Angka Ribuan Dalam Bahasa Jepang, Gimana Cara Nulis dan Cara Bacanya?

Angka Ribuan Dalam Bahasa Jepang, Gimana Cara Nulis dan Cara Bacanya

Cetta Online Class
Belajar Bahasa Jepang Tanpa Ribet
Plus Dapet Diskon 10%

CETTA – Sebelumnya kita telah membahas tentang bahasa Jepang nya angka 1-100 dan juga angka ratusan dalam bahasa Jepang. Nah supaya lebih komplit lagi bahasan mengenai angka ini, pada kesempatan ini akan dibagikan bagaimana cara menulis dan membaca angka ribuan dalam bahasa Jepang.

Sebagaimana dijelaskan pada 2 artikel sebelumnya, bahwa cara membaca angka dalam bahasa Jepang itu selalu ada polanya. Apakah hal ini juga berlaku untuk angka ribuan atau justru sebaliknya? Nah supaya tidak semakin penasaran, yuk langsung saja simak ulasannya dibawah ini ya!

 

BACA JUGA:  Lengkap! Inilah Angka Dalam Bahasa Jepang Hiragana Dari 1-100

 

9 Angka Penting Untuk Memahami Angka Ribuan Dalam Bahasa Jepang

Ada 9 angka penting dan fundamental yang harus kamu pahami dan hafalkan jika ingin lancar menyusun angka ribuan dalam bahasa Jepang. Kesembilan angka ini adalah dari 1-9. Jika sebelumnya kamu sudah membaca artikel ini, mungkin akan sedikit lebih paham. Tapi jika kamu belum sempat membacanya, akan kami sampaikan lagi di artikel ini seperti dibawah ini:

Angka Kanji Hiragana Katakana Romazi
1 いち イチ Ichi
2 Ni
3 さん サン San
4 し / よん シ/ヨン Shi / Yon
5 Go
6 ろく ロク Roku
7 しち / なな シチ/ナナ Shichi / Nana
8 はち ハチ Hachi
9 きゅう キュウ Kyuu
10 じゅう ジュウ Juu

 

Cara Menulis dan Membaca Angka Ribuan

Angka ribuan dalam bahasa Jepang disebut dengan sen (千). Cara menulis angka ribuan dalam bahasa Jepang cukup mudha. Kamu hanya perlu menambahkan angka satuan di bagian depannya sebelum angka ribuan. Misalnya untuk angka 5.000 berarti 5 (Go) ditambah 1000 (Sen). Jadi bahasa Jepang angka 500 adalah Go-sen.

Namun untuk penyebutan angka 3.000 dan 8.000 ada sedikit penyesuaian untuk cara membacanya. Supaya lebih paham, coba simak cara menulis dan membacanya dibawah

Angka Kanji Hiragana Katakana Romanzi
1000 せん セン sen
2000 二 千 にせん セン ni-sen
3000 三千 さんぜん サンセン san-zen
4000 四千 よんせん シ/ヨンセン yon-sen
5000 五千 ごせん セン go-sen
6000 六千 ろくせん ロクセン roku-sen
7000 七千 ななせん シチ/ナナセン nana-sen
8000 八千 はっせん ハチセン has-sen
9000 九千 きゅうせん キュウセン kyuu-sen

 

Cara Membaca Angka Ribuan yang Memiliki Angka Ratusan, Puluhan, dan Satuan

Pada prinsipnya untuk membaca dan menulis angka ribuan yang memiliki angka ratusan, puluhan, dan satuan dalam bahasa Jepang sama dengan yang lainnya. Kamu hanya perlu menambahkan semua angka tersebut dan menggabungkannya menjadi satu. Namun sebelum itu kamu pun harus hafal dengan penyebutan dan penulisan angka puluhan dan ratusan seperti dibawah ini.

Angka Kanji Hiragana Katakana Romazi
10 じゅう ジュウ Juu
100 ひゃく ヒャク hyaku

Jika kamu sudah hafal dengan angka puluhan dan ratusan diatas, harusnya kamu pun mudah mengetahui  2716 dalam bahasa Jepang. Untuk mempermudah, maka kamu harus membagi angka tersebut seperti dibawah ini:

  • 2000 (Angka Ribuan) : Ni-sen
  • 700 (Angka ratusan) : Nana-hyaku
  • 10 (Angka puluhan) : Juu
  • 6 (Angka satuan) : Roku

Maka bahasa Jepangnya 2716 adalah Ni sen-nana hyaku-juu roku.

Yuk Latihan

Agar kamu semakin paham cara membaca ataupun menulisnya. Coba kerjakan beberapa soal dibawah ini:

  1. 1241 :
  2. 2500 :
  3. 2574 :
  4. 7568 :
  5. 8721 :

Sebelum kamu melihat jawabannya dibawah ini, cobalah untuk kerjain terlebih dahulu ya. Setelah itu untuk memvalidasi dan mengetahui jawaban kamu benar atau salah, silahkan cocokan dengan jawaban yang benar dibawah ini:

  • 1241 : sen – ni hyaku – yon juu – ichi
  • 2500 : nisen-gohyaku
  • 3574 : san zen – go hyaku – nana juu – yon
  • 7568 : nanasen-gohyaku-rokujuu-hachi
  • 8721 : hassen-nanahyaku-nijuu-ichi

BACA JUGA:  Mudah, Inilah Cara Membaca Angka Ratusan Dalam Bahasa Jepang

 

Cetta Online Class, Solusi Terbaik Untuk Belajar Bahasa Jepang Secara Online

Selain mempelajari angka dalam bahasa Jepang, ada banyak sekali hal yang harus kamu pelajari jika memang serius ingin menguasai bahasa negeri matahari ini. Kalau kamu belajar secara mandiri atau otodidak mungkin akan kesulitan karena materi yang dipelajari tidak akan terstruktur. Ditambah lagi tidak ada tutor yang mengarahkan jika pada saat belajar mengalami kesalahan.

Untuk itu, jika kamu ingin belajar Bahasa Jepang secara lebih menarik dan terstruktur, cobalah untuk ikut salah satu kelas yang disediakan oleh Cetta Online Class. Pembelajarannya dilakukan secara online jadi dimanapun saat ini kamu membaca artikel ini tetap bisa mengikutinya.

Spesialnya lagi, dikarenakan kamu sudah membaca artikel ini sampai dengan selesai. Maka ada potongan biaya sebesar 10% jika kamu memasukan kode diskon BACACETTASUPDATES pada setiap pembelian kelas yang ada di Cetta Online Class. Yuk langsung daftar sekarang juga!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu