Maaf dalam Bahasa Mandarin & 3 Cara Mengungkapkan Permintaan Maafnya

Maaf dalam Bahasa Mandarin & 3 Cara Mengungkapkan Permintaan Maafnya

CETTA – Kamu sedang ingin meminta maaf? Tapi ngga mau menggunakan bahasa yang mainstream atau biasa aja? Nah bisa banget nih kamu coba meminta maaf dalam bahasa Mandarin.

Selain bisa kamu lakukan ke teman-teman kamu yang berasal dari China, meminta maaf dalam bahasa Mandarin juga bisa kamu jadikan alternatif saat kamu merasa sungkan jika harus meminta maaf dengan bahasa sehari-hari yang sering digunakan.

Tapi apa arti maaf dalam bahasa Mandarin? Bagaimana cara mengatakan permintaan maafnya? Nah, pada artikel ini akan dibahas secara lengkap supaya kamu tidak kesulitan lagi pada saat kamu ingin meminta maaf menggunakan bahasa Mandarin. 

 

BACA JUGA:  6 Contoh Kartu Ucapan Selamat Hari Guru Dalam Bahasa Mandarin

 

Apa Arti Maaf dalam Bahasa Mandarin?

Dalam bahasa Mandarin, kata “maaf” dapat diterjemahkan menjadi “对不起” (duì bù qǐ). Kata ini digunakan untuk meminta maaf atau mengekspresikan penyesalan atas tindakan atau kata-kata yang mungkin telah menyebabkan ketidaknyamanan, kesalahan, atau kerugian kepada orang lain.

Ada beberapa hal yang umumnya membuat seseorang harus mengajukan permohonan maaf, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Ketika merasa melakukan kesalahan.
  • Saat malu terhadap sesuatu.
  • Ketika tidak bisa mengerjakan hal yang telah dipercayakan.
  • Saat bersimpati dengan orang lain.
  • Ketika sudah mengganggu seseorang.
  • Dan hal-hal lainnya yang bisa jadi membuat orang lain tidak nyaman.

3 Cara Mengatakan Permintaan Maaf Menggunakan Bahasa Mandarin + Contohnya

Setelah kamu mengetahui apa arti maaf dalam bahasa Mandarin. Mungkin kamu pun penasaran, sebenarnya bagaimana sih cara mengungkapkan permohonan maaf menggunakan bahasa Mandarin? Nah berikut ini beberapa cara yang bisa kamu tulis atau ucapkan saat ingin melakukannya.

1. Menggunakan Kata “对不起” (duì bù qǐ)

Sebagaimana sudah sempat disinggung sebelumnya, “对不起” (duì bù qǐ) adalah ungkapan yang umum digunakan untuk meminta maaf dalam bahasa Mandarin. Secara harfiah, “对” (duì) berarti “terhadap” atau “kepada,” dan “不起” (bù qǐ) berarti “tidak bisa” atau “tidak dapat”. Jadi, secara keseluruhan, ungkapan ini dapat diartikan sebagai “tidak dapat memenuhi harapanmu.”

Kata “对不起” (duì bù qǐ) digunakan untuk mengekspresikan penyesalan atas kesalahan atau tindakan yang mungkin telah menyebabkan ketidaknyamanan, kesalahan, atau kerugian kepada orang lain. Ini bisa digunakan dalam situasi yang beragam, baik dalam konteks pribadi maupun formal.

Misalnya, jika Anda melakukan kesalahan atau menyebabkan ketidaknyamanan kepada seseorang, Anda dapat menggunakan “对不起” (duì bù qǐ) untuk meminta maaf kepada mereka. Biasanya, ungkapan ini disertai dengan sikap yang rendah hati, sopan, dan rasa penyesalan yang tulus. Berikut contohnya:

  • 对不起,我迟到了。我发生了交通堵塞。

(duì bù qǐ, wǒ chídàole. wǒ fāshēngle jiāotōng dǔsè)

Maaf, saya terlambat. Saya mengalami kemacetan lalu lintas.

  • 对不起,我不小心打翻了你的杯子。

(duì bù qǐ, wǒ bù xiǎoxīn dǎfānle nǐ de bēizi)

Maaf, saya tanpa sengaja menjatuhkan gelasmu.

2. Untuk Situasi Lebih Formal, Gunakan Kata 抱歉 (bào qiàn) 

Kata lainnya yang bisa kamu gunakan untuk meminta maaf, khususnya dalam situasi formal adalah “抱歉” (bào qiàn). Secara harfiah, “抱” (bào) berarti “menggandeng” atau “memeluk,” sementara “歉” (qiàn) berarti “penyesalan” atau “menyesal.”

Kata “抱歉” (bào qiàn) mengekspresikan penyesalan dan permintaan maaf atas kesalahan, ketidaknyamanan, atau tindakan yang mungkin telah merugikan atau menyakiti orang lain. Kata ini sering digunakan dalam situasi formal atau profesional untuk menyatakan permintaan maaf dalam konteks yang lebih resmi.

Misalnya, jika Anda melakukan kesalahan atau mengakibatkan ketidaknyamanan kepada seseorang, Anda dapat menggunakan “抱歉” (bào qiàn) untuk meminta maaf secara sopan. Ungkapan ini mencerminkan rasa penyesalan yang tulus dan niat untuk mengambil tanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan. Seperti ini contoh penggunaannya:

  • 抱歉,我不能出席会议,因为紧急情况

(bào qiàn, wǒ bù néng chūxí huìyì, yīnwèi jǐnjí qíngkuàng)

Mohon maaf, saya tidak bisa hadir di pertemuan ini karena ada keadaan darurat.

  • 抱歉,我无意间踩到你的脚了

(bào qiàn, wǒ wúyì jiān cǎi dào nǐ de jiǎo le)

Mohon maaf, saya tanpa sengaja menginjak kaki Anda.

3. 不好意思” (bù hǎo yì si), Kata Maaf yang Paling Sering Digunakan

bù hǎo yì si merupakan ungkapan yang sering digunakan dalam bahasa Mandarin untuk menyampaikan permintaan maaf atau ekspresi penyesalan. Secara harfiah, “不” (bù) berarti “tidak” atau “bukan,” “好” (hǎo) berarti “baik” atau “bagus,” dan “意思” (yì si) berarti “maksud” atau “perasaan.”

Kata ini juga dapat digunakan untuk mengungkapkan rasa malu saat meminta maaf karena mengganggu atau menghalangi orang lain, atau ketika seseorang merasa terganggu atau tidak nyaman dengan suatu situasi. Selain itu, bisa digunakan untuk mengekspresikan rasa malu ketika seseorang ingin meminta tolong atau melakukan sesuatu yang memerlukan bantuan orang lain.

Perlu diingat bahwa “不好意思” (bù hǎo yì si) biasanya digunakan dalam konteks yang lebih santai atau akrab. Tak heran jika kata ini menjadi sering digunakan karena sering diucapkan dalam aktivitas sehari-hari. Berikut ini beberapa contoh penggunaannya:

  • 不好意思,我迟到了

(bù hǎo yì si, wǒ chídàole)

  • Maaf, saya terlambat.

不好意思,能帮我一个忙吗?

(bù hǎo yì si, néng bāng wǒ yí ge máng ma?)

Maaf, bisakah Anda membantu saya?

  • 不好意思,我打扰了你的休息时间

(bù hǎo yì si, wǒ dǎrǎo le nǐ de xiūxi shíjiān)

Maaf, saya mengganggu waktu istirahat Anda.

Itulah 3 cara mengungkapkan permohonan maaf dalam bahasa Mandarin. Pastikan kamu menggunakan kata yang tepat sesuai dengan situasi dan keadaan nya ya!

 

BACA JUGA:  Macam-Macam Hobi Dalam Bahasa Mandarin, Kamu Termasuk yang Mana?

 

Belajar Bahasa Mandarin, Cetta Online Class!

Tertarik mendalami bahasa Mandarin secara lebih mendalam? Cetta Online Class solusinya! Selain cara belajarnya yang asyik dan menyenangkan, kamu juga akan ketemu teman sefrekuensi yang sama-sama punya ketertarikan untuk bisa menguasai bahasa Mandarin ini.

Spesialnya lagi nih, buat kamu yang sudah membaca artikel ini hingga selesai. Kami akan berikan tambahan diskon sebesar 10% untuk setiap pembelian kelas di Cetta Online Class. Caranya pun gampang, kamu hanya perlu memasukkan kode BACACETTASUPDATES pada saat kamu checkout.

Gimana, sudah siap untuk belajar bahasa Mandarin sekarang juga?

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu