10 Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea

Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea

CETTA – Selamat ulang tahun dalam bahasa Korea adalah salah satu perayaan yang paling berarti dalam kehidupan setiap individu. 

Dalam bahasa Korea, ungkapan yang digunakan untuk mengucapkan selamat ulang tahun adalah “생일 축하합니다” (saeng-il chukha-hamnida). 

Ungkapan ini merupakan bentuk penghormatan dan kegembiraan atas momen spesial seseorang yang merayakan hari lahirnya. 

Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana selamat ulang tahun dirayakan dalam budaya Korea.

 

BACA JUGA:  Arti Aigoo (아이구) Bahasa Korea dalam Berbagai Konteks

 

Tradisi Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea dan Budayanya

Perayaan ulang tahun di Korea memiliki beberapa tradisi yang unik dan khas. 

Salah satunya adalah “doljanchi,” yang merujuk pada perayaan ulang tahun pertama seorang bayi. 

Doljanchi biasanya diadakan pada hari ulang tahun pertama, di mana keluarga dan teman-teman berkumpul untuk merayakannya bersama. 

Salah satu momen paling menarik dalam doljanchi adalah “Jobi,” di mana bayi di berikan beberapa objek atau benda untuk di pilih. 

Objek-objek ini melambangkan potensi masa depan sang bayi, misalnya, pena (untuk kecerdasan), uang logam (untuk kemakmuran), atau pita (untuk kecantikan).

 

Ungkapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea

Selain “생일 축하합니다” (saeng-il chukha-hamnida), ada beberapa ungkapan lain yang di gunakan untuk mengucapkan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea. 

Misalnya, “생일 축하드려요” (saeng-il chukha-deu-ryeo-yo) adalah bentuk yang lebih sopan dan di gunakan ketika berbicara kepada seseorang yang lebih tua atau berada dalam posisi yang lebih tinggi. 

Di sisi lain, “생일 축하해요” (saeng-il chukha-hae-yo) adalah bentuk yang lebih akrab dan cocok digunakan untuk teman sebaya atau saudara.

 

Kue Ulang Tahun dalam Bahasa Korea

Tak lengkap rasanya merayakan ulang tahun tanpa kue istimewa. Di Korea, kue ulang tahun disebut “생일 케이크” (saeng-il ke-i-keu) atau “생일 파이” (saeng-il pa-i). 

Selain kue, makanan juga menjadi bagian penting dari perayaan ini. 

Beberapa hidangan khas Korea yang sering disajikan saat ulang tahun adalah “miyeokguk” (sup rumput laut), “tteokguk” (sup dduk), dan “yakbap” (nasi manis dengan kacang merah dan kacang pinus).

 

Hadiah Ulang Tahun

Memberikan hadiah adalah bagian integral dari perayaan ulang tahun di Korea. Beberapa hadiah yang populer termasuk bunga, kosmetik, atau makanan ringan yang dikemas dengan cantik. 

Dalam beberapa tahun terakhir, hadiah berupa teknologi atau gadget juga menjadi pilihan favorit, terutama untuk remaja dan orang dewasa.

 

Perayaan Selamat Ulang Tahun di Tempat Kerja

Perayaan ulang tahun di tempat kerja juga memiliki tempat istimewa dalam budaya Korea. 

Sesama rekan kerja biasanya berkumpul untuk merayakan dan memberikan ucapan selamat kepada kolega yang merayakan hari lahirnya. 

Acara ini mencakup makan siang bersama atau sekadar waktu bersantai setelah jam kerja.

 

Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea dan Artinya

  1. Selamat Ulang Tahun! 생일 축하합니다! (Saeng-il chukha-hamnida!) Artinya: Happy Birthday!
  2. Selamat Ulang Tahun yang ke-20! 20살 생일 축하해요! (20-sal saeng-il chukha-hae-yo!) Artinya: Happy 20th Birthday!
  3. Semoga panjang umur dan sehat selalu. 오래오래 건강하게 사세요. (O-rae-o-rae geon-gang-ha-ge sa-se-yo.) Artinya: May you live long and stay healthy.
  4. Semoga semua harapanmu tercapai. 모든 소망이 이뤄지길 바라요. (Mo-deun so-mang-i i-rwo-ji-gil ba-ra-yo.) Artinya: I hope all your wishes come true.
  5. Ulang Tahun yang penuh sukacita! 기쁨 가득한 생일 되세요! (Gi-ppeum ga-deuk-han saeng-il doe-se-yo!) Artinya: Have a joyful birthday!

 

Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea Penuh Doa

  1. Semoga hari istimewa ini memberikan kebahagiaan yang tiada tara. 특별한 날 행복이 가득하길 바래요. (Teuk-beol-han nal haeng-bok-i ga-deuk-ha-gil ba-rae-yo.) Artinya: Wishing you abundant happiness on this special day.
  2. Selamat Ulang Tahun, teman terbaikku! 제일 친한 친구 생일 축하해! (Je-il chin-han chin-gu saeng-il chukha-hae!) Artinya: Happy Birthday, my best friend!
  3. Panjang umur dan teruslah bersinar seperti bintang. 오래오래 빛나세요, 별처럼. (O-rae-o-rae bich-na-se-yo, byeol-cheo-reom.) Artinya: Live long and keep shining like a star.
  4. Selamat Ulang Tahun, semoga cinta selalu menyertaimu. 생일 축하해요, 항상 사랑으로 가득하길 바래요. (Saeng-il chukha-hae-yo, hang-sang sa-rang-eu-ro ga-deuk-ha-gil ba-rae-yo.) Artinya: Happy Birthday, may you always be filled with love.
  5. Ucapan selamat ulang tahun dari hati yang paling dalam. 가장 마음 깊은 곳에서 생일 축하드려요. (Ga-jang ma-eum gip-eun got-e-seo saeng-il chukha-deu-ryeo-yo.) Artinya: Wishing you a heartfelt birthday celebration.

Itulah pembahasan tentang ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea dan contohnya.

 

BACA JUGA:  Arti Ahjussi dalam Bahasa Korea dan Contoh Penggunaanya

 

Mau Rayain Ulang Tahun di Korea? Yuk Belajar Bahasa Korea di Cetta Dulu

Bagi kamu yang mau mahir bahasa Korea dan lancar berbicara dengan bahasa Korea, langsung saja bergabung dengan Cetta Online Class.

Di Cetta, ada program khusus bahasa Korea yang di sebut dengan Classes Korean Programs, yakni kursus bahasa Korea online yang interaktif dan dibimbing dengan tutor profesional serta berpengalaman.

Kalau kamu bergabung sekarang, akan ada diskon 10% dengan menggunakan kode BACACETTASUPDATE.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk gabung bersama Cetta sekarang juga!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu