Begini Cara Baca Jam dan Menit dalam Bahasa Jepang

Jam, Menit, Detik dalam Bahasa Jepang

CETTAJam dan menit adalah salah satu dasar pembelajaran ketika belajar bahasa asing. Meski sebagai salah satu pembelajaran dasar, mengerti waktu merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh salah ditulis atau diucapkan! Kali ini Cetta akan kasih tahu jam dan menit dalam bahasa Jepang untuk kamu! Yuk, simak yang berikut ini:

 

BACA JUGA:  Tips Belajar Bahasa Jepang Pemula ala Cetta

 

Waktu dalam Bahasa Jepang

Salah satu tutor bahasa Jepang di Cetta, Eka-sensei, mengatakan bahwa bahasa Jepang waktu ditulis 時 [ji]. Ada sedikit perbedaan ketika menyebutkan waktu dalam bahasa Jepang. Saat menyebutkan waktu, biasanya disebutkan jam (pukul) terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan menitnya.

Agak berbeda dengan bahasa Indonesia bukan? Karena biasanya kita bisa menyebutkan waktu dengan menyebutkan jam xx kurang yy menit. Misalnya seperti, jam 11 kurang 10 menit. Akan tetapi, penyebutan waktu dalam bahasa Jepang hanya menggunakan jam xx lewat yy menit. Jadi tidak menggunakan penyebutan kurang yy menit.

 

Jam dan Menit

Bahasa Jepangnya untuk menyebutkan jam adalah xxじ [ji] dan yyふん/ぷん [fun/pun].

Contoh: 01.05 (Jam 1 lewat 5 menit), yaitu 1じ5ふん [ichi ji go fun]

Ada juga kosakata untuk menyebutkan “setengah jam” atau “lewat setengah jam” yaitu はん [han], diletakkan setelah じ [ji] nya.

Contoh. 02.30 (Jam 2 lewat setengah jam) maka 2じはん [ni ji han]

Kalau dalam bahasa Indonesia kita biasa menyebutkan jam 2 lewat setengah adalah “setengah 3” atau menyebutkan waktu selanjutnya atau dituju terlebih dahulu. Namun, berbeda dengan bahasa Jepang nih teman-teman! Bahasa Jepang tetap menyebutkan jam saat ini terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan berapa menit. Tentunya kalau lewat beberapa jam tidak bisa yah! Misalnya jam 1 lewat 2 jam. Selain aneh didengar, kayaknya gak ada yang menyebutkan jam seperti itu di Indonesia atau negara lainnya yah!

Sekarang teman-teman sudah tahu nih tentang jam dan menit dalam bahasa Jepang. Meski penyebutannya berbeda dari bahasa Indonesia, rupanya struktur penulisannya tetap sama kok! Bagaimana menurut kamu? Apakah sulit? Jika mau tahu lebih lanjut, ayo ikut belajar di Cetta Online Class aja!

 

Belajar Bahasa Jepang di Cetta Online Class

Mau belajar atau meningkatkan kemampuan bahasa Jepang tapi sulit mencari waktu dan aktivitas yang padat? Yuk gabung dengan Cetta!

Kursus bahasa Jepang di Cetta dapat dilakukan dimana saja karena online. Selain itu, Cetta memiliki tutor yang kompeten dan menyenangkan. Tidak lupa materi yang berkualitas dan seru.

Cetta memiliki banyak Japanese Program yang bisa kamu ikuti. Khusus kamu yang sudah baca artikel ini, kamu bisa pakai kode promo BACACETTASUPDATES dan dapatkan diskon 10% untuk pembelian kelas di Cetta Online Class! 

Yuk, langsung daftar sekarang!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu