Contoh Kalimat dalam Bahasa Jerman dan Artinya

Ingin belajar bahasa Jerman? Langkah awal yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memahami kalimat-kalimat dasar. Jangan khawatir, Cetta punya kumpulan contoh kalimat bahasa Jerman yang simpel dengan artinya. Belajar jadi lebih mudah dan menyenangkan, apalagi buat kamu yang masih pemula. Ayo, kita mulai!
Belajar Contoh bahasa Jerman dengan Kalimat Sederhana

Kamu lagi belajar bahasa Jerman? Jika iya, penting sekali untuk memahami beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jerman dan artinya untuk memudahkan kamu saat proses pembelajaran.

Memang benar, ada banyak sekali jenis kalimat. Dari mulai kalimat sederhana sehari-hari hingga konstruksi yang lebih kompleks. Namun untuk pemula, kamu cukup mengetahui kalimat populer yang biasanya sering dikatakan atau diucapkan.

 

BACA JUGA:  Contoh Kosakata dan Percakapan Belajar Bahasa Jerman Sehari Hari

 

Contoh Kalimat dalam Bahasa Jerman dan Artinya

Berikut ini beberapa contoh kalimat dalam Bahasa Jerman dan artinya yaitu :

Kalimat Sapaan dan Perkenalan

  • “Hallo, wie geht es dir?”

Artinya: Kalimat Jerman ini diterjemahkan sebagai “Halo, apa kabar?” dalam bahasa Indonesia.

Kalimat ini digunakan untuk menyapa dan bertanya tentang kabar seseorang dalam konteks informal. Ini adalah cara umum dan ramah untuk memulai percakapan dan menunjukkan minat terhadap kondisi dan perasaan orang yang kamu ajak bicara.

  • “Ich heiße Anna. Und du?”

Artinya: Kalimat Jerman ini berarti “Nama saya Anna. Kamu siapa?” dalam bahasa Indonesia.

Kalimat ini digunakan untuk memperkenalkan diri dan bertanya tentang nama lawan bicara.

Kalimat Umum dalam Kehidupan Sehari-hari

  • “Was machst du heute?”

Artinya: Kalimat Jerman ini diterjemahkan sebagai “Apa yang kamu lakukan hari ini?” dalam bahasa Indonesia.

Kalimat ini digunakan untuk bertanya kepada seseorang tentang rencana dan kegiatan yang akan mereka lakukan pada hari tersebut. Ini adalah cara umum untuk berbicara tentang kegiatan sehari-hari dan menunjukkan minat terhadap aktivitas lawan bicara.

  • “Ich gehe zur Arbeit und dann zum Fitnessstudio.”

Artinya: Kalimat Jerman ini diterjemahkan sebagai “Saya pergi bekerja dan kemudian pergi ke gym.” dalam bahasa Indonesia.

Kalimat ini menggambarkan dua kegiatan sehari-hari, yaitu pergi bekerja dan kemudian pergi ke gym. Ini adalah contoh sederhana tentang bagaimana kamu bisa merinci kegiatan rutin yang akan kamu lakukan dalam suatu hari.

 

Kalimat Berbelanja dan Restoran

  • “Ich möchte gerne dieses T-Shirt kaufen.”

Artinya: Kalimat Jerman ini diterjemahkan sebagai “Saya ingin membeli kaos ini.” dalam bahasa Indonesia.

Kalimat ini digunakan ketika kamu berada di toko dan ingin membeli suatu barang, dalam kasus ini, sebuah kaos. Ini adalah cara sopan dan jelas untuk menyatakan niat beli kepada penjual.

  • “Ich hätte gern eine Pizza Margherita, bitte.”

Artinya: Kalimat Jerman ini diterjemahkan sebagai “Saya ingin pesan pizza Margherita, tolong.” dalam bahasa Indonesia.

Kalimat ini digunakan ketika kamu sedang memesan makanan di restoran, dalam hal ini, pizza Margherita. “Ich hätte gern” mengindikasikan keinginan kamu untuk memesan, dan “bitte” menunjukkan kesopanan dalam permintaan kamu.

Kalimat Transportasi dan Navigasi

  • “Wie komme ich zum Hauptbahnhof?”

Artinya: Kalimat Jerman ini diterjemahkan sebagai “Bagaimana saya bisa ke stasiun utama?” dalam bahasa Indonesia.

Kalimat ini digunakan untuk bertanya kepada seseorang tentang cara menuju stasiun utama (Hauptbahnhof). Ini adalah cara umum untuk mencari petunjuk arah atau navigasi di tempat yang baru kamu kunjungi.

  • “Der Bus fährt um 10 Uhr ab.”

Artinya: Kalimat Jerman ini diterjemahkan sebagai “Bus berangkat pada pukul 10.” dalam bahasa Indonesia.

Kalimat ini memberikan informasi tentang waktu keberangkatan bus, yaitu pukul 10. Ini adalah cara untuk menyampaikan informasi tentang jadwal transportasi kepada seseorang.

 

Kalimat di Hotel

  • “Ich habe eine Reservierung auf den Namen Müller.”

Artinya: Kalimat Jerman ini diterjemahkan sebagai “Saya punya reservasi atas nama Müller.” dalam bahasa Indonesia.

Kalimat ini digunakan untuk mengonfirmasi bahwa kamu memiliki reservasi di hotel dengan nama “Müller”. Ini adalah cara untuk memberi tahu staf hotel tentang nama di bawah reservasi kamu dan memastikan bahwa semuanya sudah siap untuk kedatangan kamu.

  • “Können Sie mir mehr Handtücher bringen, bitte?”

Artinya: Kalimat Jerman ini diterjemahkan sebagai “Bisakah kamu membawa lebih banyak handuk, tolong?” dalam bahasa Indonesia.

Kalimat ini digunakan untuk meminta staf hotel membawa lebih banyak handuk ke kamar kamu. “Können Sie” berarti “Bisakah kamu”, “mir mehr Handtücher bringen” berarti “membawa lebih banyak handuk untuk saya”, dan “bitte” menunjukkan permohonan dengan sopan. Ini adalah cara umum untuk meminta tambahan fasilitas di hotel.

Dalam berbagai situasi komunikasi sehari-hari, kalimat-kalimat dalam bahasa Jerman memiliki peranan penting dalam memfasilitasi interaksi dan komunikasi antara individu. Dari salam sederhana hingga pertanyaan tentang rencana harian.

Pemahaman terhadap arti dan konteks penggunaan kalimat-kalimat ini akan sangat membantu dalam menjalani interaksi sehari-hari di lingkungan berbahasa Jerman. Dengan menguasai ekspresi-ekspresi ini, kita dapat berpartisipasi secara lebih aktif dan percaya diri dalam berbagai situasi.

Oleh karena itu, memahami contoh kalimat dalam Bahasa Jerman dan artinya merupakan langkah penting dalam belajar bahasa Jerman dan memperkaya keterampilan komunikasi kita.

 

BACA JUGA:  Panduan Mudah Belajar Bahasa Jerman Cepat Mahir

 

Cetta Online Class, Tempat Ternyaman Untuk Kamu belajar Bahasa Jerman!

Gimana, tertarik untuk belajar bahasa Jerman secara lebih mendalam? Jika iya, maka Cetta Online Class adalah pilihan tepat kursus yang bisa kamu ambil. Tahu alasannya kenapa?

Selain karena Cetta memiliki tutor yang sudah berpengalaman. Cetta Online Class juga memiliki kurikulum pembelajaran yang mumpuni dengan sistem belajar yang pastinya asyik banget. Jadi belajar kamu pun dijamin nggak bakal boring.

Kabar baiknya lagi, Cetta akan memberi kamu diskon tambahan 10% karena sudah membaca artikel ini sampai selesai. Caranya gampang, kamu hanya perlu memasukkan kode BACACETTASUPDATES ketika kamu akan checkout kelas bahasa Jerman di Cetta Online Class. 

Gimana, sudah siap untuk belajar sekarang?

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu