Yuk Cari Tahu 8 Arah Mata Angin dalam Bahasa Jepang

Arah Mata Angin dalam Bahasa Jepang

CETTA – Mengetahui arah mata angin banyak sekali manfaatnya. Tak heran ketika kamu sedang mempelajari bahasa tertentu penting sekali untuk mengetahui hal yang satu ini.Nah bagi kamu yang sedang mempelajari bahasa Jepang, tentu saja wajib untuk mengetahui arah mata angin dalam bahasa Jepang. 

Total ada 8 arah mata angin yang akan dibahas dalam bahasa Jepang pada kesempatan kali ini. Agar semakin paham, di artikel ini juga akan kami sajikan beberapa contoh penggunaannya. Tak perlu berlama-lama lagi, yuk langsung simak saja bahasannya dibawah ini. 

 

BACA JUGA:  Apa Arti Otsukaresama dalam Bahasa Jepang? Yuk Cari Tahu!

 

8 Arah Mata Angin dalam Bahasa Jepang

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan nama-nama arah mata angin dalam bahasa Indonesia. Namun bagaimana jika itu semua harus diucapkan dalam bahasa Jepang? Berikut ini sudah kami buatkan rangkumannya spesial untuk kamu.

 

Arah Mata Angin Kanji Hiragana Romanji
Utara きた kita
Timur ひがし higashi
Selatan みなみ minami
Barat 西 にし nishi
Timur Laut 北東 ほくとう hokutou 
Tenggara 南東 とうほく tohoku
Barat Daya 南西 なんせい nansei
Barat Laut 北西 ほくせい hokusei

 

Contoh Penggunaan Arah Mata Angin dalam Bahasa Jepang

Agar kamu lebih terbayang terkait cara penggunaan arah mata angin ini dalam percakapan sehari-hari di dalam bahasa Jepang. Berikut sudah kami siapkan 5 contohnya dalam bentuk tabel seperti berikut.

 

No. Kalimat Kanji / Hiragana Romanji
1 Stasiun kereta terdekat berada di sebelah barat daya dari sini. 最寄りの駅はここから南西にあります。 Saikin no eki wa koko kara nansei ni arimasu.
2 Restoran itu berada di arah timur laut dari pusat perbelanjaan. そのレストランはショッピングセンターから北東にあります。 Sono resutoran wa shoppingu senta- kara hokutou ni arimasu.
3 Rumah saya menghadap ke arah selatan. 私の家は南を向いています。 Watashi no ie wa minami o muite imasu.
4 Saat berkendara di Jepang, kita harus memperhatikan arah mata angin untuk memastikan kita berada di jalur yang benar. 日本で運転する際は、正しい方向にいるか確認するために風向きを注意深く見る必要があります。 Nihon de unten suru sai wa, tadashii hōkō ni iru ka kakunin suru tame ni kazemuki o chūi-bukaku miru hitsuyō ga arimasu.
5 Ketika musim dingin tiba, angin kencang dari arah utara sering terjadi di daerah Hokkaido. 冬が来ると、北海道地方では北からの強い風がよく吹くことがあります。 Fuyu ga kuru to, Hokkaidō chihō de wa kita kara no tsuyoi kaze ga yoku fuku koto ga arimasu

 

Kata yang Mengandung Arah Mata Angin

Selain contoh kalimat yang sudah disajikan sebelumnya, mungkin kamu pun masih butuh beberapa contoh kata yang mengandung arah mata angin di dalam bahasa Jepang. Yuk cek selengkapnya!

 

No. Lokasi Kanji / Hiragana Romanji
1 Jakarta Utara ジャカルタ北部 Jakarta Hokubu
2 Kutub Utara 北極 Hokkyoku
3 Jawa Timur ジャワ東部 Jawa Toubu
4 Asia Timur 東アジア Higashi Ajia
5 Afrika Selatan 南アフリカ Minami Afurika
6 Kutub Selatan 南極 Nankyoku
7 Eropa Barat 西ヨーロッパ Nissi Yoroppa

 

Sedikit catatan bahwa nama-nama lokasi di luar negeri termasuk Jepang pun biasanya ditranskripsikan dari fonetik atau pelafalan nama aslinya. Oleh karena itu, meskipun beberapa kata dalam tabel ini memiliki beberapa karakter kanji yang terkait dengan makna geografis tertentu, penggunaannya tidak selalu mengikuti makna asli dari karakter tersebut.

 

BACA JUGA:  Penting! Yuk Hafalkan 16 Arah Mata Angin Dalam Bahasa Inggris

 

Belajar Bahasa Jepang? Di Cetta Online Class Aja

Bagi kamu yang ingin mempelajari bahasa Jepang secara lebih mendalam namun masih belum menemukan tempat yang tepat. Cetta Online adalah solusi terbaik yang bisa kamu pilih untuk mewujudkan mimpimu itu.

Di Cetta Online Class, pembelajarannya akan lebih banyak praktek sehingga kamu pun akan lebih mudah paham. Selain itu, tutor nya juga masih mudah dan berpengalaman sehingga cara belajarnya pasti interaktif.

Nah karena kamu sudah membaca artikel ini sampai selesai. Kamu bisa mendapatkan diskon sebesar 10% dengan memasukkan kode BACACETTASUPDATES pada saat checkout.

Yuk segera amankan diskon nya sekarang juga!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu