Cara Mudah Bilang Terima Kasih dan Sama Sama dalam Bahasa Korea

Sama Sama dalam Bahasa Korea

CETTA – Sama sama dalam bahasa Korea adalah ungkapan yang harus diberikan ketika ada orang yang mengatakan terima kasih. 

Bahasa Korea adalah salah satu bahasa yang kaya akan ekspresi rasa terima kasih dan rasa saling berterima kasih antara orang lain. 

Dalam budaya Korea, ungkapan terima kasih dan sama-sama memainkan peran penting dalam memperkuat hubungan sosial dan menunjukkan rasa hormat kepada sesama. 

Dalam artikel ini, akan membahas tentang berbagai cara untuk mengungkapkan terima kasih dan sama-sama dalam bahasa Korea.

 

BACA JUGA:  Wajib Tahu, Ini Pengertian Halo dalam Bahasa Korea

 

Terima Kasih dalam Bahasa Korea

Sebelum membahas tentang sama sama dalam Bahasa Korea, penting untuk mengetahui terlebih dahulu terima kasih dalam bahasa Korea.

Terima kasih atau  감사합니다 (Gamsahamnida), merupakan ungkapan yang di anggap sangat penting. 

Ketika seseorang memberikan bantuan atau melakukan sesuatu untuk orang lain, ungkapan terima kasih adalah cara yang sopan untuk menunjukkan penghargaan dan rasa hormat.

Selain itu, ketika seseorang mengucapkan terima kasih, itu menunjukkan bahwa mereka menghargai perbuatan baik yang telah diberikan.

Dalam bahasa Korea, ada berbagai cara untuk mengungkapkan terima kasih, tergantung pada tingkat keformalan situasi dan hubungan antara pembicara. 

Beberapa bentuk umum ungkapan terima kasih adalah:

  • 감사합니다 (Gamsahamnida): Ini adalah ungkapan terima kasih yang umum di gunakan dalam situasi formal dan sopan.
  • 고맙습니다 (Gomapseumnida): Bentuk ini juga di gunakan untuk mengungkapkan terima kasih dalam situasi formal.
  • 고마워요 (Gomawoyo): Ungkapan terima kasih dalam situasi yang lebih santai dan akrab, seperti antara teman-teman atau keluarga.
  • 고마워 (Gomawo): Bentuk yang lebih kasual, sering di gunakan di antara teman-teman dekat.

 

 

Ungkapan Terimakasih Khusus dalam Bahasa Korea

Selanjutnya dalam bahasa Korea, ada ungkapan terima kasih yang lebih khusus untuk situasi tertentu:

  • 식사 하겠습니다 (Siksa hagesseumnida): Ini adalah ungkapan terima kasih khusus yang digunakan sebelum makan bersama. Artinya, “Aku akan makan.” Orang lain kemudian akan merespons dengan “잘 먹겠습니다 (Jal meokgesseumnida),” yang berarti “Selamat makan.”
  • 조심히 가세요 (Josimhi gaseyo): Ungkapan ini berarti “Hati-hati dalam perjalanan” dan digunakan ketika mengucapkan selamat tinggal kepada seseorang yang akan pergi.

 

BACA JUGA:  Apa Arti Yadong dalam Bahasa Korea? Yuk Cari Tahu!

 

Sama Sama dalam Bahasa Korea

Setelah kamu mengetahui terima kasih dalam bahasa Korea, berikutnya kamu juga harus tahu tentang sama sama dalam bahasa Korea.

Sama-sama dalam bahasa Korea adalah 천만에요 (cheonmaneyo), kata ini adalah ungkapan Korea untuk “sama-sama” atau “terima kasih kembali.” 

Saat seseorang mengucapkan terima kasih kepada kamu, kamu dapat merespons dengan “천만에요 (cheonmaneyo)” untuk menunjukkan bahwa kamu senang bisa membantu atau memberikan sesuatu dengan senang hati.

 

Waktu yang Tepat Mengatakan Sama Sama dalam Bahasa Korea

Berikut adalah Contoh situasi di mana kamu bisa menggunakan ungkapan “sama-sama” (천만에요):

1. Memberikan Bantuan

Ketika seseorang meminta bantuan, seperti membawa barang berat, membantu mengangkat sesuatu, atau memberikan informasi yang mereka butuhkan, dan setelah kamu melakukan bantuan tersebut, mereka akan mengucapkan terima kasih. 

Kamu bisa merespons dengan “천만에요 (cheonmaneyo)” untuk menunjukkan bahwa kamu dengan senang hati membantu mereka.

2. Memberikan Hadiah atau Barang

Jika kamu memberikan hadiah atau barang kepada seseorang, misalnya pada hari ulang tahun, perayaan khusus, atau sebagai tanda perhatian, orang tersebut akan mengucapkan terima kasih. 

Kamu dapat merespons dengan “천만에요 (cheonmaneyo)” sebagai tanggapan atas ucapan terima kasih mereka.

3. Memberikan Informasi atau Saran

Kemudian jika seseorang meminta informasi atau saran dari kamu, dan kamumemberikan waktu dan pengetahuanmu untuk membantu mereka, mereka akan mengucapkan terima kasih. 

Lalu kamu bisa menggunakan “천만에요 (cheonmaneyo)” sebagai cara sopan untuk merespons ungkapan terima kasih mereka.

4. Menyediakan Pelayanan

Jika kamu bekerja dalam industri pelayanan, seperti di restoran, toko, atau hotel, dan seseorang mengucapkan terima kasih setelah kamu memberikan pelayanan, kamu bisa merespons dengan “천만에요 (cheonmaneyo)” sebagai respon yang ramah.

5. Situasi Sehari-hari

Dalam interaksi sehari-hari dengan teman-teman, keluarga, atau rekan kerja, ketika ada sesuatu yang kamu lakukan untuk mereka dan mereka mengucapkan terima kasih.

Kamu dapat merespons dengan “천만에요 (cheonmaneyo)” sebagai tanda sikap yang baik dan sopan.

Demikianlah pembahasan tentang terimakasih dan sama sama dalam bahasa Korea, semoga menambah pengetahuanmu.

 

BACA JUGA:  Rindu dalam Bahasa Korea dan Cara Mengungkapkannya

 

Mau Jago Bahasa Korea? Yuk Gabung Cetta Sekarang!

Bagi kamu yang mau mahir bahasa Korea dan lancar berbicara dengan bahasa Korea, langsung saja bergabung dengan Cetta Online Class.

Di Cetta, ada program khusus bahasa Korea yang disebut dengan Classes Korean Programs, yakni kursus bahasa Korea online yang interaktif dan dibimbing dengan tutor profesional serta berpengalaman.

Kalau kamu bergabung sekarang, akan ada diskon 10% dengan menggunakan kode BACACETTASUPDATE.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk gabung bersama Cetta sekarang juga!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu