Hanzi: Mengungkap Kekayaan dan Kedalaman Tulisan Tionghoa

Huruf Hanzi Belajar Huruf Mandarin

Cetta Online Class
Belajar Kategori tidak ditemukan Tanpa Ribet
Plus Dapet Diskon 10%

CETTA Bahasa Mandarin semakin menyebar ke beberapa negara. Pengaruh Tiongkok dalam berbagai bidang membuat bahasa Mandarin semakin dibutuhkan. Belajar bahasa Mandarin dimulai dengan mengenali huruf-huruf Hanzi.

Huruf Hanzi merupakan karakter dalam bahasa Mandarin atau disebut “Aksara Han” atau “Aksara Tionghoa”. Dengan mengenali huruf Hanzi, belajar bahasa Mandarin akan jadi lebih efektif.

Apa itu Hanzi?

Hanzi adalah sistem tulisan yang telah menjadi inti budaya dan komunikasi dalam masyarakat Tiongkok dan komunitas bahasa Tionghoa di seluruh dunia. Dengan akar sejarah yang dalam dan kompleksitas artistiknya, Hanzi bukan hanya sekadar karakter-karakter, tetapi juga sarana untuk menyampaikan makna mendalam dan keindahan seni tulis.

Sejarah Huruf Hanzi

Bahasa Mandarin memiliki karakter huruf tersendiri. Karakter berupa simbol atau gambar yang membentuk tulisan dalam bahasa Mandarin adalah huruf Hanzi. Masing-masing karakter dari huruf Hanzi memiliki bunyi dan arti berbeda bahkan ada yang karakternya sama persis namun bunyi dan artinya juga berbeda. 

Menurut Laoshi Rahmi, Cetta Mandarin Tutor, cara membedakannya dilihat dari konteks kalimat tergantung peran dari posisi huruf tersebut dalam kalimat. Huruf Hanzi tidak bisa berdiri sendiri karena tidak bisa kamu artikan satu persatu. Huruf tersebut ada yang tidak memiliki arti jika berdiri sendiri dan hanya memiliki fungsi seperti contoh imbuhan yang tidak bermakna tanpa kata utama. 

Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa tertua yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Awalnya huruf Hanzi berasal dari gambar dan simbol-simbol tertentu dari cangkang kura-kura dan semakin modern ditulis pada logam. 

Awal mula huruf Hanzi hanya sekitar 4.000 karakter namun saat ini mencapai puluhan ribu karena terus berkembang. Simbol Hanzi bisa digambarkan dari bentuk karakter sesuatu seperti bulan dan matahari. 

Menurut Laoshi Rahmi, pengembangan huruf Hanzi pertama dari segi bentuk (bulan, matahari, pohon), bentuk videogram (memfokuskan benda contoh kata pisau yang ditambah simbol titik menjadi kata mata pisau), metode gabungan (istirahat dibangun oleh dua karakter yaitu karakter orang dan karakter pohon dengan satu bunyi kata baru) serta penggabungan bunyi dan makna (simbol air dari titik tiga). Walaupun hanzi sangat banyak, tetapi tidak semua huruf bisa kamu pakai ya, hanya beberapa saja. 

Baca juga: Ingin Belajar Mandarin Online? Perhatikan 3 Hal Berikut!

Jenis Huruf Hanzi

Menurut Laoshi Rahmi, Hanzi terdiri dari dua jenis huruf yaitu : 

  1. Tradisional  漢字

Jenis huruf tradisional lebih rumit tulisannya. Di negara Taiwan, Hongkong dan Macau masih ada yang menggunakan jenis Hanzi tradisonal ini.

Pengembangan huruf Hanzi terus dilakukan karea rendahnya minat baca masyarakat Tiongkok.

  1. Sederhana  汉字

Huruf Hanzi sederhana menjadi bahasa resmi Tiongkok. Huruf ini lebih simpel dan mudah untuk dipelajari dibanding tradisional yang lebih banyak goresannya.

Ada yang secara bacaan memang mirip dan bunyinya sama namun bentuknya berbeda. Negara Malaysia dan Singapura juga menggunakan huruf jenis ini.

Huruf Abjad

Mengutip dari Kumparan, berikut huruf abjad Hanzi dari A – Z:

A (ēi) = 诶 N (ài nà) = 艾娜
B (bǐ) = 比 O (ó) =  哦
C (xī) = 西 P (pì) = 屁
D (dí) = 迪 Q (jí wú) = 吉吾
E (yī) = 伊 R (ài ér) = 艾儿
F (ài fú) = 艾弗 S (ài sī) = 艾丝
G (jí) = 吉 T (tí) = 提
H (ài chǐ) = 艾尺 U (yī wú) = 伊吾
I (ài) = 艾 V (wéi) = 维
J (jié) = 杰 W (dòu bèi ěr wéi) = 豆贝尔维
K (kāi) = 开 X (yī kè sī) = 艾克斯
L (ài lè) = 艾勒 Y (wú ài) = 吾艾
M (ài mǎ) = 艾马 Z (zéi dé) = 贼德

Dengan mengenali huruf-huruf Hanzi, kemampuan bahasa Mandarinmu akan lebih meningkat. Lakukan latihan secara runtin untuk membantu otak menyimpan kosa kata baru.

Pentingnya Hanzi dalam Budaya dan Komunikasi

Hanzi tidak hanya sekadar bentuk tulisan, tetapi juga bagian integral dari budaya Tionghoa. Masyarakat Tiongkok menghargai karakter-karakter ini sebagai simbol tradisi, identitas, dan warisan. Meskipun dunia modern telah melihat perkembangan teknologi dan alfabetisasi yang berbeda, Hanzi tetap relevan sebagai pilar komunikasi dan kesusastraan.

Dalam komunitas global saat ini, belajar Hanzi juga menjadi langkah penting bagi siapa saja yang ingin mendalami budaya Tionghoa dan memahami lebih dalam aspek sejarah, sastra, dan seni. Popularitas bahasa Tionghoa sebagai bahasa internasional telah mendorong banyak orang di seluruh dunia untuk mengenal dan mempelajari karakter-karakter Hanzi.

Belajar Menulis Hanzi di Cetta Online Class

Kamu bisa belajar hanzi secara otodidak atau belajar bersama teman-temanmu. Namun, jika kamu membutuhkan tutor untuk meningkatkan kemampuan bahasa Mandarin, kamu bisa bergabung dengan Cetta. 

Cetta menyediakan kursus bahasa Mandarin yang akan membantu meningkatkan kemampuan bahasa Mandarinmu.

Khusus kamu yang sudah baca artikel ini, kamu bisa pakai kode promo BACACETTASUPDATES dan dapatkan diskon 10% untuk pembelian kelas di Cetta Online Class!

Yuk, langsung daftar sekarang!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu