Mudah, Inilah Cara Membaca Jam Dalam Bahasa Inggris

Mudah, Inilah Cara Membaca Jam Dalam Bahasa Inggris

CETTA – Cara membaca jam dalam bahasa Inggris akan sangat kamu butuhkan terutama ketika pertama kali belajar bahasa Inggris. Terlebih cara membaca jam ini akan sangat sering kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Nah supaya tidak salah dalam penggunaannya, penting sekali untuk kamu membaca artikel ini sampai selesai.

 

BACA JUGA:  Belajar Membaca Bahasa Inggris, Apa Pentingnya?

 

Perbedaan AM dan PM dalam Bahasa Inggris

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara membaca jam dalam bahasa Inggris, kamu harus tahu dulu perbedaan AM dan PM. Pasalnya tidak sama dengan cara membaca ataupun menulis jam dalam bahasa Indonesia. Nantinya kamu akan banyak menggunakan AM dan PM. Lalu apa sih perbedaan keduanya?

AM (Ante Meridiem)

AM atau yang merupakan kepanjangan dari Ante Meridiem adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menunjukan waktu pagi hari di dalam bahasa Inggris. Jadi untuk waktu yang dimulai dari jam 00.00 sampai dengan 11.59 siang, maka akan menggunakan kata AM di bagian belakangnya.

06.30 dalam bahasa Inggris bisa termasuk pagi ataupun petang. Namun jika belakangnya ada AM, maka akan menjadi 06.30 AM yang artinya jam 6 lebih 30 menit pagi.

Contoh lainnya:

  • 02.30 AM – Menunjukan waktu jam setengah 3 dini hari
  • 05.30 AM – Menunjukan waktu jam setengah 6 pagi
  • 10.30 AM – Menunjukan waktu jam setengah 11 pagi

 

PM (Post Meridiem)

Jika AM menunjukan waktu pagi menjelang siang, maka PM adalah kebalikannya. PM atau yang memiliki kepanjangan post meridiem adalah sebuah istilah untuk menunjukan waktu setelah tengah hari. Jadi rentang waktu yang bisa menggunakan akhiran PM di belakang yaitu dimulai dari jam 12 siang sampai dengan 11.59 malam.

Misalnya saja 08.30 dalam bahasa Inggris jika menunjukan waktu malam, maka ditulisnya menjadi 08.30 PM. Contoh lainnya:

01.30 PM – Menunjukan waktu jam setengah 2 siang

05.45 PM – Menunjukan waktu jam 6 kurang 15 menit petang

09.15 PM – Menunjukan waktu jam 9 lebih 15 menit malam

4 Keterangan Waktu dalam Bahasa Inggris

Setelah kamu mengetahui perbedaan AM dan PM, mungkin sekarang kamu makin penasaran dengan cara membaca jam dalam bahasa Inggris. Namun sebelum itu coba pelajari 4 keterangan waktu yang biasanya digunakan dalam bahasa Inggris selain menggunakan AM ataupun PM. Apa sajakah itu?

  • Morning – keterangan ini umumnya digunakan untuk menunjukan waktu dari jam 12 pagi sampai jam 12 malam (12.00 AM – 12.00 PM)
  • Afternoon – Digunakan untuk menunjukan waktu dari jam 12 siang (12.00 PM) sampai dengan matahari terbenang (sunset). 
  • Evening – Biasanya digunakan untuk menerangkan waktu dari jam 5 sore sampai dengan jam 9 malam. Misalnya saja 07.30 dalam bahasa Inggris jika menunjukan waktu malam maka bisa dituliskan menjadi 07.30 evening.
  • Night – Keterangan yang digunakan untuk menerangkan waktu diatas dari jam 9 malam (09.00 PM) sampai dengan tengah malam (midnight).

Cara Membaca Jam dalam Bahasa Inggris

Nah, supaya kamu makin paham bagaimana cara membaca jam dalam bahasa Inggris, coba simak beberapa contoh yang akan dijelaskan di bawah itu. Namun sebelum itu kamu harus paham istilah penyebutan jam yang biasanya sering digunakan dalam bahasa Inggris ini:

  • O’çlock : Jam atau pukul
  • A quarter : Seperempat atau 15 menit
  • Half : Setengah atau 30 menit
  • To : Menuju
  • Past : Lewat

Nah berikut contoh penggunaan dari istilah-istilah tersebut.

  • 09.15 dalam bahasa Inggris bisa ditulis Nine-fifteen atau a quarter past nine.
  • 09.30 dalam bahasa Inggris bisa ditulis Nine-thirty atau half past nine.
  • 11.00 dalam bahasa Inggris dalam bahasa Inggris biasa dibaca ten o’clock.
  • 12.30 dalam bahasa Inggris dibaca twelve-thirty atau half past twelve

 

BACA JUGA:  Wajib Tau 20 Kata Sifat dalam Bahasa Inggris

 

Belajar Bahasa Inggris di Cetta Online Class

Gimana, mudah bukan belajar bahasa Inggris itu? Nah kalau kamu ingin belajar bahasa Inggris secara lebih intensif dan didukung oleh tutor yang berpengalaman, boleh banget untuk belajar di Cetta Clas Online.

Khusus buat kamu yang daftar hari ini dan menggunakan kode promo BACACETTASUPDATES, maka kamu akan mendapatkan potongan biaya sebesar 10%. Kapan lagi coba bisa belajar bahasa Inggris sekalian mendapatkan potongan harga.

Yuk, langsung saja daftar sekarang juga!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu