Cerita Malin Kundang dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Freepik "young indonesia man wearing traditional costumes" by jcomp

CETTA Kisah Malin Kundang cukup populer di Indonesia sebagai salah satu cerita rakyat namun bagaimanakah jika kisahnya dituliskan dalam bahasa Inggris?.

Malin Kundang merupakan cerita rakyat yang berasal dari daerah Sumatera Barat.

Cerita ini mengisahkan tentang seorang anak yang dikutuk menjadi batu oleh ibunya karena sikapnya yang angkuh dan durhaka.

Dari cerita ini akan banyak pelajaran penting untuk kehidupan sehari-hari.

Selain itu juga bisa menjadi bahan menarik untuk belajar bahasa Inggris karena bisa membayangkan kejadiannya secara nyata.  

Berikut kisah menarik Malin Kundang dalam bahasa Inggris dengan serentetan pelajaran pentingnya.

 

BACA JUGA:  Cerita Sangkuriang dalam Bahasa Inggris dan Artinya

 

Cerita Malin Kundang dalam Bahasa Inggris

The Humble Beginnings

In a small coastal village in West Sumatra, lived Malin Kundang, a young boy with big dreams. He was raised by his single mother, a humble woman who worked tirelessly to provide for their modest life. Despite their poverty, the bond between Malin and his mother was strong, filled with love and understanding.

The Ambitious Voyage

As Malin grew older, his ambitions grew with him. Eager to escape poverty, he decided to set sail, seeking fortune in distant lands. His mother, although heartbroken, gave her blessings, hoping that one day her son would return successful and they would reunite.

Years passed, and Malin Kundang became a wealthy merchant. His voyages were prosperous, and he amassed great wealth. With his newfound status, he married a beautiful woman from a prominent family.

The Fateful Return

News of a wealthy merchant’s arrival spread throughout the village. The ship’s grandeur and the crew’s lavish attire were clear indicators of their success. Malin’s mother, hearing the rumors, rushed to the shore, hoping that the merchant was her long-lost son.

As she approached Malin, her eyes filled with tears of joy. However, Malin, in front of his crew and elegant wife, felt embarrassed by this old, frail woman. He denied any relation to her, even declaring that he’d never seen her before.

Heartbroken and humiliated, his mother was consumed by grief and anger. In her despair, she cursed Malin, wishing that he would turn into stone.

The Mother’s Curse

As Malin set sail, a violent storm emerged. Massive waves and fierce winds battered his ship. Amidst the chaos, Malin Kundang was transformed into stone, a manifestation of his mother’s curse.

The Legacy

Today, on the coast of West Sumatra, stands a stone resembling a man, a testament to the tale of Malin Kundang. It serves as a poignant reminder of the importance of respecting and honoring one’s parents, no matter the circumstances.

This tale, like many Indonesian folktales, imparts valuable life lessons. The story of Malin Kundang emphasizes the values of humility, gratitude, and the profound bond between a mother and her child.

 

Arti Cerita Malin Kundang dalam Bahasa Indonesia

Permulaan yang Sederhana

Di sebuah desa pesisir di Sumatera Barat, hiduplah Malin Kundang, seorang anak muda dengan impian besar. Dia dibesarkan oleh ibunya yang seorang janda, seorang wanita sederhana yang bekerja keras untuk menyediakan kehidupan mereka. Meskipun dalam kemiskinan, ikatan antara Malin dan ibunya sangat kuat, penuh dengan cinta dan pengertian.

Pelayaran yang Ambisius

Seiring bertambahnya usia Malin, ambisinya pun tumbuh. Ingin lepas dari kemiskinan, dia memutuskan untuk berlayar, mencari kekayaan di negeri yang jauh. Ibunya, meskipun dengan hati hancur, memberikan berkahnya, dengan harapan suatu hari nanti anaknya akan kembali dengan sukses dan mereka akan bersatu kembali.

Bertahun-tahun berlalu, dan Malin Kundang menjadi pedagang kaya. Pelayarannya berhasil, dan dia mengumpulkan kekayaan yang besar. Dengan status barunya, dia menikahi seorang wanita cantik dari keluarga terkemuka.

Kepulangan yang Menentukan

Kabar tentang kedatangan seorang pedagang kaya menyebar di seluruh desa. Kemegahan kapal dan pakaian mewah awak kapal adalah indikator jelas dari kesuksesan mereka. Ibunya Malin, mendengar desas-desus, bergegas ke pantai, dengan harapan pedagang itu adalah anaknya yang telah lama hilang.

Ketika dia mendekati Malin, matanya penuh dengan air mata kebahagiaan. Namun, Malin, di depan awak dan istrinya yang anggun, merasa malu dengan wanita tua dan lemah ini. Dia menyangkal hubungan dengannya, bahkan menyatakan bahwa dia tidak pernah melihatnya sebelumnya.

Hancur dan terhina, ibunya dikuasai oleh kesedihan dan kemarahan. Dalam kesedihannya, dia mengutuk Malin, berharap dia berubah menjadi batu.

Kutukan Sang Ibu

Ketika Malin berlayar, badai hebat muncul. Gelombang besar dan angin kencang menghantam kapalnya. Di tengah kekacauan, Malin Kundang berubah menjadi batu, manifestasi dari kutukan ibunya.

Warisan

Hari ini, di pantai Sumatera Barat, berdiri batu yang menyerupai manusia, sebagai bukti dari kisah Malin Kundang. Ini berfungsi sebagai pengingat pentingnya menghormati dan menghargai orang tua kita, tidak peduli dalam keadaan apa pun.

 

Kisah Malin Kundang mengajarkan pentingnya menghormati orang tua dalam keadaan apapun dan tidak sombong saat mendapatkan kekayaan atau kesuksesan karena pada akhirnya dapat membawa malapetaka.

Melalui narasi ini juga bisa belajar bahasa Inggris secara lansung seperti mengasah kemampuan reading (membaca).

Dengan kosa kata yang cukup mudah, kamu bisa menjadikannya sebagai salah satu bahan latihan belajar.

Lakukan latihan secara rutin agar terbiasa dengan text berbahasa Inggris.  

 

BACA JUGA:  10 Tips untuk Membaca dan Menghafal Angka dalam Bahasa Inggris, Mudah!

 

Kursus Bahasa Inggris, Cetta Online Class

Kesulitan saat melafalkan text berbahasa Inggris dengan benar?

Jangan khawatir, Cetta bisa membantumu meningkatkan kemampuan speaking.

Sebagai salah satu lembaga bahasa asing di Indonesia, Cetta juga menyediakan kursus bahasa Inggris secara online dengan tutor yang sudah berpengalaman.

Kamu akan selalu dibantu oleh tutor dan didukung oleh teman-teman lainnya dalam belajar bahasa Inggris.

Kelas yang fun dan interaktif akan membuatmu semakin semangat untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris.

Karena kelas berlansung secara online pastinya sangat fleksibel bagi yang memiliki jadwal padat.

Khusus kamu yang sudah baca artikel ini, kamu bisa pakai kode promo BACACETTASUPDATES dan dapatkan diskon 10% untuk pembelian kelas di Cetta Online Class

Tunggu Apalagi? Yuk, langsung daftar sekarang!

Bagikan Artikel ini:

Artikel Lainnya

Isi Data Diri Dulu, Yuk!
Cetta Akan Kirimkan Kode Promonya ke Emailmu