Selain Mandarin, Ini 5 Dialek yang Digunakan di China

dialek Mandarin

CETTA Tiongkok adalah negara yang sangat besar dan mempunyai banyak bahasa dan dialek. Selain dialek Mandarin, terdapat dialek lainnya yang masih dipakai di Tiongkok seperti dialek Kanton, Hakka, Hainan dan lain-lain.

Dialek Kanton atau Yue mengutip babbel.com menduduki peringkat kedua dengan lebih dari 60 juta penutur di Tiongkok.

Dialek kanton hampir mirip bahasa China Kuno dibanding bahasa China standar yang digunakan masa kini. Mayoritas penutur kanton tinggal di Guadong, Makau dan Hongkong.

Ketiga, dialek Gan dengan jumlah penutur sebanyak 41 juta. Menurut Britannica, dialek Gan digunakan di provinsi Jiangxi dan pinggir tenggara provinsi Hubei.

Keempat, dialek Hakka diperkirakan ada 47 Juta penutur di China, mayoritas tersebar di provinsi Guangdong dan wilayah lainnya seperti Jiangxi, Guangxi, Sichuan dan Fujian.

Dialek Hakka seperti dialek kanton dengan 6 nada dan beberapa kosakata dipinjam dari dialek kanton.

Kelima, dialek Min yang dibagi menjadi dua yaitu min utara dan min selatan. Min utara tersebar di sekitar Fuzhou dan Min selatan, berpusat di Amoy. Di China ada sekitar 40 juta penutur dialek Min (min utara dan selatan).

Perbedaan dialek min utara dan selatan terletak di pelafalan kosakata, min utara menggunakan suara sengau sedangkan min selatan tidak memakai sengau.

Keenam, dialek Wu atau dikenal sebagai bahasa Zhejiang. Sebagian besar digunakan di wilayah timur China, sekitar Shanghai dengan jumlah penutur sekitar 85 Juta.

Tidak seperti Mandarin standar, dialek Wu tidak digunakan untuk keperluan akademik (masuk kategori bahasa literasi) dan memiliki banyak kata serapan seperti bahasa Jepang.

Budaya Jepang di Mata Cetta, dan Pengaruhnya untuk Subkultur Indonesia

Apa itu Pinyin? dan Manfaatnya untuk Belajar Bahasa Mandarin

Keuntungan belajar bahasa Mandarin di Cetta Online Course

Cetta online course menyediakan ekosistem pembelajaran bahasa asing yang fun dengan materi terkini yang mudah dipelajari.

Cetta juga menyediakan fasilitas speaking class di luar pelajaran untuk kamu yang ingin mengasah percakapan bahasa Mandarin.

Khusus kamu yang sudah baca artikel ini, kamu bisa pakai kode promo BACACETTASUPDATES dan dapatkan diskon 10% untuk pembelian kelas di Cetta Online Class!

Yuk, langsung daftar sekarang!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya