Mudah, Inilah Cara Membaca Angka Ratusan Dalam Bahasa Jepang

Mudah, Inilah Cara Membaca Angka Ratusan Dalam Bahasa Jepang

CETTA – Mempelajari angka dalam bahasa Jepang memang tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi jumlah angka pun sangat banyak sekali jumlahnya, bahkan bisa dikatakan tak terhingga. Namun pada kesempatan ini akan dijelaskan tentang angka ratusan dalam bahasa Jepang.

Sebagaimana kamu tahu, pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan tentang angka 1-100 dalam bahasa Jepang Hiragana. Secara umum hal tersebut juga berlaku untuk bahasa Jepang. Nah agar pemahaman kamu semakin lengkap, pada artikel ini akan disajikan bagaimana cara membaca sekaligus menulis angka ratusan di dalam bahasa jepang.

Penasaran? Yuk simak artikel ini sampai tuntas ya!

 

BACA JUGA:  Belajar Angka dalam Bahasa Jepang, Yuk!

 

10 Angka Fundamental Untuk Memahami Angka Ratusan Dalam Bahasa Jepang

Ada 10 angka fundamental yang harus kamu pahami dan hafalkan jika ingin lancar menyusun angka ratusan dalam bahasa Jepang. Kesepuluh angka ini adalah dari 1-10. Jika sebelumnya kamu sudah membaca artikel ini, mungkin akan sedikit lebih paham. Tapi jika belum membacanya, akan kami sampaikan lagi di artikel ini seperti dibawah ini:

 

Angka Kanji Hiragana Romazi
1 いち Ichi
2 Ni
3 さん San
4 し / よん Shi / Yon
5 Go
6 ろく Roku
7 しち / なな Shichi / Nana
8 はち Hachi
9 きゅう Kyuu
10 じゅう Juu

Angka Ratusan dalam Bahasa Jepang

Jika kamu sudah hafal dengan 10 angka fundamental yang sudah diinformasikan sebelumnya, maka untuk mengetahui angka ratusan bahasa Jepang harusnya tak akan mengalami kesulitan yang berarti. Bahasa Jepang “ratusan” itu adalah hyaku (百), jadi untuk penyebutan angka dari 200-900 tinggal ditambahkan saja angka satuan di depannya.

Misalnya saja 500 menjadi Go-Hyaku (百), begitu juga seterusnya. Namun untuk penyebutan angka 300, 600, dan 800 ana sedikit penyesuaian sesuai tata kaidah bahasa Jepang yang berlaku. Untuk selengkapnya kamu bisa melihat tabel dibawah ini.

Angka Kanji Hiragana Romanzi
100 ひゃく hyaku
200 二 百 にひゃく ni-hyaku
300 三百 さんびゃく san-byaku

dibaca sam-byaku

400 四百 よんひゃく yon-hyaku
500 五 百 ごひゃく go-hyaku
600 六百 ろっぴゃく rop-pyaku
700 七百 ななひゃく nana-hyaku
800 八百 はっぴゃく hap-pyaku
900 九百 きゅうひゃく kyuu-hyaku

 

Cara Penulisan dan Penyebutan Angka Ratusan yang Memiliki Nilai Ratusan, Puluhan, dan Satuan

Sama dengan menulis dan menyebutkan angka yang hanya memiliki nilai ratusan saja. Cara penulisan dan penyebutan angka dalam bahasa Jepang yang memiliki nilai ratusan, puluhan, dan satuan juga pun cukup dengan menjumlahkan semua angka tersebut.

Misalnya saja kamu ingin mengetahui apa bahasa jepangnya angka 127. Maka mudahnya kamu cukup memecah angka tersebut menjadi angka ratusan, puluhan, dan juga satuan. Berarti jika angka 126 dipecah akan menjadi seperti ini:

  • 100 (Angka ratusan) : Hyaku
  • 20 (Angka puluhan) : Ni juu
  • 6 (Angka Satuan) : Roku 

Maka cara penyebutan angka 126 dalam bahasa jepang adalah Hyaku-ni juu-roku. Sementara itu untuk penulisannya bisa disesuaikan dengan bahasa Jepang yang kamu pilih. Apakah akan menggunakan kanji, hiragana, atau hatakana. Namun prinsipnya sama tinggal kamu gabungkan saja antara angka ratusan, puluhan, dan satuannya saja.

 

Latihan Soal Angka Ratusan di Dalam Bahasa Jepang

Nah agar kamu ;lebih paham, coba isi angka ratusan di bawah ini dalam bahasa Jepang. Pastikan kamu isi terlebih dahulu ya sebelum melihat jawabannya dibagian bawah.

  • 131:
  • 228:
  • 362:
  • 756:
  • 945:

Jawban:

  • 131: Hyaku-san juu-ichi
  • 228: Ni hyaku-ni juu-hacchi
  • 362: San hyaku-roku juu-ni
  • 756: Nana hyaku-go juu-roku
  • 945: kyuu hyaku-yon juu-go

BACA JUGA:  Tips Belajar Bahasa Jepang Pemula ala Cetta

 

Belajar Bahasa Jepang di Cetta Online Class

Walaupun belajar bahasa Jepang secara otodidak saat ini sangat memungkinkan, namun tetap saja kamu perlu validasi dari tutor yang lebih berpengalaman. Untuk itu jika kamu ingin belajar bahasa Jepang secara lebih mendalam dan ditemani oleh tutor, bisa banget untuk mengikuti kelas bahasa Jepang dari Cetta Online Class.

Ada tiga program yang biasa kamu pilih, mulai dari kelas reguler, private 1-on-1, ataupun private group. Kabar baiknya semua kelas tersebut akan mendapatkan potongan biaya diskon sebesar 10% jika kamu menggunakan kode diskon BACACETTASUPDTAES.

Yuk segera manfaatkan kode diskon tersebut sekarang juga karena kuotanya terbatas dan hanya diberikan kepada kamu yang sudah membaca artikel ini sampai dengan selesai.

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu