Cara Nulis “Cinta” dalam Bahasa Mandarin yang Romantis

Pernah kepikiran bikin surat cinta pakai bahasa Mandarin? Atau sekadar pengen nge-tweet kata-kata manis buat doi tapi beda dari yang lain? Cetta punya trik jitu cara nulis "cinta" dalam aksara Mandarin yang indah. Bukan cuma itu, Cetta juga bakal bagi kalimat-kalimat romantis yang dijamin bikin doi meleleh. Siap-siap bikin doi makin jatuh cinta!
Cara Nulis "Cinta" dalam Bahasa Mandarin yang Romantis

Cetta Online Class
Belajar Bahasa Mandarin Tanpa Ribet
Plus Dapet Diskon 10%

CETTAPernah kepikiran bikin surat cinta pakai bahasa Mandarin? Atau sekadar pengen nge-tweet kata-kata manis buat doi tapi beda dari yang lain? 

Cetta punya trik jitu cara nulis “cinta” dalam aksara Mandarin yang indah. 

Bukan cuma itu, Cetta juga bakal bagi kalimat-kalimat romantis yang dijamin bikin doi meleleh. 

Siap-siap bikin doi makin jatuh cinta!

Daripada penasaran yuk simak artikelnya sampe selesai.

 

Kosakata Cinta dalam Bahasa Mandarin

Kalau kamu mau ngucapin kata-kata romantis atau kata cinta dalam bahasa Mandarin buat pacar atau istri, pastinya kamu harus tau dulu kosakata cinta dalam bahasa Mandarin.

Ada apa aja sih kosakata cinta Mandarin? Berikut ini daftarnya:

爱情  ài qíng  Cinta 

男朋友  nán péng you 

Pacar (Laki-laki) 

女朋友  nǚ péng you 

Pacar (Perempuan) 

美丽  měi lì 

Cantik 

我爱你  Wǒ ài nǐ. 

Aku Cinta Kamu 

约会  yuē huì  Kencan 

嫁给我好吗?  Jià gěi wǒ hǎo ma? 

Maukah Kamu Menikah Denganku? 

订婚  ding hūn 

Bertunangan 

结婚  jié hūn  Nikah 
10  婚礼  hūn lǐ 

Pernikahan 

11 

结婚周年纪念日  jié hūn zhōu nián jì niàn rì  Ulang Tahun Pernikahan 

12 

先生  xiān sheng 

Suami 

13  太太  tàitai 

Istri 

14 

情侣  qíng lǚ  Pasangan 
15  情人节  qíng rén jié 

Hari Valentine 

16 

情人节礼物  qíng rén jié lǐwù  Hadiah Hari Valentine 
17  鲜花  xiān huā 

Bunga 

18 

巧克力  qiǎo kè lì  Coklat 
19  蠋光晚餐  zhú guāng wǎn cān 

Makan Malam Romantis 

20 

浪漫  làng màn  Romantis 
21  幸福  xìngfú 

Kebahagiaan 

22 

爱人  Ài rén  Kekasih 
23  谈恋爱  tán liàn ài 

Jatuh Cinta 

24 

分手  fēn shǒu  Putus Cinta 
25  从心开始  cóng xīn kāi shǐ 

Membuka Lembaran Baru 

26 

爱恋  Ài liàn  Mencintai 
27  宝贝  bǎo bèi 

Panggilan Sayang 

28 

单恋  dān liàn  Cinta Satu Pihak / Bertepuk Sebelah Tangan 
29  接吻  jiē wěn 

Berciuman 

30 

拥抱  yǒng bào  Pelukan 
31  失恋  shīliàn 

Perasaan Putus Cinta 

32 

偷情  tōu qíng  Selingkuh 
33  暗恋  Àn liàn 

Mencintai Dalam Diam 

BACA JUGA:  Gratis! Ini 10 Rekomendasi Aplikasi untuk Belajar Bahasa Mandarin

 

Nah, kalau kamu udah tau apa aja kosakata cinta bahasa Mandarin, saatnya kamu ucapin kata-kata romantis buat pasanganmu.

 

Cara Mengungkapkan Cinta dalam Bahasa Mandarin

Selain kosakata, kamu juga harus tau gimana sih caranya ngungkapin cinta dalam bahasa Mandarin.

Ternyata ada lima cara yang bisa kamu lakukan buat ucapin ucapan cinta dalam bahasa Mandarin.

Gunakan Kode 520

Pertama kamu bisa menggunakan kode 520, kode ini populer banget loh bagi anak-anak muda Tiongkok.

Biasanya kode angka 520 digunakan sebagai pengganti dari kata wǒài nǐ.

Kok bisa dari kata itu jadi kode 520, ternyata angka 520 disebut dengan 5 (五 wǔ) 2 (二 èr) 0 (令 líng). 

Kalau kamu ucapin dengan cepat tanpa jeda, ketiga kata ini akan terdengar sangat mirip seperti wǒài nǐ.

Gunakan Kalimat 我很喜欢你 Wǒ Hěn Xǐhuān Nǐ

Selanjutnya kamu bisa langsung bilang cinta atau suka kepada seseorang dengan langsung mengungkapkan kalimat 我很喜欢你 (Wǒ Hěn Xǐhuān Nǐ) atau “aku sangat menyukaimu”.

Kalimat ini bisa jadi alternatif dari kata wǒài nǐ yang bisa kamu gunakan.

我想跟你在一起 Wǒ Xiǎng Gēn Nǐ Zài Yīqǐ

Kemudian kamu juga bisa bilang 我想跟你在一起 (Wǒ Xiǎng Gēn Nǐ Zài Yīqǐ) atau “aku ingin bersamamu”.

Kalimat ini emang agak beda dengan kalimat cinta lainnya, tapi maksudnya tetap sama. 

你偷走了我的心 Nǐ Tōu Zǒule Wǒ De Xīn

Kamu juga bisa gunakan kalimat 你偷走了我的心 (Nǐ Tōu Zǒule Wǒ De Xīn) atau “kamu mencuri hatiku” kalau mau ungkapin cinta.

Sedikit terdengar seperti gombal tapi kalimat ini manis banget buat diucapin kepada seseorang.

Kode 880

Sama seperti kode 520, kalau kamu mau nyatain cinta tapi nggak mau ngomong langsung, kamu bisa pakai kode angka 880.

BACA JUGA:  Proverb adalah Peribahasa, Ini Penjelasan Lengkapnya

Dalam bahasa Mandarin, 880 dilafalkan seperti 8 (bā) 8 (bā) 0 (líng), kata-kata ini terdengar sangat mirip seperti 抱抱你 (bāo bāo nǐ) yang artinya memeluk kamu.

 

Selain itu, kamu juga bisa lihat beberapa contoh kalimat cinta di bawah ini:

  1. 我 暗 恋 你 很 久 了。
    Wǒ àn liàn nǐ hěn jiǔ le.
    “Aku sudah naksir kamu sejak lama.”

  2. 我 们 注 定 要 在 一 起。
    Wǒ men zhù dìng yào zài yī qǐ.
    “Kita ditakdirkan untuk bersama.”

  3. 给 我 一 个 机 会 照 顾 你 吧。
    Gěi wǒ yī gè jī huì zhào gù nǐ ba.
    “Beri aku kesempatan untuk menjagamu.”

  4. 我 可 以 约 你 出 去 吗?
    Wǒ kě yǐ yuē nǐ chū qù ma?
    “Bolehkah aku mengajakmu keluar? “

  5. 我想跟你在一起。
    Wǒ xiǎng gēn nǐ zài yīqǐ.
    “Aku ingin bersama denganmu.”

  6. 你 就 是 对 的 那 个 人。
    Nǐ jiù shì duì de nà gè rén.
    “Kamu adalah orang yang tepat.”

  7. 你 就 是 我 这 辈 子 一 直 在 等 的 那 个 人。
    Nǐ jiù shì wǒ zhè bèi zi yī zhí zài děng de nà gè rén.
    “Kamu adalah orang yang kunanti-nantikan selama ini.”

  8. 你 想 见 见 我 父 母 吗 ?
    Nǐ xiǎng jiàn jiàn wǒ fù mǔ ma?
    “Apakah kamu mau bertemu dengan orang tuaku.”

  9. 你 愿 意 嫁 给 我 吗 ? / 你 愿 意 娶 我 吗 ?
    Nǐ yuàn yì jià gěi wǒ ma? / Nǐ yuàn yì qǔ wǒ ma?
    “Apakah kamu mau menikah denganku?”

  10. 我 们 结 婚 吧。
    Wǒ men jié hūn ba.
    “Mari kita menikah.”

 

Mau Jago Bahasa Mandarin? Kursus di Cetta Aja!

Biar kamu makin pede buat ungkapin cinta, kamu harus pandai ngomong bahasa Mandarin.

Nah, biar lancar ngomong Mandarin, kursus di Cetta Mandarin aja.

 

Cetta Mandarin merupakan tempat kursus bahasa Mandarin yang punya banyak kelebihan buat kamu yang mau belajar bahasa Mandarin.

Di Cetta, kamu bisa pilih kelas sesuai kemauan kamu, mulai dari kelas Regular, Private 1-on-1, dan Private Group.

Dan nggak cuma itu, tutor yang ada di Cetta juga berkualitas, profesional, berpengalaman, dan pernah atau menetap di mancanegara.

Dengan begitu kamu bukan cuma belajar tentang materi aja, tapi bisa juga belajar budaya dari negara Taiwan atau Tiongkok.

 

Cetta juga menerapkan proses belajar interaktif dan menyenangkan, jadi kamu gak bakal jenuh kalau lagi belajar bahasa Mandarin di Cetta.

Apalagi kamu bisa belajar kapan aja dan di mana aja, ditambah kamu bisa nanya kapan aja dan pasti bakal dijawab.

Menarik, bukan? Yuk daftar sekarang.

 

Demikianlah pembahasan tentang cara mengungkapkan kata cinta dalam bahasa Mandarin, semoga kamu nggak ditolak, ya.

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu