3 Tips Memahami Teks Bahasa Inggris dengan Cepat Ala Cetta

Selain bikin pusing, membaca teks bahasa Inggris yang tidak sesuai dengan kemampuan kita juga membuat kita demotivasi, jadi kamu perlu tahu caranya memahami teks bahasa Inggris.
teks bahasa Inggris

CETTA 3 tips memahami teks bahasa Inggris dengan cepat ala Cetta dapat membantu pembelajaran kamu.

Bahasa Inggris memiliki beberapa teks seperti recount text, narrative text, spoof text, dan review text, semuanya membutuhkan persiapan untuk menaklukkan masing-masing.

Memahami beberapa jenis teks bahasa Inggris tentu saja membutuhkan usaha tersendiri.

Maka dari itu, salah satu Tutor Cetta English berikut ini akan menjelaskan tiga tips dalam memahami teks berbahasa Inggris.

Waktu yang tepat untuk membaca teks Inggris

Miss Aurel, salah satu Tutor Cetta English menjelaskan bahwa kita harus mempersiapkan vocabulary yang sesuai dengan bacaan kita.

Membaca teks bahasa Inggris, kata Miss Aurel, baiknya mempersiapkan dengan kemampuan kita.

“Kalau kita baru bisa level basic dan baca jurnal bahasa Inggris atau mungkin text book kuliah begitu, pastinya akan bikin kita pusing,” ujarnya.

Selain bikin pusing, membaca teks bahasa Inggris yang tidak sesuai dengan kemampuan kita juga membuat kita demotivasi.

“Yaudah kita bacanya yang ringan-ringan dulu saja seperti blog pribadi seseorang, atau artikel yang menceritakan pengalaman seseorang seperti recount text begitu, karena ketika bacanya sesuatu yang di luar kemampuan kita, biasanya kita jadi ter-demotivasi, malah jadi males-malesan baca teks Inggris,” terangnya.

Bahasa Inggris bahasa Internasional, Tutor Cetta English Ungkap Alasannya

Tidak perlu mengartikan semua kata

Menurut Miss Aurel, ketika membaca teks berbahasa Inggris, tidak perlu untuk mengartikan semua katanya. Kenapa bisa begitu?

“Kalau kita baca supaya ingin memahami konteks dari suatu teks, misalnya artikel, biasakan jangan terpaku untuk menerjemahkan semua katanya, karena tujuan kita adalah memahami teks tersebut secara kontekstual,” ujarnya

Situasi akan berbeda jika kita ingin belajar bahasa Inggris melalui membaca teks, maka sebaiknya kita pelajarin semua kata nya.

“Jadi kalau tujuan kita membaca itu untuk belajar, ya kita artikan ya semua katanya, dan ditambah lagi dengan menggunakan kata tersebut untuk jadi kalimat baru, jadi kita bisa nambah vocabulary,” terangnya.

Cetta Student Ambassador Suarakan Pentingnya Belajar Bahasa Asing

Memecah kalimat panjang jadi beberapa bagian

Miss Aurel membagikan tips untuk memecah kalimat panjang menjadi beberapa bagian.

Tujuannya adalah memahami kalimat tersebut supaya dapat kita pahami sepenuhnya.

Original Sentence:
“I was eating noodle with my friends and my family last monday at a very famous restaurant in the city, to celebrate my birthday when you called me”

Kita dapat memecahnya menjadi beberapa kalimat pendek seperti berikut:

1. I was eating (aku lagi makan)

2. With my friends and my family last monday at a very famous restaurant in the city, to celebrate my birthday (bersama teman-teman dan keluargaku minggu lalu di restoran terkenal kota ini, untuk merayakan ulang tahun ku)

3. When you called me (ketika kamu menelepon ku)

Jangan lupa untuk level-up kemampuan bahasa Inggris kamu bersama Cetta Online Course.

Melalui metode pembelajaran yang fun dengan 5 level kelas yang akan membantu pembelajaran bahasa Inggris kamu sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Yuk, kepoin Cetta Online Course lebih lanjut yak.

Khusus kamu yang sudah baca artikel ini, kamu bisa pakai kode promo BACACETTASUPDATES dan dapatkan diskon 10% untuk pembelian kelas di Cetta Online Class!

Yuk, langsung daftar sekarang!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu