5 Alasan Kenapa Bahasa Korea Mudah Dipelajari

Belajar bahasa Korea itu mudah asalkan kamu tahu tips dan triknya.
belajar bahasa Korea mudah

Cetta Online Class
Belajar Kategori tidak ditemukan Tanpa Ribet
Plus Dapet Diskon 10%

CETTA – Data Survey yang telah dilakukan oleh WatchData tahun 2021 menyatakan bahasa di Kawasan Asia seperti Mandarin dan Jepang termasuk ke dalam bahasa tersulit untuk dipelajari, namun ini tidak berlaku untuk bahasa Korea.

“Bahasa Korea itu dibandingkan bahasa asia timur lainnya kayak Jepang dan Cina itu mudah karena dia (bahasa Korea) ga banyak aksaranya, plus juga ga banyak bunyi jadi bunyinya satu dan bentuk hurufnya kayak huruf alphabet yang sama kayak di bahasa kita (bahasa Indonesia)”, ungkap Astari Puspita Sari, Tutor Cetta Korean.

Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea untuk Pemula

Apa yang membuat bahasa Korea mudah untuk dipelajari?

Pertama, huruf Hangeul itu tidak memiliki banyak goresan menulis.

“Memang satu huruf ya satu goresan, ga ribet kayak huruf kanji atau hanja.” ujar pengajar yang akrab disapa Tari.

Kedua, bunyi pelafalan huruf hanya satu menjadikan bahasa Korea mudah dihafalkan.

Ketiga, Platform social media yang mengajarkan bahasa Korea secara gratis sudah banyak ditemukan.

“Di Youtube juga udah banyak banget video-video yang menjelaskan tentang partikel-partikel di bahasa Korea,” tambahnya.

Keempat, persebaran lagu-lagu Korea atau kpop dan akses lirik membuat bahasa Korea mudah dipelajari terutama untuk kpopers (sebutan fans kpop).

Terakhir, Korean drama atau biasa disebut k-drama sudah banyak disebar luaskan di Indonesia, kita bisa mengakses di platform streaming seperti Netflix, VIKI, dan lainnya.

“Pencinta drakor (drama korea) secara tidak langsung dia sebenarnya belajar bahasa Korea dari ekspresi-ekspresi di dalam drakor, misalkan mau ngucapin ‘terima kasih’ bisa bilang ‘kamsahamida’ dan ‘gomawoyo’, terus kalo nyapa ‘annyeong haseyo’.” papar Tari Ssaem.

Apa keunikan bahasa Korea dari bahasa lain?

Keunikan bahasa korea yang pertama terletak di bentuk tunggal ataupun jamak.

Berbeda dengan bahasa inggris, sebuah kata bisa berubah tergantung bentuk jamak atau tunggalnya.

Setiap kata dalam bahasa Korea dapat berubah ke bentuk jamak untuk mengindikasikan jumlahnya lebih dari satu. Faktor itu yang membuat bahasa Korea menjadi mudah.

Kedua, struktur kalimat bahasa Korea berbeda dengan bahasa Indonesia

Menurut Tari, struktur bahasa korea Indonesia: subjek, predikat kemudian objek sedangkan bahasa korea predikatnya selalu diakhir.

“Menurutku itu adalah salah satu keunikan dari bahasa Korea.” tambahnya.

Tingkat kesopanan juga menjadi highlight uniknya bahasa Korea. Adanya tingkat kesopanan membuat bahasa Korea menjadi lebih bervariasi.

“Misalkan mau bilang terima kasih ke orang yang lebih tua pakai kamsahamida, yang lebih tua bisa gomapta atau gomawoya.” ujar Tari Ssaem.

Keunikan yang paling menarik sebenarnya adalah Korea Utara dan Korea Selatan mempunyai dua bahasa yang berbeda.

“Uniknya mereka sama-sama negara Korea tapi dari segi bahasa mereka berbeda, jadi banyak kosakata antara bahasa Korea Selatan sama Utara berbeda.” tutup Tari.

Keuntungan belajar bahasa asing di Cetta Online Class

Cetta bukan hanya menelurkan ribuan lulusan dengan nilai memuaskan, tapi juga menawarkan ekosistem pembelajaran yang baik. Selain memiliki kelas berkualitas yang interaktif dan tutor kompeten berusia muda, Cetta menggunakan metode fun learning dengan materi kekinian yang mudah dipahami. Jadi tunggu apa lagi, yuk, buruan gabung di Cetta online class!

Khusus kamu yang sudah baca artikel ini, kamu bisa pakai kode promo BACACETTASUPDATES dan dapatkan diskon 10% untuk pembelian kelas di Cetta Online Class!

Yuk, langsung daftar sekarang!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu