10+ Cara Mengatakan Halo dalam Bahasa Mandarin

10+ Cara Mengatakan Halo dalam Bahasa Mandarin

CETTAApakah kamu suka belajar bahasa asing khususnya bahasa Mandarin? Biasanya belajar bahasa asing dimulai dari pengucapan yang paling dasar seperti mengatakan halo dalam bahasa Mandarin, bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya. 

Kali ini kita akan membahas mengenai halo dalam bahasa Mandarin yang cukup sering dikenal oleh masyarakat secara luas. Apalagi di Indonesia sendiri memang sudah biasa mengucapkan ‘ni hao’ sekedar untuk bersenang-senang. 

 

BACA JUGA:  Lagi Cari Contoh Surat dalam Bahasa Mandarin? Yuk Cek Disini!

 

Cara Mungucapkan Halo dalam Bahasa Mandarin

Lalu, memangnya ada berapa sih cara pengucapan halo dalam bahasa Mandarin yang dapat ditiru dan diikuti oleh pemula? Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini mengenai halo dalam bahasa mandarin yang wajib kamu ketahui.

1. Ni hao

Kata ni hao adalah kata sapaan yang paling sering dan umum digunakan. Kata ini juga dapat kamu gunakan kepada teman sebaya orang yang baru saja ditemui. Ya, sapaan yang satu ini sangat tepat kamu gunakan untuk keadaan-keadaan non formal.

2. Dajia hao 

Kata yang satu ini biasanya digunakan untuk menyapa orang dalam jumlah yang banyak. Misalnya nih ada kerumunan orang-orang atau sekelompok teman, maka kamu dapat menyapanya dengan kata dajia hao. Mudah bukan?

3. Zuijin zenme yang?

Untuk kata halo dalam bahasa Mandarin lainnya dapat digantikan menjadi sebuah pertanyaan. Misalnya dengan ‘zuijin zenme yang’  dengan memiliki arti ‘bagaimana kabarmu belakangan ini?’.

Kata ini dapat kamu gunakan saat bertemu dengan teman yang baru bertemu setelah sekian lama. Dalam bahasa Inggris sama seperti ‘how have you been?’ atau bahasa Indonesia ‘apa kabar?’.

4. Chile ma?

Kata sapaan lain yang dimulai dari pertanyaan selanjutnya yaitu dengan chile ma. Arti dari kata ini yaitu ’apakah kamu sudah makan?’. 

Jadi, dapat diartikan bahwa kalimat ini digunakan untuk menanyakan mengenai sudah makan atau belum kepada teman kantor. Sangat cocok jika kamu gunakan ketika jam istirahat siang hari.

5. Hai/hei

Kata selanjutnya yaitu hei atau hai yang sering terdengar di manga atau anime. Kamu dapat menggunakan kata ini kepada teman sebaya dan biasanya digunakan dalam obrolan online.

6. Wei

Cara mengatakan halo dalam bahasa Mandarin lainnya yaitu dengan kata wei. Kata ini biasanya digunakan untuk menyapa setelah sambungan telepon diterima. Jadi, dapat dikatakan bahwa kata ini khusus digunakan untuk perbincangan di telepon.

7. Zao

Kalau tadi kita sudah berbicara mengenai makan siang dan telepon. Kali ini kita akan merekomendasikan sapaan paling tepat di pagi hari. Kebanyakan orang China akan mengatakan zao untuk menyapa seseorang yang ditemui di pagi hari. 

Sedikit tips nih, supaya kamu terlihat lebih friendly dan seperti orang lokal, alangkah baiknya untuk menyapa mereka dengan kata zao.

8. Ha lou

Cara mengatakan halo dalam bahasa Mandarin lainnya yaitu dengan kata Ha lou yang mana merupakan serapan dari bahasa Inggris. Biasanya kata Ha lou ini digunakan oleh kaum Gen Z atau millennial. Di China kamu akan sering menemukan kata Ha lou ini paling banyak di media sosial.

9. Nin hao

Kalau di awal kita menemukan ni hao kalau yang sekarang ada kata nin hao. Perbedaannya terletak pada huruf ‘n’ setelah ni. Kata ini juga biasanya digunakan untuk menyapa orang yang lebih tua atau lebih dihormati. Hal tersebut karena kata ini cenderung memiliki karakter yang lebih sopan.

10. Haojiu bujian

Kata selanjutnya yaitu kata sapaan yang biasanya digunakan kepada seseorang yang sudah lama tidak bertemu. Kamu dapat mengucapkan haojiu bujian atau dalam bahasa Inggris biasanya long time no see. Kalau bahasa Indonesianya pasti sudah tahu yaitu sudah lama kita tidak bertemu.

11. Nama + hao

Kata ini campuran antara nama seseorang yang akan disapa dengan tambahan hao. Misalnya kamu ingin menyapa seseorang yang bernama Xiu Mei dengan sapaan ini, maka kamu bisa menyapanya dengan ucapan ‘Xiu Mei hao”

Itulah informasi mengenai berbagai cara mengatakan halo dalam bahasa Mandarin yang harus kamu ketahui sebagai seorang pemula. Diharapkan bahwa penjelasan dasar ini dapat membuat kamu lebih semangat lagi dan jago dalam bahasa Mandarin dan bahasa asing lainnya.

 

BACA JUGA:  Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Mandarin beserta Artinya

 

Belajar Bahasa Mandarin, Cetta Online Class!

Cetta Online Class merupakan tempat kursus online bahasa Mandarin yang sangat layak kamu pilih. Selain cara belajarnya yang asyik dan menyenangkan, kamu juga akan ketemu teman sefrekuensi yang sama-sama punya ketertarikan untuk bisa menguasai bahasa Mandarin ini.

Spesialnya lagi nih, buat kamu yang sudah membaca artikel ini hingga selesai. Kami akan berikan tambahan diskon sebesar 10% untuk setiap pembelian kelas di Cetta Online Class. Caranya pun gampang, kamu hanya perlu memasukkan kode BACACETTASUPDATES pada saat kamu checkout.

Gimana, sudah siap untuk belajar bahasa Mandarin sekarang juga?

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu