Gimana Sih Cara Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris yang Benar? Yuk Simak!

Cara Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris

CETTA Perkenalan diri adalah momen penting bagi orang lain dalam mengenal dan mengetahui diri kita ketika berbicara. Kita semua tahu bahwa saat ini penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional perlu dikuasai. Maka dari itu, penggunaan bahasa Inggris dalam memperkenalkan diri sendiri adalah hal yang penting.

Bagi kamu yang bingung bagaimana memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris, simak artikel ini sampai habis ya! Berikut adalah cara untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris yang wajib diketahui:

BACA JUGA:  5 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris ala Cetta!

 

Perkenalan Diri Sendiri (Self Introduction)

Dikutip dari Media Indonesia, ada beberapa cara yang harus diperhatikan dalam memperkenalkan diri, yaitu opening (pembukaan), content (isi) dan closing (penutup).

1. Opening (Pembukaan)

Secara umum, berisi sapaan dan menanyakan kabar terbaru dari lawan bicara, seperti:

  • Hello, everyone! How are you today?
  • Good morning/afternoon/evening, How are you?

2. Content (Isi)

Sebelum masuk ke isi, perlu disebutkan tujuan kamu untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu. Kamu bisa mengatakan kalimat berikut ini:

  • Let me introduce myself.
  • I would like to introduce myself.
  • In this opportunity, I would like to introduce myself.

Setelah itu, kamu bisa menyebutkan nama, kewarganegaraan, umur, alamat tinggal, pekerjaan dan hobi. Berikut adalah contoh kalimatnya:

My name is Fitria Azhar you can call me Fitria . I am Indonesian. I am 19 years old. I live at Mawar Street, No. 66, Surabaya. I am a student of Universitas Airlangga in major of economy. My hobby are reading and listening to music .

3. Closing (Penutup)

Biasanya penutup diakhiri dengan mengucapkan terima kasih, harapan, dan salam, seperti :

  • That’s about me… I hope… and have a great day. Thank you.
  • I think enough, thanks for your attention.

Penjelasan sebelumnya merupakan cara dalam memperkenalkan diri secara umum dan rinci. Namun, perkenalan diri juga harus disesuaikan dengan situasi, lawan bicara dan minatnya. Terkadang kita suka memperkenalkan diri berlebihan dan tidak menarik. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk berhati-hati ketika memperkenalkan diri, baik dalam situasi formal maupun informal. Bagaimana menurutmu?

 

BACA JUGA:  Belajar Bahasa Inggris Dasar dengan Seru ala Cetta

 

Kursus Bahasa Inggris, Cetta Online Class

Mau belajar atau meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris tapi sulit mencari waktu dan aktivitas yang padat? Yuk gabung dengan Cetta!

Kursus Bahasa Inggris di Cetta dapat dilakukan dimana saja karena online. Selain itu, Cetta memiliki tutor yang kompeten dan menyenangkan. Tidak lupa materi yang berkualitas dan seru.

Cetta memiliki banyak English Program yang bisa kamu ikuti. Khusus kamu yang sudah baca artikel ini, kamu bisa pakai kode promo BACACETTASUPDATES dan dapatkan diskon 10% untuk pembelian kelas di Cetta Online Class!

Yuk, langsung daftar sekarang!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu