Cerita Dalam Bahasa Inggris, Ini Jenis dan Tips Menulisnya!

Cari tahu bagaimana menulis cerita dalam bahasa Inggris yang menarik. Pelajari jenis cerita yang menarik dan tips menulisnya bersama Cetta.
Cara Menulis Cerita yang Menarik dalam bahasa Inggris

CETTAApakah kamu sedang mencari cara yang menyenangkan untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris kamu? Menulis cerita dalam bahasa Inggris bisa menjadi salah satu caranya.

Menurut KBBI, cerita merujuk pada narasi atau teks yang menjelaskan bagaimana terjadinya suatu hal, baik peristiwa, kejadian dan sebagaonya.

Ini adalah cara yang menyenangkan untuk mempelajari Bahasa Inggris sambil menikmati cerita yang menarik.

Baik kamu seorang pemula maupun seseorang yang telah menguasai bahasa Inggris, mempelajari kembali bahasa Inggris dengan membaca cerita yang menurutmu menarik bisa menjadi salah satu alternatif untuk belajar bahasa Inggris dengan cara yang tidak membosankan.

Buat kamu yang sering menggunakan cara ini, tidak ada salahnya juga untuk mencoba menulis cerita karya kamu sendiri, tentunya dengan tetap menggunakan bahasa Inggris untuk meningkatkan skill yang sudah kamu miliki.

Tapi, sebelum kamu mulai menulis cerita karya kamu sendiri, yuk cari tahu dulu jenis cerita dalam bahasa Inggris dan tips menulisnya dari Cetta!

BACA JUGA:  5 Tips Memperbanyak Kosakata Bahasa Inggris ala Cetta

 

Jenis-jenis Cerita dalam Bahasa Inggris

Ada beberapa jenis cerita dalam bahasa Inggris yang bisa kamu tulis. Tidak berbeda jauh dari jenis-jenis cerita dalam bahasa Indonesia, beberapa jenis cerita tersebut diantaranya adalah:

1.   Fabel (Fables)

Fabel adalah cerita pendek yang mengandung pelajaran moral dan biasanya melibatkan binatang sebagai karakter utama. Contoh terkenal dari fabel adalah “The Tortoise and the Hare” yang mengajarkan tentang pentingnya ketekunan dan kesabaran.

2.   Dongeng (Fairy Tales)

Dongeng adalah cerita fantastis yang sering kali melibatkan unsur-unsur sihir dan karakter-karakter ajaib. Contoh dongeng yang terkenal adalah “Cinderella” dan “Snow White.”

3.   Legenda (Legends)

Legenda adalah cerita tradisional yang menggambarkan peristiwa sejarah atau mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi. Misalnya, “Legenda Roro Jonggrang” yang menceritakan tentang pahlawan Jawa yang cantik dan kuat.

4.   Mitos (Myths)

Mitos adalah cerita yang menjelaskan asal-usul alam semesta, dewa-dewa, atau kepercayaan yang dianut oleh suatu masyarakat. Misalnya, “Mitos Atlantis” yang mengisahkan tentang peradaban hilang yang legendaris.

 

BACA JUGA:  10 Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

 

Tips Menulis Cerita dalam Bahasa Inggris

Bagaimana, sekarang kamu sudah tahu kan jenis-jenis dari cerita dalam bahasa Inggris? Jika kamu mulai tertarik untuk menulis ceritamu sendiri, berikut Cetta berikan beberapa tips yang dapat kamu jadikan sebagai pedoman dalam menulis ceritamu.

1.   Pilih Topik yang Menarik

Pilih topik yang menarik dan relevan untuk pembaca. Hal ini akan membuat cerita kamu lebih menarik dan mengundang minat. Salah satu cara yang bisa kamu gunakan yaitu dengan mengangkat cerita berdasarkan pengalaman kamu sendiri, loh.

2.   Buat Plot yang Menarik

Bangun plot cerita yang menarik dengan memperkenalkan konflik atau tantangan yang harus diatasi oleh karakter utama. Ini akan membuat pembaca ingin terus membaca dan mengetahui bagaimana cerita berkembang kedepannya.

3.   Kembangkan Karakter yang Menarik

Buat karakter-karakter yang menarik dan terlibat dalam cerita Kamu. Berikan detail tentang penampilan, kepribadian, dan motivasi mereka. Hal ini akan membuat pembaca terhubung dengan karakter-karakter tersebut.

Tapi tunggu dulu, pastikan kamu tetap mempertahankan eksistensi dari karakter utama dalam cerita kamu, ya.

4.   Gunakan Bahasa Deskriptif

Gunakan bahasa yang deskriptif untuk menggambarkan suasana, tempat, dan karakter dalam cerita Kamu. Ini akan membantu pembaca membayangkan apa yang sedang terjadi dan membuat cerita lebih hidup.

5.   Perhatikan Struktur Kalimat yang Tepat

Pastikan Kamu memperhatikan struktur kalimat yang tepat dalam Bahasa Inggris. Gunakan subjek, predikat, dan objek dengan benar. Hindari penggunaan kalimat yang terlalu panjang dan rumit yang dapat membingungkan pembaca.

6.   Periksa dan Edit

Setelah menyelesaikan cerita Kamu, periksa dan edit dengan cermat. Perbaiki beberapa kesalahan dari  tata bahasa, ejaan, serta juga struktur kalimat. Jika perlu, minta bantuan dari teman atau guru untuk memberikan umpan balik dan saran yang konstruktif.

 

BACA JUGA:  Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris di Depan Kelas

 

Manfaat Membaca Cerita dalam Bahasa Inggris

 Membaca cerita dalam bahasa Inggris mempunyai banyak sekali manfaat, antara lain :

1.   Meningkatkan Kemahiran Bahasa

Dengan membaca cerita dalam Bahasa Inggris, Kamu akan terbiasa dengan kosakata dan struktur kalimat yang digunakan dalam Bahasa Inggris. Ini akan membantu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris Kamu secara keseluruhan.

2.   Meningkatkan Pemahaman Budaya

Cerita dalam Bahasa Inggris seringkali mencerminkan budaya di mana Bahasa Inggris digunakan. Dengan membaca cerita-cerita ini, Kamu akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang budaya, nilai-nilai, dan tradisi yang terkait dengan Bahasa Inggris.

3.   Memunculkan Kreativitas dan Imajinasi

Cerita dalam Bahasa Inggris membangkitkan kreativitas dan imajinasi. Dengan membaca cerita-cerita ini, Kamu akan terlibat dalam dunia yang baru dan dapat mengembangkan imajinasi Kamu secara lebih luas.

Cerita dalam bahasa Inggris adalah cara yang menyenangkan dan efektif untuk meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris Kamu. Dengan membaca dan menulis cerita dalam Bahasa Inggris, Kamu dapat memperluas kosakata, meningkatkan pemahaman membaca, dan mengembangkan kemampuan menulis Kamu.

Jangan ragu untuk memanfaatkan sumber daya online yang tersedia seperti blog Cetta ini. Dan mulailah petualangan menarik dalam dunia cerita dalam bahasa Inggris sekarang!

 

BACA JUGA:  Perbedaan Inggris Amerika dan British Menurut Tutor Cetta

 

Belajar Bahasa Inggris, Cetta Online Class!

Kami sadar betul bahwa banyak sekali orang yang ingin belajar bahasa Inggris hanya saja tak punya banyak waktu karena padatnya kesibukan. Apakah kamu termasuk salah satunya? Untuk itu, Cetta Online Class hadir untuk kamu yang senang untuk belajar secara fleksibel dan bisa dilakukan dimana saja. Ya, disini kamu bisa belajar bahasa Inggris secara online tanpa kamu harus datang ke tempat kursus secara langsung.

Spesialnya lagi, kamu akan dapat potongan 10% karena sudah membaca artikel ini hingga selesai. Untuk mengklaim potongan ini kamu harus memasukan kode BACACETTASUPDATES pada halaman checkout kelas yang akan kamu pilih!

Yuk, belajar bahasa Inggris sekarang juga bareng Cetta Online Class!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu