Gampang! Ini Cara Jitu Belajar Bahasa Cina ala Cetta!

Siapa bilang belajar bahasa Cina itu susah? Cetta punya trik jitu biar kamu bisa ngobrol bahasa Mandarin sambil nyeruput teh! Mulai dari tips belajar yang bikin nagih, sampai sumber-sumber gratis yang bikin kamu auto pinter. Siap jadi master bahasa Cina bareng Cetta?
Gampang! Ini Cara Jitu Belajar Bahasa Cina ala Cetta!

Cetta Online Class
Belajar Bahasa Mandarin Tanpa Ribet
Plus Dapet Diskon 10%

CETTASiapa bilang belajar bahasa Cina itu susah? Cetta punya trik jitu biar kamu bisa ngobrol bahasa Mandarin sambil nyeruput teh! 

Mulai dari tips belajar yang bikin nagih, sampai sumber-sumber gratis yang bikin kamu auto pinter. 

Siap jadi master bahasa Cina bareng Cetta?

Daripada penasaran, yuk simak tipsnya sampai selesai.

 

Bahasa Apa Sih yang Dipakai di Cina?

Kamu tau nggak? Sebenernya di Cina itu bahasa yang dipakai itu bahasa apa sih? Bahasa Mandarin? Bahasa Tiongkok? Atau bahasa apa ya?

Ternyata di Cina itu ada banyak banget bahasa yang dipakai, nggak cuma Mandarin aja. 

Cina itu negara besar dengan banyak etnis dan budaya, jadi bahasa yang dipakai juga beragam.

Penasaran apa aja bahasa yang dipakai di Cina? Ini dia penjelasannya:

Mandarin (Putonghua)

Bahasa pertama yang ada di Cina yaitu bahasa Mandarin.

Mandarin itu bahasa resmi di seluruh Cina, jadi kamu pasti bakal denger bahasa ini di sekolah, kantor pemerintah, media massa, atau bisnis. 

 

Nah, kalau kamu belajar bahasa Cina, biasanya yang diajarin itu Mandarin.

Selain itu bahasa ini asalnya dari dialek Beijing dan mulai disatukan pada awal abad ke-20 supaya orang-orang di seluruh Cina bisa saling ngerti.

Mandarin juga punya ciri khas yaitu empat nada yang beda-beda, jadi satu kata bisa punya arti beda tergantung gimana kamu ngucapinnya.

 

Cukup unik bukan? Nggak salah kalau bahasa Mandarin jadi bahasa utama atau bahasa resmi di seluruh Cina.

Makanya kalau kamu belajar bahasa Cina sering disebut bahasa Mandarin, kan?

Kanton (Cantonese/Yue)

Kemudian ada bahasa lainnya yang ada di Cina, yaitu Kanton atau Cantonese/Yue.

Berbeda dari bahasa Mandarin, bahasa ini dipakai di Hong Kong, Macau, dan Provinsi Guangdong. 

Kamu juga bisa nemuin banyak yang ngomong Kanton di komunitas Tionghoa di luar negeri, kayak di Malaysia, Singapura, dan Amerika.

Selain itu, Kanton punya sejarah panjang dan banyak film atau lagu klasik dari Hong Kong yang pake bahasa ini.

Kalau Mandarin punya 4 nada, Kanton punya sembilan nada, jadi lumayan susah buat dipelajari. Struktur kalimatnya juga sedikit beda dari Mandarin.

Wu (Shanghainese)

Selanjutnya kalau kamu pergi ke CIna dan berkunjung ke Shanghai, Suzhou, dan Hangzhou, kamu bakal nemuin dialek yang berbeda dari Mandarin dan Kanton.

BACA JUGA:  Situs Bersejarah di China yang Menarik Dikunjungi ala Cetta

Adalah bahasa Wu, yang dipakai di daerah sekitar Shanghai, Suzhou, dan Hangzhou.

Bahasa Wu udah ada lama banget dan banyak dipengaruhi oleh berbagai dialek lokal di daerah sana.

Nggak cuma itu, dialek Shanghainese juga terkenal dengan intonasi dan ritme yang beda banget dari Mandarin, jadi terdengar unik.

Kalau ada waktu, boleh lah kamu jalan-jalan ke sana. hihi.

Min (Hokkien dan Teochew)

Selanjutnya di Cina juga kamu bakal nemuin bahasa yang namanya Min.

Bahasa Min dipakai di Fujian, sebagian Taiwan, dan komunitas Tionghoa di Asia Tenggara.

Selain itu, Min adalah salah satu bahasa Tionghoa tertua, udah ada lebih dari 2000 tahun. Wah udah lama banget, ya.

Ciri khas dari bahasa Min yaitu sangat bervariasi, bahkan antar desa bisa beda-beda banget bahasanya. 

Bahasa Min juga banyak dipakai di Taiwan dan komunitas Tionghoa di Filipina, Malaysia, dan Indonesia.

Hakka

Bahasa lainnya yang ada di Cina yaitu bahasa Hakka, yang juga merupakan salah satu suku di Cina..

Bahasa ini dipakai suku Hakka di berbagai provinsi seperti Guangdong, Jiangxi, dan Fujian, serta komunitas Hakka di luar negeri.

Suku Hakka dikenal sering berpindah-pindah, makanya disebut “ke” atau tamu.

Bahasa Hakka punya banyak fitur kuno yang nggak ada di bahasa Tionghoa lainnya, jadi menarik buat dipelajari.

Kalau kamu tertarik juga nggak buat belajar bahasa Hakka?

Dari beberapa bahasa yang udah dijelasin di atas, ternyata Cina juga kaya banget akan bahasanya ya.

Dan yang paling terkenal yaitu bahasa Mandarin karena memang udah jadi bahasa resmi di seluruh Cina.

Makanya nggak heran kalau kamu belajar bahasa Cina sering disebut bahasa Mandarin.

 

Kenapa Harus Belajar Bahasa Mandarin?

Pernah nggak sih kamu nanya sama diri kamu sendiri kenapa sih harus belajar bahasa Mandarin?

Emang apa untungnya kalau bisa bahasa Mandarin?

 

Eitss, jangan salah!

Ternyata belajar bahasa Mandarin itu penting loh, dan pastinya banyak keuntungan yang bisa kamu dapet kalau kamu bisa ngomong bahasa Mandarin.

Inilah beberapa alasan mengapa kamu harus belajar bahasa Mandarin:

Bahasa yang Banyak Dipakai

Alasan yang pertama yaitu, bahasa Mandarin adalah bahasa yang paling banyak dipakai di dunia. 

Bayangin, lebih dari satu miliar orang ngomong Mandarin, jadi kalau kamu bisa bahasa Mandarin, kamu bisa ngobrol sama banyak orang di berbagai belahan dunia. 

Ini bisa bikin kamu lebih gampang berkomunikasi pas jalan-jalan atau kerja di luar negeri.

Kesempatan Kerja

Kemudian banyak perusahaan besar yang punya bisnis di Cina atau kerja sama dengan perusahaan Cina. 

Kalau kamu bisa bahasa Mandarin, kamu punya nilai tambah di CV kamu. 

Dan peluang kerja di perusahaan internasional atau bahkan langsung di Cina bisa lebih besar. Gaji bisa lebih tinggi juga, lho!

Ekonomi Cina yang Kuat

Kemudian, kenapa kamu harus belajar bahasa Mandarin itu karena Cina merupakan negara dengan ekonomi kedua terbesar di dunia. 

BACA JUGA:  Ada Berapa Nada dalam Bahasa Mandarin? Ini Jawabannya!

Jadi, ngerti bahasa Mandarin bisa bantu kamu lebih paham soal pasar dan bisnis di sana. 

Kalau kamu pengen terjun ke dunia bisnis atau investasi, bisa bahasa Mandarin itu jelas jadi modal besar buat kamu.

Budaya yang Kaya

Budaya Cina itu keren banget, dari sejarah panjang, seni, filosofi, sampai makanan yang enak-enak. 

Kalau kamu bisa bahasa Mandarin, kamu bisa lebih nikmatin semua itu. 

Baca buku, nonton film, atau dengerin musik dalam bahasa aslinya pasti lebih seru dan kamu bisa lebih ngerti maknanya.

Jadi nggak cuma suka musiknya sama nyanyi pake bahasa yang ngaco, hahaha.

Pendidikan

Kemudian kalau kamu mau kuliah di Cina tentu saja kamu harus bisa bahasa Mandarin.

Nah, banyak universitas di Cina yang punya program studi keren dan nawarin beasiswa untuk siswa internasional. 

Kalau kamu bisa bahasa Mandarin, kamu punya kesempatan besar buat belajar di sana. 

Pengalaman ini bisa nambah wawasan dan bikin kamu lebih siap bersaing di dunia kerja global nantinya.

Jalan-jalan Lebih Seru

Nah, alasan terakhir kenapa kamu harus belajar bahasa Mandarin adalah karena biar jalan-jalan ke Cina nggak kebingungan.

Cina punya banyak tempat wisata yang luar biasa mulai dari Tembok Besar yang legendaris, kota-kota modern kayak Shanghai dan Beijing, sampai pemandangan alam yang indah banget. 

Kalau kamu bisa bahasa Mandarin, perjalananmu di sana jadi lebih lancar dan menyenangkan. 

Kamu bisa tanya arah, pesan makanan, atau ngobrol sama penduduk lokal dengan lebih mudah.

Jadi, nggak perlu lagi translator, bener nggak?

Ternyata bisa berbahasa Mandarin itu banyak banget keuntungannya, ya. 

Makanya mulai dari sekarang ayo mulai belajar bahasa Mandarin biar bisa banyak hal yang kayak tadi Cetta sebutin.

 

Cara Mudah Belajar Bahasa Cina atau Mandarin

Kalau kamu mau jago bahasa Mandarin biar bisa ngomong dengan lancar, Cetta bakal kasih beberapa tips di bawah ini buat kamu yang mau belajar bahasa Mandarin.

Ini dia cara mudah belajar bahasa Mandarin:

Kursus Bahasa Mandarin di Cetta Online Class

Cara yang paling mudah buat kamu yang belajar bahasa Mandarin yaitu dengan cara kursus atau les.

Dengan cara ini kamu bisa lebih mudah buat ngerti dan lancar bahasa Mandarin karena kamu bakal diajarin sama tutor dari nol sampe jago.

Selain itu, kamu juga bakal ada yang bimbing, jadi nggak kebingungan kalau kamu nemuin kesulitan yang nggak bisa diselesaikan sendirian.

 

Emang ada tempat kursus Mandarin yang sebagus itu?

Ada dong! Cetta Mandarin jawabannya.

Kenapa kamu harus belajar di Cetta? Emang Cetta itu apa sih?

Cetta Mandarin merupakan tempat kursus bahasa Mandarin yang punya banyak kelebihan buat kamu yang mau belajar bahasa Mandarin.

BACA JUGA:  30 Nama Profesi dalam Bahasa Mandarin yang Paling Populer

 

Di Cetta, kamu bisa pilih kelas sesuai kemauan kamu, mulai dari kelas Regular, Private 1-on-1, dan Private Group.

Dan nggak cuma itu, tutor yang ada di Cetta juga berkualitas, profesional, berpengalaman, dan pernah atau menetap di negara Tiongkok.

Dengan begitu kamu bukan cuma belajar tentang materi aja, tapi bisa juga belajar budaya dari negara Tiongkok.

 

Cetta juga menerapkan proses belajar interaktif dan menyenangkan, jadi kamu gak bakal jenuh kalau lagi belajar bahasa Mandarin di Cetta.

Pastinya materi yang disampaikan bisa lebih cepat dimengerti.

Apalagi kamu bisa belajar kapan aja dan di mana aja, ditambah kamu bisa nanya kapan aja dan pasti bakal dijawab.

 

Jadi gimana? Mau belajar bahasa Mandarin di Cetta nggak nih?

Belajar Otodidak

Kemudian kamu bisa juga bisa belajar bahasa Mandarin secara otodidak di rumah atau di manapun.

Kalau kamu belajar secara otodidak pastiin kamu bakal konsisten dan mau buat bekerja lebih keras karena nggak ada orang yang bimbing kamu.

Saat belajar otodidak, yang pertama harus kamu pelajari adalah kosakata dasar dan kalimat-kalimat sederhana.

Lakukan itu secara terus menerus dan jangan gampang menyerah.

Manfaatkan Buku dan Referensi

Kemudian kamu bisa juga belajar dari buku atau sumber referensi lainnya.

Cara ini adalah cara yang sederhana, kamu bisa mencari buku bahasa Mandarin yang sesuai dengan level kemampuanmu.

Misalnya kamu masih pemula dan baru belajar bahasa Mandarin, maka kamu coba cari buku yang sesuai dengan kemampuanmu.

Belajar Lewat Aplikasi

Nah, di zaman yang udah serba online kayak sekarang, kamu harusnya gampang banget buat nemuin aplikasi belajar bahasa Mandarin.

Belajar bahasa Mandarin dari aplikasi adalah salah satu pilihan yang bagus buat kamu yang nggak mau kursus atau beli buku.

Biasanya di aplikasi banyak game yang seru yang bisa kamu jadiin sarana buat belajar.

Jadi, belajar sambil bermain bisa bikin kamu cepet paham bahasa Mandarin.

 

Tertarik untuk Kursus Bahasa Mandarin? Di Cetta Aja!

Kalau kamu ngerasa lebih enak dan lebih cocok belajar bahasa Mandarin dengan cara kursus, Cetta jadi solusinya.

Kamu bisa belajar di Cetta Mandarin dan nol sampe jago dan lancar ngomong bahasa Mandarin.

Di Cetta, kamu bisa pilih kelas sesuai kemauan kamu, mulai dari kelas Regular, Private 1-on-1, dan Private Group.

Dan nggak cuma itu, tutor yang ada di Cetta juga berkualitas, profesional, berpengalaman, dan pernah atau menetap di negara Tiongkok.

Dengan begitu kamu bukan cuma belajar tentang materi aja, tapi bisa juga belajar budaya dari Tiongkok.

 

Cetta juga nerapin proses belajar interaktif dan menyenangkan, jadi kamu gak bakal jenuh kalau lagi belajar bahasa Mandarin di Cetta. 

Pastinya materi yang disampaikan bisa lebih cepat dimengerti.

Apalagi kamu bisa belajar kapan aja dan di mana aja, ditambah kamu bisa nanya kapan aja dan pasti bakal dijawab.

Menarik, bukan?

 

Dan yang lebih menariknya lagi adalah, biaya les bahasa Mandarin di Cetta lebih terjangkau dibanding tempat kursus lainnya, loh.

Nggak percaya? Penasaran? Pengen kursus di Cetta sekarang juga? Yuk daftar Cetta Mandarin sekarang. Ada diskon juga, lho!

 

Demikianlah pembahasan tentang cara mudah belajar bahasa Mandarin, semoga bermanfaat dan semangat terus, ya.

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu