Contoh Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris untuk Pemula hingga Pencari Kerja

Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

Cetta Online Class
Belajar Bahasa Inggris Tanpa Ribet
Plus Dapet Diskon 10%

Cetta – Kerap kali kamu merasa grogi saat harus berbicara dengan bahasa Inggris, meskipun hanya perkenalan diri? Bisa jadi, itu karena kamu kurang persiapan atau tidak tahu contoh memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris yang tepat?

Agar tidak grogi lag, saat memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris ada beberapa hal yang perlu kamu kuasai. Penasaran, apa saja kunci memperkenalkan diri dengan percaya diri dengan bahasa Inggris? Simak ulasan di bawah ini.

 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memperkenalkan Diri

Saat memperkenalkan diri ternyata bisa mempengaruhi first impression seseorang  Agar kamu memberi kesan baik ketika berkenalan, yuk simak beberapa hal berikut.

  • Dahului Dengan Salam (Greetings)

Saat ingin memulai perkenalan diri, maka jangan lupa untuk memberi salam terlebih dahulu. Dengan memberi salam terlebih dahulu hal tersebut menunjukkan adab yang baik sehingga kamu bisa mendapatkan kesan baik dari audiens. Kamu dapat mengucapkan hallo, good morning dan beberapa greetings lainnya sebagai pembuka.

  • Berikan Senyuman

Sambil mengucapkan salam, jangan lupa untuk memberikan sedikit senyuman untuk membuat suasana lebih tenang. Jika berada dalam situasi yang tenang, tentu kamu lebih nyaman dan rileks saat memulai perkenalan. 

  • Mulai Perkenalan Diri 

Saat kamu merasa sudah rileks dan lawan bicara fokus, maka segera mulai perkenalan diri. Saat memperkenalkan diri jangan lupa untuk menyampaikan poin-poin penting saja sesuai dengan situasi saat itu. Kamu bisa memperkenalkan diri dengan menyebutkan identitas dan hal penting sesuai kebutuhan.

  • Akhiri dengan Closing

Setelah selesai memperkenalkan diri, maka diakhir jangan lupa untuk memberikan sedikit penutup. Kamu bisa menutupnya dengan ucapan terimakasih. Kamu juga bisa menambahkan sepatah maupun 2 patah kata, agar lebih berkesan.

 

Contoh Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris di Berbagai Situasi

Sudah menguasai hal-hal yang perlu diperhatikan saat memperkenalkan diri, tetapi masih bingung cara praktiknya? Berikut beberapa contoh cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris yang bisa kamu pelajari.

  • Memperkenalkan Diri di Kelas

Saat aktivitas belajar bahasa Inggris berlangsung, biasanya guru menyuruh muridnya untuk memperkenalkan diri dihadapan teman-temannya. Jika kamu sedang berada di situasi tersebut, maka simak contoh berikut.

“Hello my friends, I would like to introduce myself. My name is Sara Saraswati. You can call me Sara. Now, I am 17 years old.  I live in Madiun. Thank you for your attention my friends and nice to meet you all”.

Hallo teman-teman. Saya ingin memperkenalkan diri saya. Nama saya Sara Saraswati. Kamu bisa memanggilku Sara. Saat ini usia saya 17 tahun. Saya tinggal di Madiun. Terimakasih atas perhatiannya teman-teman, senang bertemu kalian semua”

  • Perkenalan Diri saat Interview Kerja

Beberapa perusahaan mempersyaratkan calon pekerjanya menguasai bahasa Inggris. Tidak heran, saat recruitment berlangsung cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris ikut menjadi penilaian. Yuk cek contoh memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris di bawah.

Hello Sir/Mam, thanks for this opportunity. Let me introduce myself. My name is Azkia. I’m a recent Agroindustri Technology graduate from UTM University. My previous job as a freelance writer. Although it’s not same with my education, but I have a strong background in writing. I always try to improve my writing skill. I join some course, webinar and read book about writing”

“I’m a creative person. I like to think out of the box to find what is best for everyone. I think as a content writer in this company, My skills writing can make this company keep going better. That’s all for me, Thankyou”

“Hallo Bapak/Ibu, Terimakasih atas kesempatannya. izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Azkia. Dulunya, saya bekerja sebagai penulis lepas. Meskipun tidak sesuai dengan latar pendidikan saya, tetapi saya memiliki latar menulis yang kuat. Saya selalu berusaha meningkatkan kemampuan menulis. Saya mengikuti beberapa pelatihan, seminar dan membaca buku tentang penulisan”

“Saya merupakan orang yang kreatif, biasa berfikir hal yang tak terduga, tentunya bisa memberikan hasil terbaik. Saya berpikir dengan menjadi penulis konten di perusahaan ini, berbekal kemampuan menulis saya dapat berkontribusi dengan baik. Sekian dari saya, terima kasih”

  • Perkenalan diri Ketika Menjadi MC

Saat bertugas menjadi master of ceremony, perkenalan diri juga menjadi hal penting. Langsung saja simak contohnya, agar kamu tidak kebingungan lagi jika mendapat tugas sebagai MC.

“Good morning everyone, welcome to the “Pesta Rakyat 2023”. Thanks for being here. Let me introduce myself first before reading the agenda. My name is Rini, and I would be your mc today. I hope you can enjoy this event until wrap up”

“Selamat pagi semuanya, selamat datang di acara Pesta Rakyat 2023. Terimakasih sudah berkenan hadir diacara ini. Sebelumnya, izinkan saya untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu sebelum membacakan agenda. Nama saya Rini, saya bertugas menjadi MC hari ini. Saya berharap kalian semua bisa menikmati acara ini hingga selesai.

Tidak ada yang sulit jika kita mau mencoba dan mencari referensi yang tepat. Semoga dengan beberapa contoh memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris di atas, kamu tidak mengalami kesulitan lagi kedepannya saat mendapat perintah “How to introduce yourself”.

 

Belajar Bahasa Inggris, Cetta Online Class!

Kamu mau belajar bahasa Inggris tapi tak punya banyak waktu karena padatnya kesibukan. Tenang aja! Cetta Online Class hadir untuk kamu yang senang untuk belajar secara fleksibel dan bisa dilakukan dimana saja. Ya, disini kamu bisa belajar bahasa Inggris secara online tanpa kamu harus datang ke tempat kursus secara langsung.

Spesialnya lagi, kamu akan dapat potongan 10% karena sudah membaca artikel ini hingga selesai. Untuk mengklaim potongan ini kamu harus memasukan kode BACACETTASUPDATES pada halaman checkout kelas yang akan kamu pilih!

Yuk, belajar bahasa Inggris sekarang juga bareng Cetta Online Class! 

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu