Makna Permisi dalam Bahasa Korea dan Waktu untuk Menggunakannya

Permisi dalam Bahasa Korea

CETTA – Permisi dalam bahasa Korea merupakan salah satu bentuk etika dan kesopanan yang sangat penting di Korea.

Di Korea Selatan, negara yang kaya akan budaya dan adat istiadat, berbicara dengan sopan sangat ditekankan. 

Salah satu cara yang paling umum untuk menyapa orang secara sopan adalah dengan menggunakan kata “permisi” dalam Bahasa Korea. 

Dalam Bahasa Korea, ungkapan permisi dapat diwujudkan dengan berbagai cara tergantung pada konteks dan siapa yang diajak bicara. 

Artikel ini akan memberikan penjelasan tentang permisi dalam bahasa Korea. Simak sampai selesai, ya.

 

BACA JUGA:  Arti Ahjussi dalam Bahasa Korea dan Contoh Penggunaanya

 

Makna Permisi dalam Bahasa Korea

Permisi dalam bahasa Korea dikenal dengan ungkapan “실례합니다” (sillyehamnida). 

Ungkapan ini sangat umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk menyatakan permintaan maaf atau permisi ketika ingin mengganggu atau meminta izin untuk melakukan sesuatu. 

Di Korea, etika sosial dan sopan santun merupakan aspek penting dalam berkomunikasi, dan menggunakan ungkapan permisi adalah cara untuk menunjukkan penghargaan terhadap orang lain.

Kata “실례합니다” (sillyehamnida) terdiri dari dua suku kata, yaitu “실례” (silrye) dan “합니다” (hamnida). 

Suara “합니다” (hamnida) berfungsi sebagai bentuk kesopanan dari kata kerja “하다” (hada), yang berarti “melakukan” atau “mengambil tindakan”. 

Sementara itu, “실례” (silrye) secara harfiah dapat diterjemahkan sebagai “kesalahan” atau “pelanggaran”. 

Jadi, secara keseluruhan, ungkapan “실례합니다” (sillyehamnida) bisa diartikan sebagai “saya melakukan kesalahan” atau “saya mengambil langkah”.

 

BACA JUGA:  Cincin dalam Bahasa Jepang, Filosofi Makna Mendalam dan Jenisnya

 

Situasi yang Tepat untuk Menggunakan Permisi dalam Bahasa Korea

Setelah kamu mengetahui arti dari permisi, berikutnya ada beberapa situasi yang tepat untuk menggunakan kata tersebut.

Ketika menggunakan ungkapan “실례합니다” (sillyehamnida), seseorang bisa berarti bahwa dia ingin meminta izin atau mengundur diri dari situasi atau tempat. 

Misalnya, saat seseorang ingin masuk ke ruangan atau melewati orang lain di kereta bawah tanah, dia akan mengucapkan “실례합니다” (sillyehamnida) sebagai tanda penghormatan dan kesopanan sebelum melangkah lebih jauh. 

Hal ini juga berlaku dalam situasi formal dan profesional, di mana ungkapan ini digunakan untuk memulai atau mengakhiri percakapan dengan sopan.

Terdapat beberapa contoh penggunaan ungkapan “실례합니다” (sillyehamnida) dalam kehidupan sehari-hari. 

Pertama, ketika seseorang ingin masuk ke toko atau restoran, dia akan mengucapkan “실례합니다” (sillyehamnida) kepada karyawan atau pemilik toko sebagai tanda penghormatan sebelum masuk. 

Kedua, saat berbicara dengan atasan atau orang yang lebih senior dalam konteks bisnis, ungkapan ini digunakan sebagai penghormatan sebelum mengajukan pertanyaan atau mengajukan permintaan. 

Ketiga, dalam situasi formal seperti rapat atau presentasi. Ungkapan “실례합니다” (sillyehamnida) dapat digunakan untuk meminta izin untuk berbicara atau untuk memberikan penghargaan kepada orang lain.

 

BACA JUGA:  Cerita Dalam Bahasa Inggris, Ini Jenis dan Tips Menulisnya!

 

Ungkapan Lain yang Sejenis Permisi dalam Bahasa Korea

Selain “실례합니다” (sillyehamnida), terdapat beberapa ekspresi lain yang sering digunakan untuk menyatakan permisi atau meminta izin dalam bahasa Korea. Beberapa contohnya adalah:

  1. “죄송합니다” (joesonghamnida) – ungkapan maaf yang bisa juga digunakan untuk menyatakan permisi ketika ingin meninggalkan suatu situasi.
  2. “뱅기를 내려주세요” (baeng-gireul naeryeojuseyo) – harfiah berarti “tolong berhenti (menghentikan) pesawat,” digunakan untuk meminta izin untuk keluar dari pesawat atau kendaraan.
  3. “잠시만요” (jamsimanyo) – berarti “tunggu sebentar,” digunakan untuk meminta izin untuk meninggalkan sejenak suatu situasi.

Meskipun menggunakan ungkapan permisi sangat dihargai dalam budaya Korea, terdapat beberapa situasi di mana penggunaannya tidak diperlukan. 

Misalnya, ketika Anda berada di ruang terbuka yang ramai, seperti pasar atau jalanan yang penuh sesak, orang Korea cenderung lebih santai dalam menggunakan ungkapan permisi. 

Namun, di lingkungan formal atau di antara orang yang lebih senior, penggunaan “실례합니다” (sillyehamnida) atau ungkapan permisi lainnya tetap diharapkan sebagai tanda penghargaan terhadap etika sosial yang tinggi.

Itulah penjelasan tentang permisi dalam bahasa Korea, semoga menambah pengetahuanmu, ya.

 

BACA JUGA:  10 Cara Perkenalan Diri dalam Bahasa Korea Formal dan Informal

 

Mau Jago Bahasa Korea? Yuk Belajar di Cetta

Nah, bagi kamu yang mau mahir bahasa Korea dan lancar berbicara dengan bahasa Korea, langsung saja bergabung dengan Cetta Online Class.

Di Cetta, ada program khusus bahasa Korea yang disebut dengan Classes Korean Programs, yakni kursus bahasa Korea online yang interaktif dan dibimbing dengan tutor profesional serta berpengalaman.

Kalau kamu bergabung sekarang, akan ada diskon 10% dengan menggunakan kode BACACETTASUPDATE.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk gabung bersama Cetta sekarang juga!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu