6 Manfaat Seru Belajar Bahasa Jepang – Cetta Indonesia

Sahabat Cetta, sebelum mengulas 5 manfaat seru belajar Bahasa Jepang, perlu diingat bangsa yang pernah menduduki Indonesia selama 3,5 tahun mulai...

Sahabat Cetta, sebelum mengulas 5 manfaat seru belajar Bahasa Jepang, perlu diingat bangsa yang pernah menduduki Indonesia selama 3,5 tahun mulai 1942 – 17 Agustus 1945 memberikan beberapa dampak bagi negara kita.

Mengutip Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dampak positif pendudukan Jepang adalah penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar melalui sekolah-sekolah.

Meski saat itu Jepang melakukan indoktrinasi konsep kemakmuran Asia Raya.

Bagi bangsa Nipon, kader-kader yang dibentuk melalui pendidikan memelopori dan melaksanakan konsepsi kemakmuran Asia Raya.

Namun, 76 tahun telah berlalu, gak sedikit bahkan sampai hari ini, anak muda Indonesia tertarik untuk mempelajari bahkan menyelami budaya Jepang, salah satunya melalui Bahasa.

Berbeda dengan bahasa lain, bahasa Jepang memiliki ciri khas pada hurufnya.

Aksara bahasa Jepang berasal dari tulisan bahasa Mandarin(漢字; kanji) yang diperkenalkan pada abad ke-4 M.

Dulunya masyarakat Jepang belum punya sistem penulisan sendiri, terus akhirnya tulisan bahasa Jepang berkembang dan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu aksara kanji, katakana, dan hiragana.

Bahasa Jepang yang kita kenal sekarang ini ditulis dengan menggunakan kombinasi ketiga aksara tersebut.

Menarik banget kan? terus, gak hanya itu berikut ini 6 keuntungan dan manfaat mempelajari bahasa Jepang.

Mengejar mimpi kuliah di Jepang

Kepala Departemen Cetta Japanese nyeritain pengalamannya nih, menurut dia punya skill bahasa Jepang, bukan hal yang bisa diremehkan! Wah kok bisa?

“Bagi temen-temen yang emang ngejar kuliah di Jepang, butuh persiapan minimal dari SMA.

“SMA ke kuliah emang cepet, tapi, ya emang bisa, karena dibanding seseorang ini belajar di jurusan Sastra Jepang, itu kan 4 tahun.

“Tapi kalau di lembaga, contohnya di Cetta ini, itu dalam 1 ½ tahun sebenernya udah bisa menyamai kemampuan yang dimiliki anak lulusan Sastra Jepang.” ujarnya.

Memperluas jaringan pertemanan

Yaps, betul sekali, negara seperti Cina dan Korea Selatan, jadi populasi terbanyak yang mempelajari bahasa Jepang.

Jadi, di dunia yang tidak berbatas jarak dan waktu ini, tidak menutup kemungkinan kamu akan ketemu dan berinteraksi dengan teman baru dari berbagai negara yang sama-sama tertarik belajar bahasa Jepang.

Kebayang kan asiknya chit chat with strangers pake bahasa Jepang, terus tiba-tiba seru dan nyambung obrolannya.

Jepang dan Indonesia memiliki hubungan Internasional yang Baik

Terlepas dari sejarah pendudukan 76 tahun yang lalu, hubungan Jepang dan Indonesia saat ini telah menguntungkan kedua pihak.

Gak sedikit perusahaan Jepang berada di Indonesia yang mempekerjakan pribumi.

Ini merupakan salah satu dampak adanya Indonesia Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) perjanjian kerja sama bilateral pada sektor ekonomi antara Indonesia dan Jepang.

Peluang bagus nih, untuk kamu yang ingin melesatkan karier di perusahaan Jepang.

Dan salah satu media penting buat menuju ke sana, kamu bisa mulai dengan mempelajari bahasa Jepang.


Memiliki soft skill yang menguntungkan

Selain kamu dapat bekerja di perusahaan Jepang dengan upah yang bisa dikatakan di atas rata-rata.

Kamu juga memiliki banyak peluang ketika menguasai bahasa Jepang.

Gak cuma kerja kantoran, kamu juga bisa nyoba aktivitas yang kalau diseriusin dapat menghasilkan cuan.

Misalnya, kamu bisa menjadi tourguide, penerjemah, penulis dan editor bahasa Jepang.


Menguasai bahasa tersulit di dunia

Buat kamu yang lagi proses belajar bahasa Jepang, udah tahu kan, bahasa Jepang punya 3 huruf, yaitu, Hiragana, Katakana, dan Kanji.

Butuh proses dan perjuangan yang tidak mudah untuk mengenal dan mempelajari ketiga huruf tersebut.

Namun, jika rajin dan bersabar, kamu akan berhasil melalui waktu yang melelahkan dan otomatis kamu menguasai salah satu bahasa tersulit di dunia.
Kwerens nget kan!

Mudah Mengenal Budaya Jepang

Bahasa tidak bisa dipisahkan dari budaya. Sebab kunci mudah mengenal budaya Jepang adalah dengan menguasai bahasanya.

Kamu bisa mulai belajar dari yang sederhana sampai kompleks, nonton anime atau membaca manga misalnya.

Seiring waktu, kamu akan terbiasa dan dapat level up untuk membaca literatur Bahasa Jepang serta memahami sejarah bangsa Jepang.

Yak, itu dia beberapa manfaat dari mempelajari Bahasa Jepang!

Masih banyak loh keuntungan lainnya yang bisa didapet selain poin-poin di atas, mau tahu? yuk bergabung bersama Cetta Japanese.

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu