7 Cara Mudah Belajar Bahasa Korea ala Tutor Cetta

7 Cara Mudah Belajar Bahasa Korea

Cetta Online Class
Belajar Bahasa Korea Tanpa Ribet
Plus Dapet Diskon 10%

CETTA Pengaruh hallyu atau korean wave sepertinya meningkatkan ketertarikan banyak orang untuk belajar bahasa Korea. Bahasa Korea menjadi salah satu bahasa yang semakin digemari berbagai kalangan.

Penyebaran budaya Korea ke berbagai belahan dunia membuat bahasa Korea semakin banyak dipelajari. Belajar bahasa Korea cukup penting karena dapat mempermudah pemahaman terhadap budaya Korea seperti kuliner, musik, drama serta budaya lainnya.

Menurut Shafira Esti Ssaem, Korean Tutor Cetta, belajar bahasa Korea juga sangat penting terutama bagi yang ingin menimba ilmu atau bekerja diperusahaan korea. Kemampuan berbahasa Korea yang baik akan sangat membantu khususnya dalam hal komunikasi.

Belajar bahasa Korea sepertinya cukup sulit karena tidak menggunakan huruf latin. Bagi pemula, kamu harus mulai dari mengenali huruf hangul, belajar percakapan sehari-hari, hingga memahami kosakata yang lebih sulit.

Namun, jangan khawatir karena ada cara mudah belajar bahasa Korea yang bisa membantu kamu belajar dengan efektif.

Cara Mudah Belajar Bahasa Korea

Sama seperti belajar bahasa lain, belajar bahasa Korea harus dengan menyenangi bahasa tersebut agar proses belajar bisa lebih mudah. Berikut, tips atau cara mudah belajar bahasa Korea menurut Shafira Ssaem:    

1. Pelajari Hangeul 

Belajar bahasa Korea berawal dari mengenal Hangeul (huruf bahasa Korea). Pelajari Hangeul dengan menulis nama orang serta kosakata dasar bahasa Korea lainnya yang bisa kamu pahami.  

BACA JUGA:  5 Permainan Tradisional dari Korea Selatan

2. Hafal beberapa kosakata

Cobalah untuk menghafal kosakata bahasa korea minimal 5 kosakata/hari dan pastikan juga kamu mengulangi hafalan kosakata lama agar tidak lupa. 

3. Terapkan bahasa Korea dalam kehidupan sehari-hari

Ketika melihat benda di sekeliling, cobalah mengartikannya ke dalam bahasa Korea dan kamu juga bisa menempelkan catatan kecil pada benda tersebut untuk membantu mengingat kosakatanya. 

4. Pelajari kata serapan Konglish

Kata serapan Konglish (Korea-English) merupakan kata baru yang terbentuk dari penggabungan kata berbahasa Inggris dan bahasa Korea dengan pengucapan seperti bahasa Korea pada umumnya. Contohnya 피자 ‘pi-ja’ (pizza), 셀카 ‘sel-ka’ (selfie), 콜라 ‘kol-la’ (coke) dan sebagainya.

5. Pelajari frasa sederhana

Cobalah belajar frasa sederhana yang sering digunakan sehari-hari seperti 안녕하세요 ‘annyeonghaseyo’ (halo), 감사합니다 ‘gamsahabnida’(terima kasih), 네 ‘ne’ (ya), 아니요 ‘aniyo’ (tidak) dan frasa sederhana lainnya. Kamu bisa menuliskan serta mempraktikan, baik sendiri ataupun dengan lawan bicaramu. 

6. Tentukan teknik pembelajaran

Kenali teknik belajarmu dan tentukan teknik pembelajaran yang paling mudah kamu pahami seperti auditori, visual ataupun kinestetik. Dengan begitu proses pembelajaran bisa lebih efektif dan menyenangkan.

7. Gunakan situs pembelajaran terpercaya

Jika ingin mengasah kemampuan lebih dalam, kamu juga bisa menggunakan situs pembelajaran yang terpercaya seperti Duolingo. Situs seperti ini memiliki fitur yang dapat memudahkan kamu belajar bahasa Korea. 

Ketika memutuskan untuk belajar bahasa Korea, kamu harus mencoba meluangkan sedikit waktu setiap harinya untuk belajar. Belajar dengan rutin lebih efektif karena membantu otak mengingat hal-hal baru menjadi sebuah rutinitas.

Selain itu, kamu juga bisa belajar bahasa Korea dengan melakukan hobi/kebiasaanmu seperti menonton drama atau mendengarkan musik berbahasa Korea. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah meningkatkan kemampuan bahasa Korea melalui sesuatu yang menyenangkan.

BACA JUGA:  Apa Arti Yadong dalam Bahasa Korea? Yuk Cari Tahu!

Baca juga: Tahapan Belajar Bahasa Mandarin dari Nol, Wajib Ikuti!

Pengalaman Tutor Cetta dalam Belajar Bahasa Korea

Pengalaman Shafira Ssaem dalam belajar bahasa korea dari menghafal 5 kosakata setiap harinya. Setelah itu mengajak teman untuk mengoreksi hafalan tersebut. Jika sudah benar lanjut membuat kalimat dari setiap kosakata yang sudah dipelajari. Selain itu, Shafira Ssaem juga belajar lewat situs pembelajaran duolinggo agar semakin optimal. Dari pengalaman tutor Cetta tersebut, kamu juga bisa mencoba melakukan hal yang sama. Dan yang paling penting, kamu harus senang saat belajar bahasa Korea agar bisa melakukannya secara rutin dan terus menerus.

Belajar bahasa Korea bisa dengan berbagai cara. Tips paling efektif belajar bahasa Korea menurut Shafira Ssaem adalah dengan teknik pembelajaran kinestetik yaitu belajar secara praktik. Kamu bisa melakukan percakapan dengan temanmu setelah mencoba menghafal berbagai kosakata. Tujuannya agar lebih meresapi kosakata yang sudah kamu hafalkan.  

Belajar Bahasa Korea dengan  Mudah? Cetta Online Class Aja!

Jika kamu kesulitan belajar Hangeul jangan pusing sendiri karena Cetta menyediakan kursus bahasa Korea yang dapat membantu kamu belajar dari nol sehingga kemampuan bahasa Koreamu bisa meningkat dan kamu bisa lebih percaya diri.

Khusus kamu yang sudah baca artikel ini, kamu bisa pakai kode promo BACACETTASUPDATES dan dapatkan diskon 10% untuk pembelian kelas di Cetta Online Class!

Yuk, langsung daftar sekarang!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu