Happiness’

Lagu ini, menurut Azzah-sensei, pas banget buat kamu yang baru mau belajar bahasa Jepang!

“Musiknya simpel tapi bikin semangat, dan lirik serta kanji yang dipakai pun simpel.”

  1. SnowMan – ‘Orange Kiss’

“Sesuai judulnya, ini lagu cinta-cinta, jadi pas banget buat kamu yang lagi kasmaran sambil belajar bahasa Jepang!” Kata Azzah-sensei.

Tingkat kesulitan lagu ini sendiri, satu tingkat di atas ‘Happiness’-nya Arashi.

  1. King & Prince – ‘Ichiban’

Nah, lagu bergenre R&B ini sendiri menurut Azzah-sensei emang cukup sulit untuk didengarkan.

“Kosakata yang digunakan sebenernya bahasa Jepang, tapi diucapkan seperti bahasa Inggris, jadi harus membaca liriknya baik-baik agar bisa didengarkan dengan benar,” tambahnya.

Itu dia tips dan trik dari Azzah-sensei untuk belajar bahasa Jepang bareng idol group!

Kursus Bahasa Jepang, Cetta Online Class

Buat kamu yang masih penasaran dengan kelompok idola ataupun bahasa Jepang, bisa banget, loh, langsung tanyakan ke Azzah-sensei dan tutor Cetta Japanese lainnya.

Tentunya dengan cara gabung di Japanese Program oleh Cetta Online Class!

Khusus kamu yang sudah baca artikel ini, kamu bisa pakai kode promo BACACETTASUPDATES dan dapatkan diskon 10% untuk pembelian kelas di Cetta Online Class!

Yuk, langsung daftar sekarang!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu